Lee Kang In Cedera, Terancam Absen di Asian Games 2023

Bisa gagal pembebasan wajib militer

Jakarta, IDN Times - Pemain anyar Paris Saint-Germain (PSG), Lee Kang In, mengalami cedera paha depan saat bermain di laga persahabatan melawan Le Havre, akhir Juli lalu. Alhasil, dia dipastikan tak bisa bermain selama jeda internasional.

Kabar ini ditulis dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan klub berjuluk Les Parisiens, Selasa (22/08/2023).

"Dengan cedera paha depan kiri, Lee Kang In akan tetap menjalani perawatan setidaknya hingga jeda internasional berakhir," tulis rilis tersebut.

1. Berdampak ke Timnas Korea Selatan

Lee Kang In Cedera, Terancam Absen di Asian Games 2023Lee Kang-In (en.psg.fr)

Cedera Lee berdampak buruk tidak hanya bagi PSG, tetapi juga Timnas Korea Selatan.  Lee terancam absen di Asian Games 2022. Terlebih, ajang multievent tersebut dilaksanakan setelah jeda internasional, tepatnya pada 23 September-8 Oktober 2023.

Selain itu, Lee telah dikeluarkan dari daftar skuad dua pertandingan persahabatan Korea Selatan. Pertama pada 7 September melawan Wales, lalu 12 September saat skuad Taeguk Warriors bentrok dengan Arab Saudi.

Baca Juga: Bintang PSG Bisa Bela Korea Selatan di Asian Games 2022

2. Mempertaruhkan pembebasan wajib militer

Lee Kang In Cedera, Terancam Absen di Asian Games 2023Lee Kang-in (instagram.com/kanginleeoficial)

Asian Games merupakan turnamen penting bagi Lee. Sebab, dia bisa dapat pembebasan wajib militer bila merengkuh medai emas di turnamen tersebut.

Son Heung Min dari Tottenham Hotspur dan Kim Min Jae dari Bayern Munich dapat keistimewaan itu karena juara di Asian Games 2018.

Dalam kontraknya bersama PSG, Lee memasukkan klausul diizinkan bermain di Asian Games. Terlebih, tenaga pemain berusia 22 tahun itu memang dibutuhkan Timnas U-24 Korea Selatan.

3. Dampak hilangnya Lee Kang In bagi PSG

Lee Kang In Cedera, Terancam Absen di Asian Games 2023Lee Kang In (instagram.com/psg)

Lee telah menjadi pemain kunci dalam skuad asuhan Luis Enrique. Ia berperan sebagai playmaker sekaligus memperkuat lini tengah PSG.

Cedera Lee terjadi kala Enrique sedang menyusun ulang timnya musim baru. Kembalinya Lee Kang In di bulan Oktober akan jadi tantangan tersendiri karena harus kembali beradaptasi.

Baca Juga: 11 Fakta Lee Kang In, Gelandang Anyar Milik PSG

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya