5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023

Ada Son Heung Min dan Tomiyasu

Premier League menjadi liga dengan perebutan juara terketat di dunia. Tak heran jika setiap tahun klub-klub rela menggelontorkan dana besar untuk mencari pemain-pemain terbaik demi menjaga performa tim. 

Ketatnya persaingan di setiap posisi serta aturan yang berlaku membuat kesempatan bermain di liga ini semakin sempit. Dari sederet pemain yang merumput di Premier League musim ini, ada beberapa nama yang berasal dari Asia. Siapa saja pemain itu? Simak ulasan berikut ini.

1. Son Heung Min

5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023Son Heung Min (facebook.com/TottenhamHotspur)

Pertama, ada pemain asal Korea Selatan yakni, Son Heung Min. Pria berusia 30 tahun ini dibeli Tottenham Hotspur pada 2015 silam dari Bayern Leverkusen seharga 22 juta Pounds. Mengawali debutnya ketika bersua Sunderland pada Agustus 2015, kini ia menjadi pemain penting dalam skuad asuhan Conte.

Di bawah asuhan Conte, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri ini memiliki penampilan cukup gemilang musim ini. Dari 13 kali penampilannya bersama Spurs, ia berhasil mencatatkan 3 gol dan 2 assists di liga domestik. Catatannya tersebut menjadikan ia sebagai pemain Asia dengan jumlah gol terbanyak sejauh ini di Premier League musim ini.

2. Hwang Hee Chan

5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023Hwang Hee Chan (instagram.com/hwangheechan)

Masih berasal dari negera Korea Selatan, kini ada penyerang dari klub Wolves yakni, Hwang Hee Chan. Sebelum membela Wolves, ia bermain untuk klub RB Liepzig selama semusim. Hwang Hee Chan sukses mengawali debutnya di RB Liepzig dengan mencetak gol dan assists 1 kali ketika melawan Nurnberg pada laga lanjutan DFB Pokal. 

Bergabung bersama Wolves pada Agustus 2021 dengan status pinjaman, kini ia resmi diikat kontrak 4 tahun hingga 2026 dengan harga 16 juta Pounds. Bersama Wolves musim ini, Hwang Hee Chan mencatatkan 12 kali penampilan dengan mengemas gol dan assists masing-masing sebanyak 2 kali di semua ajang.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top Eropa

3. Takehiro Tomiyasu

5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023Takehiro Tomiyasu (instagram.com/tomiyasu.t)

Di urutan ketiga ada defender dari Arsenal yakni, Takehiro Tomiyasu. Pemain asal Jepang ini direkrut Arsenal pada Juli 2019 lalu dari Bologna dengan nilai transfer 18 juta Pounds. Tomiyasu menjadi opsi pengganti Cedric di skuad Arsenal musim ini.

Meski demikian, Tomiyasu menjadi pemain penting membantu Arsenal menang 3-2 ketika melawan Liverpool pada 9 Oktober lalu pada lanjutan pekan 10 Premier League. Ia mempu membuat Mohamed Salah hanya memiliki 1 shot off target pada laga tersebut. Sejauh ini, Tomiyasu berhasil membukukan clearences dan interceptions masing-masing sebanyak 11 kali.

4. Kauro Mitoma

5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023Kauro Mitoma (twitter.com/OfficialBHAFC)

Masih dari negara Jepang, kini ada gelandang dari Brighton & Hove Albion, Kauro Mitoma. Ia baru saja mencetak gol pertamanya di Premier League musim ini pada pekan 15 ketika berhadapan dengan Wolves sekaligus membawa timnya meraih kemenangan. Umpan crossing Lallana berhasil ia tanduk ke gawang Wolves dan menjadikan gol kedua untuk Brighton. 

Bersama Brighton, ia membukukan 10 kali penampilan di semua ajang musim ini. Sebelum bergabung dengan Brighton, Mitoma merupakan pemain Union SG yang dipinjamkan ke Brighton selama satu tahun. Hingga akhirnya ia mendapatkan kontrak hingga 30 Juni 2025.

5. Saman Ghoddos

5 Pemain Sepak Bola Asia yang Merumput di Premier League 2022/2023Saman Ghoddos (instagram.com/saman.ghoddos)

Terakhir, ada pemain Timnas Iran yakni, Saman Ghoddos. Ia bergabung dengan Brentford pada Januari 2021 lalu dari klub Amiens SC asal Prancis. Pemain berusia 29 tahun itu memiliki kontrak hingga 30 Juni 2023 bersama Brentford. 

Persaingan ketat di lini serang Brentford musim ini, membuat ia memiliki catatan statistik yang rendah. Saman baru mencatatkan 32 menit bermain di Premier League dari 6 penampilan. Sedangkan di EFL Cup, ia mencatatkan total 124 menit bermain setelah timnya tersingkir dari Gilingham FC 6-7 melalui adu penalti pada Rabu (9/11/2022) dinihari.

Persaingan ketat para pemain untuk diburu klub-klub Premier League membuat kompetisi ini semakin kompetitif. Para pemain Asia harus menunjukan performa yang luar biasa agar mereka dapat tampil di liga terbaik nomor satu di dunia ini. Menurut kalian, Siapa lagi talenta Asia yang akan bermain di Premier League musim depan?

Baca Juga: 5 Bintang Premier League yang Absen di Piala Dunia 2022 akibat Cedera

Muhammad Rizki Rohmadhon Photo Writer Muhammad Rizki Rohmadhon

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya