Masa Depan Cerah! 12 Pemain Indonesia yang Berkarier di Luar Negeri

Ada juga pemain keturunan!

Salah satu hal yang harus dimiliki oleh pemain Indonesia adalah berani ke luar mencari tantangan di liga-liga orang. Kini, mulai bermunculan pemain Indonesia yang berani unjuk gigi untuk mencicipi atmosfer liga-liga dari berbagai penjuru dunia.

Selain itu, ada juga pemain keturunan yang berkewarganegaraan Indonesia yang kini sedang merintis karier di luar negeri. Tentu ini menjadi angin segar bagi masa depan sepak bola Indonesia. Niat untuk mencari pengalaman di luar negeri ini seakan menjadi awal bagi pemain yang ingin melatih kemampuan dan mental dalam sepak bola.

Siapa saja mereka? Berikut beberapa pemain Indonesia yang kini berkarier di luar negeri. Yuk, simak!

1. Brylian Aldama - NK Rijeka U-23 (Kroasia)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negerihttp://instagram.com/brylianaldamaa

Pemain Timnas Indonesia U-19 ini menjadi salah satu dari beberapa pemain lainnya yang mendapatkan kesempatan untuk bermain di luar negeri. Informasi ini berasal dari jurnalis asal Kroasia, Izac Ante Sucic, yang mendapatkan informasi ini dari sumber dalam HNK Rijeka terkait kepindahan Brylian Aldama ini.

Baca Juga: Brylian dan Bagus berkarier di Eropa, Bepe: Makin Banyak Makin Bagus

2. Witan Sulaiman - FK Radnik Surdulica (Serbia)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/witansulaiman_

Pemain yang pernah membela Timnas Indonesia U-19 ini telah resmi menjadi pemain dari klub FK Radnik Surdulica. Baru-baru ini Witan masuk dalam daftar susunan pemain saat Surdulica bertandang ke markas FK Mlados Lucani.

3. Egy Maulana Vikri - Lechia Gdanks (Polandia)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/egymaulanavikri

Pemain yang kini berganti nomor punggung menjadi 32 di Lechia Gdanks ini kontraknya akan segera berakhir pada 30 juni 2021. Sisa waktu ini harus betul-betul dimanfaatkannya untuk menunjukkan bahwa dia masih layak berada di klub yang menjuarai liga pada tahun kemarin.

4. Kelana Mahessa - Bonner SC U-19 (Jerman)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/kelanamahessa

Pemain yang kini berkarier di Eropa bersama adiknya, Luah Mahessa, sempat dipanggil oleh pelatih Shin Tae Young untuk membela Timnas U-19 TC di Kroasia. Hal ini tentu menjadi keuntungan bagi persepakbolaan Indonesia ke depannya.

5. Luah Mahessa - Bonner SC U-19 (Jerman)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/luahmahessa

Sama seperti sang kakak, Kelana Mahessa sempat dipanggil oleh Shin Tae Young untuk membela Timnas U-19 TC di Kroasia. Ia juga mengikuti jejak sang kakak untuk berkarier di Eropa.

6. Elkan Baggott - Ipswich Town U-18 (Inggris)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/elkanbaggott

Pemain yang kini berusia 18 tahun ini memiliki batas kontrak hingga 30 juni 2021 mendatang bersama Ipswich Town. Baru-baru ini dia diisukan akan bergabung dengan Manchester United dan West Ham United.

7. Khairul Imam Zakiri - Gimnastica Ceuta (Spanyol)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/zakiri8

Pemain kelahiran Jakarta ini juga mengikuti jejak pemain lainnya untuk berkarier di luar negeri. Klub yang ia bela adalah Gimnastica Ceuta asal Spanyol.

8. Yanto Basna - PT Prachuap FC (Thailand)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/yanto_basna

Mungkin ia dapat dijadikan sebagai salah satu panutan bagi pemain lainnya yang ingin berkarier di luar negeri. Sebelumnya, Yanto Basna berhasil mengantarkan mantan klubnya, Sukhothai FC ke Liga Utama Thailand.

9. Ryuji Utomo - Penang FC (Malaysia)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/ryujiutomo

Meskipun hanya pemain pinjaman, tentu kesempatan ini patut dimanfaatkan dan diambil oleh Ryuji untuk menambah jam terbangnya. Klub yang ia bela ini berasal dari negara tetangga, Malaysia.

10. Asnawi Mangkualam - Ansan Greeners FC (Korea Selatan)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/asnawi_bhr

Mantan bek sayap dari PSM Makassar ini adalah contoh pemain muda yang patut diapresiasi. Bagaimana tidak, ia rela meninggalkan PSM Makassar yang tentunya bergaji tinggi hanya untuk bermain di klub divisi 3 Korea. “Yang saya cari adalah kesempatannya, bukan uangnya,” pungkasnya.

11. Syahrian Abimanyu - Newcastle Jets FC (Australia)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/syahrian.abimanyu

Pemain yang telah dibeli oleh klub kaya asal Malaysia, Johor Darul Ta'zim, kini dipinjamkan ke klub asal Australia, Newcastle Jets FC. Tentu ini merupakan kesempatan bagus untuknya.

12. Bagus Kahfi - Jong FC Utrecht (Belanda)

Masa Depan Cerah! 12 Pemain  Indonesia yang Berkarier di Luar Negeriinstagram.com/baguskahfiii

Setelah dilepas Barito Putra secara gratis pada Desember tahun lalu, impian anak 18 tahun ini untuk bergabung dengan FC Utrecht akhirnya menemui titik terang. Diketahui Bagus tidak bergabung dengan FC Utrecht, tetapi dia dikontrak oleh tim muda dari FC Utrecth yang berlaga di kasta ke 2 Liga Belanda. Bagus dikontrak selama 18 bulan dengan gaji 25 ribu euro atau sekitar Rp 429,5 juta.

Baca Juga: Diperkenalkan FC Utrecht, Jersey Bagus Kahfi Resmi Dijual

Muhammad Sayidi Akbar Photo Writer Muhammad Sayidi Akbar

Semoga terhibur dengan karya saya!!! Semoga harimu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya