Diragukan, Indonesia Tatap Piala Dunia U-17 2023 Penuh Optimistis

Timnas U-17 memaksimalkan waktu TC di Jerman

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia U-17 akan segera berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023. Timnas Indonesia U-17 tergabung dalam Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. 

Melihat peta kekuatan lawan, Timnas U-17 bisa dinilai mendapat grup yang mujur. Hal itu bertolak belakang dengan Jepang karena lawan-lawan mereka lebih tangguh di Grup D, seperti Polandia, Argentina dan Senegal.

Namun demikian, Timnas U-17 juga bukan berarti tak akan mendapat kendala walau mendapat lawan yang relatif lebih ringan. Terlebih, kesiapan mereka menuju ajang ini masih diragukan.

Bukan tanpa sebab, banyak pihak menilai tim yang dibesut Bima Sakti ini tampil kurang meyakinkan dalam beberapa aksinya. Hal itu dilihat dari beberapa laga uji coba yang sudah dijalani.

1. Prestasi yang masih diragukan

Diragukan, Indonesia Tatap Piala Dunia U-17 2023 Penuh OptimistisTimnas U-17 Indonesia melawan Korea Selatan (pssi.org)

Penilaian publik soal performa Timnas U-17 tergambar dari hasil laga uji coba yang kurang bagus. Terbukti, skuad Garuda bertekuk lutut dari Barcelona Juvenil A, Kashima Antlers, dan teranyar tak berdaya di depan Korea Selatan U-17.

Masalahnya bukan hanya soal kalah, tetapi juga penampilan Timnas U-17 yang dinilai biasa-biasa saja. Bima Sakti bahkan tak puas dengan skuadnya saat ini. Teranyar, dia mendatangkan pemain baru untu ikut seleksi sebelum berangkat ke Jerman. 

Anggota Exco PSSI, Endri Irawan, menyebut jika Bima terus coba mendapatkan skuad yang ideal. Alhasil, ada enam pemain yang dibawanya menjalani seleksi. Total, ada 35 pemain yang menjalani latihan. 

"Ada pemain Persikota, Borneo FC, dan ada dari Persita. Kita lihat apakah mereka bisa masuk tim untuk berangkat ke Jerman atau tidak," beberapa waktu lalu.

Bima Sakti pun mungkin baru bisa memilih skuad terbaiknya usai menimba ilmu di Jerman dengan tambahan beberapa pemain diaspora.

Baca Juga: Frank Wormuth Bakal Bawa Metode Jerman ke Timnas U-17

2. Bima Sakti diragukan, tapi sudah menunjukkan prestasi

Diragukan, Indonesia Tatap Piala Dunia U-17 2023 Penuh OptimistisPelatih TImnas U-17, Bima Sakti (Dok. PSSI)

Selain itu, publik juga mempertanyakan kapasitas tim pelatih Timnas U-17. Diisi Bima Sakti bersama Indriyanto Nugroho, Firmansyah, Ilham Romadhona, dan Kurnia Sandy, mereka diragukan bisa membawa tim bicara banyak di Piala Dunia U-17 2023.

Nama-nama tersebut merupakan pelatih muda yang dulu sempat membela Timnas Indonesia. Meski sudah bermain sepak bola sejak usia muda, pencapaian mereka sebagai pelatih masih masih terus dipertanyakan.

"Dikiritik soal dibilang tak bagus, tampil monoton, hingga latihan tidak bagus itu tak masalah," kata Bima yang merasa dirinya tak sempurna. 

Dia pun merasa butuh belajar dari pelatih yang lebih senior, termasuk Shin Tae Yong, Indra Sjafri, dan Direktur Teknik PSSI yang baru asal Jerman Frank Wormuth.

Namun, jika bicara prestasi, Bima Sakti sebetulnya sudah membuktikan diri ketika menangani tim muda. Dia bisa membawa Timnas U-16 berhasil menjadi kampiun Piala AFF U-16 2023. 

3. Akan jalani training center di Jerman

Diragukan, Indonesia Tatap Piala Dunia U-17 2023 Penuh OptimistisTimnas U-17 jalani latihan persiapan melawan Korea Selatan (pssi.org)

Menilik performa Timnas U-17 yang dinilai masih meragukan, sebetulnya masih ada sedikit waktu untuk melakukan beberapa perubahan. Terlebih, para pemain bakal dibawa ke Jerman untuk menjalani pemusatan latihan (TC) di Jerman.

Ditangani langsung Wormuth, anak asuhnya bakal digembleng dalam latihan dan menjalani beberapa uji coba melawan tim-tim besar. Sehingga, mereka diharapkan mencapai peak performance saat mentas di Piala Dunia U-17.

Tentu para pemain juga bakal mempersiapkan diri dengan baik, terlebih ajang ini merupakan kesempatan yang langka dirasakannya. Motivasi dan keinginan kuat di sisa waktu menuju sepak mula turnamen, bakal dipersiapkan dengan maksimal.

Tanpa menilik kekuatan Ekuador, Panama, hingga Maroko, para pemain sudah siap menunjukkan yang terbaik. Mereka bahkan ingin membawa Timnas U-17 melangkah jauh saat tampil sebagai tuan rumah.

"Yang terpenting adalah memberikan 100 persen dalam pertandingan. Soal hasil, InsyaAllah akan mengikuti," kata Muhammad Iqbal Gwijangge dalam petikan wawancara di televisi nasional pemegang hak siar Piala Dunia U17 2023.

Meski sebetulnya prestasi di ajang kelompok umur bukan yang paling penting, Piala Dunia U-17 2023 tentu bakal dijalani mereka dengan maksimal. Selain ingin membawa harum nama negara, ajang ini bisa jadi jalan untuk menapaki karier ke level dunia. 

Baca Juga: Timnas U-17 Sambut Welber Jardim, Sudah Berpaspor Indonesia

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya