Comscore Tracker

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1

Ada yang hingga empat kali

Aroma Ligue 1 Prancis terasa begitu kental di skuad AC Milan saat ini. Hal ini tidak terlepas dari peran Geoffrey Moncada, chief scout AC Milan yang lama bekerja di salah satu klub Prancis, AS Monaco.

Tercatat ada dua belas pemain AC Milan yang pernah merumput di Ligue 1. Beberapa di antaranya menjadi kampiun kasta tertinggi sepak bola Prancis tersebut.

Berikut nama-nama pemain AC Milan yang pernah menjuarai Ligue 1.

1. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1Zlatan Ibrahimovic (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic berkarier di Ligue 1 sejak 2016 setelah AC Milan menjualnya ke Paris Saint-Germain bersama dengan Thiago Silva. Ia berada di sana selama 4 musim dan selalu memenangi trofi liga domestik Prancis tersebut.

Selain itu, ia juga berhasil meraih gelar top skor pada 2012/2013, 2013/2014, dan 2015/2016. Secara keseluruhan, pemain asal Swedia ini mencatatkan 113 gol dari 122 penampilan.

AC Milan kembali merekrut Ibrahimovic pada Januari 2020 setelah kontraknya bersama LA Galaxy habis. Ia menjadi salah satu kepingan penting bagi tim berseragam merah/hitam ini kembali ke Liga Champions Eropa dan meraih scudetto 2021/2022. Pada awal musim 2022/2023 ini, Ibrahimovic belum bisa merumput karena masih dalam masa pemulihan cedera.

2. Mike Maignan

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1Mike Maignan ketika masih bersama Lille. (twitter.com/losclive)

Mike Maignan menjadi salah satu bagian Lille dalam memutus dominasi Paris Saint-Germain di Ligue 1 pada 2020/2021. Ia juga dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik liga musim itu. Kiper Timnas Prancis tersebut hanya kebobolan 23 gol atau cuma 0,6 per laga.

Catatan tersebutlah yang membuat AC Milan bergerak cepat mengamankan Maignan. Il Rossoneri membutuhkan pengganti sepadan untuk Gianluigi Donnarumma yang memilih tidak memperpanjang kontraknya. Maignan pun dibeli dari Lille seharga 15 juta euro atau sekitar Rp219 miliar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Menjuarai Ligue 1 bersama Dua Klub Berbeda

3. Olivier Giroud

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1Olivier Giroud saat masih berseragam Montpellier. (twitter.com/montpellierhsc)

Olivier Giroud memancing perhatian dunia setelah berhasil mengantarkan Montpellier menjuarai Ligue 1 pada 2011/2012. Ia berhasil mengalahkan PSG yang saat itu dilatih oleh Carlo Ancelotti.

Penyerang Timnas Prancis ini juga berhasil menyabet gelar top skor dengan 21 golnya. Selain itu, ia menciptakan sembilan assist yang merupakan jumlah tertinggi di timnya. Hal tersebut membuat salah satu raksasa Inggris, Arsenal, meminangnya pada musim selanjutnya.

Pada Juli 2021, Giroud resmi menandatangani kontrak dengan AC Milan. Ia juga menjadi bagian penting tim yang berseragam merah/hitam ini meraih scudetto 2021/2022. Pada awal musim 2022/2023 ini, mantan pemain Chelsea ini masih dipercaya sebagai pilihan utama ujung tombak Il Rossoneri.

4. Yacine Adli

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1Yacine Adli setelah menandatangani kontrak profesional bersama PSG. (twitter.com/psg_inside)

Karier Yacine Adli di Ligue 1 lebih banyak dihabiskan di Bordeaux. Namun,  ia sejatinya merupakan alumni akademi Paris Saint-Germain dan pernah melakoni satu laga dengan tim senior pada 19 Mei 2018. Maka dari itu, pemain berdarah Aljazair ini menjadi bagian tim asal Paris tersebut saat memenangi liga pada 2017/2018.

Adli dibeli oleh AC Milan pada bursa transfer musim panas 2021. Namun, ia dipinjamkan terlebih dahulu kepada Bordeaux sebelum akhirnya bergabung dengan raksasa Italia ini pada 2022/2023.

5. Tiemoue Bakayoko

5 Pemain AC Milan yang Pernah Menjuarai Ligue 1Aksi Tiemoue Bakayoko ketika bermain untuk AS Monaco. (twitter.com/as_monaco)

Nama terakhir sebagai pemain AC Milan yang pernah menjuarai Ligue 1 adalah Tiemoue Bakayoko. Ia menjadi bagian penting AS Monaco saat memenangi titel liga pada 2016/2017. Penampilannya musim tersebut membuat Chelsea membelinya pada bursa transfer 2017.

Pada 2021, AC Milan membuat kesepakatan dengan Chelsea untuk meminjam Bakayoko selama 2 musim. Sayangnya, penampilannya masih di bawah ekspektasi dan muncul kabar bahwa masa peminjamannya akan lebih cepat dari yang sudah disepakati.

Kelima pemain di atas memiliki karier yang cemerlang ketika berada di Prancis. Pengalaman mereka memenangi kompetisi Ligue 1 tersebut bisa menjadi tuah bagi AC Milan untuk mendapatkan gelar ke depannya.

Baca Juga: Petualang, 5 Pemain Top Prancis yang Belum Pernah Bermain di Ligue 1

MUHAMMAD LUKMAN FATHONI Photo Verified Writer MUHAMMAD LUKMAN FATHONI

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya