5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top Eropa

Ryan Giggs paling juara

Menjuarai liga sepak bola di Eropa adalah pencapaian yang membanggakan bagi pemain mana pun. Terutama menjadi juara di liga top Eropa. Saat ini, lima liga yang dikenal sebagai liga top Eropa adalah English Premier League (EPL), LaLiga Spanyol, Serie A Italia, Bundesliga Jerman, dan Ligue 1 Prancis.

Dalam setiap liga tersebut, ada satu pemain yang punya koleksi gelar terbanyak sepanjang sejarah. Siapa saja mereka dan berapa kali mereka meraih trofi? Berikut ini ulasannya.

1. Ryan Giggs (13 gelar EPL)

5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top EropaRyan Giggs (manutd.com)

Pertama, ada Ryan Giggs, pemain tersukses dalam sejarah divisi utama Liga Inggris. Eks winger legendaris Wales ini menjuarai EPL sebanyak tiga belas kali selama 24 tahun membela Manchester United. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak, baik sebelum maupun setelah era Premier League yang dimulai pada 1992/1993.

Bahkan, jika dibandingkan dengan seluruh pemenang liga top Eropa, koleksi gelar Giggs adalah yang paling juara. Giggs memang sudah lama pensiun sehingga jumlah tersebut tak mungkin bertambah lagi. Namun, rekor Giggs sepertinya tetap akan bertahan lama hingga puluhan tahun ke depan.

2. Paco Gento (12 gelar LaLiga)

5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top EropaPaco Gento (marca.com)

Pemain tersukses dalam sejarah LaLiga Spanyol adalah Paco Gento. Pemain legendaris Spanyol bernama asli Francisco Gento ini mengangkat trofi LaLiga sebanyak dua belas kali. Semuanya ia raih selama bermain untuk Real Madrid pada 1953–1971.

Bahkan, Gento juga merupakan pemain tersukses dalam sejarah Liga Champions Eropa dengan koleksi enam trofi. Sementara itu, pemain aktif dengan gelar LaLiga terbanyak saat ini adalah Lionel Messi. Jika suatu saat Messi kembali ke LaLiga, bukan mustahil ia bakal menyamai atau menyalip rekor Gento.

Baca Juga: Pecahkan Rekor Anyar, Statistik Lengkap Thomas Muller di Bundesliga

3. Thomas Muller (11 gelar Bundesliga)

5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top EropaThomas Muller memegang trofi Bundesliga Jerman. (instagram.com/esmuellert)

Beralih ke Jerman, Thomas Muller adalah pemain tersukses dalam sejarah Bundesliga. Sejak awal berkarier pada 2008, Muller memang hanya pernah bermain di Bundesliga bersama Bayern Munich. Sejauh ini, penyerang berusia 33 tahun tersebut sudah membawa Bayern memenangi sebelas gelar Bundesliga.

Karena masih aktif, Muller masih berpeluang menambah terus koleksi gelar Bundesliga yang ia miliki. Terlebih, ia masih memiliki kontrak bersama Bayern hingga 2024. Selain Muller, Bayern Munich juga masih dibela Manuel Neuer yang sudah mengangkat sepuluh trofi Bundesliga sejauh ini.

4. Gianluigi Buffon (10 gelar Serie A)

5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top EropaGianluigi Buffon mencium trofi Serie A Italia. (juventus.com)

Berikutnya, ada Gianluigi Buffon, pemain tersukses dalam sejarah Serie A Italia. Buffon pernah merengkuh sepuluh gelar Scudetto dalam kariernya, semuanya bersama Juventus. Selain itu, eks kiper utama Timnas Italia ini juga meraih sebelas trofi lain selama 19 tahun membela Juventus.

Beberapa rekor Serie A juga masih dipegang oleh Buffon, misalnya penampilan terbanyak serta pemain tertua yang pernah meraih Scudetto. Saat ini, Buffon masih aktif bermain meski sudah berusia 44 tahun. Ia tengah membela Parma yang sedang berkompetisi di Serie B Italia 2022/2023.

5. Marco Verratti (8 gelar Ligue 1)

5 Pemain dengan Gelar Liga Domestik Terbanyak di Liga Top EropaMarco Verratti (instagram.com/marco_verratti92)

Pemain asal Italia ternyata tak hanya jadi yang tersukses di Serie A, tetapi juga Ligue 1 Prancis. Marco Verratti adalah pemain dengan trofi Ligue 1 terbanyak saat ini, yaitu delapan trofi. Semuanya ia raih bersama Paris Saint-Germain yang telah ia bela sejak 2012 hingga sekarang.

Bahkan, koleksi Verratti masih bisa bertambah. Gelandang berusia 29 tahun itu masih memiliki kontrak hingga 2024. Selain itu, PSG juga sedang sangat dominan di Ligue 1. Bukan mustahil suatu saat nanti Verratti bakal meninggalkan PSG dengan raihan trofi Ligue 1 berjumlah dua digit.

 

Lima pemain di atas memegang rekor sebagai para pemain tersukses di lima liga top Eropa. Capaian mereka yang luar biasa pasti bakal sulit disaingi pemain mana pun dan kemungkinan besar bakal bertahan sangat lama.

Baca Juga: Resmi, Marco Verratti Perpanjang Kontrak Bersama PSG

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya