Sheikh Jassim Terganjal Isu HAM saat Beli Manchester United

Semua terkorelasi dengan penyelenggaraan Piala Dunia 2022

Jakarta, IDN Times - Wali Kota Manchester, Andy Burnham, buka suara soal rencana taipan Qatar, Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani dalam mengakuisisi Manchester United. Burnham mengaku, perasaannya cukup campur aduk ketika mendengar Sheikh Jassim mau membeli MU.

Dengan jujur, Burnham merasa ragu masa depan MU di bawah kepemilikan Sheikh Jassim. Tapi, berkaca dari Manchester City, Burnham malah senang. Ada perasaan pula dari Burnham, kalau Sheikh Jassim bisa mengembalikan gengsi MU sebagai klub besar dan membangun Manchester sebagai magnet sepak bola dunia. Kok bisa gitu sih?

1. Isu HAM yang menyelimuti Qatar bikin Burnham ragu

Sheikh Jassim Terganjal Isu HAM saat Beli Manchester UnitedPemain Manchester United saat melakukan selebrasi usai meraih trofi di Carabao Cup 2022/23. (Twitter/@ManUtd)

Isu hak asasi manusia (HAM) yang menyelimuti Qatar sepanjang penyelenggaraan Piala Dunia 2022 lalu, menjadi alasan mengapa Burnham merasa sedikit pesimis dengan kehadiran Sheikh Jassim. Dia menyatakan, sebagian orang pasti meragukan asal uang Sheikh Jassim.

"Banyak pertanyaan di benak orang-orang selama era Premier League. Saya rasa, orang-orang belum tentun nyaman tentang hal itu. Pastinya, mereka akan berpikir, apakah semua uang di Premier League itu bersih? Apalagi, terkoneksi dengan rezim di dunia. Itu yang terjadi, bukan?" kata Burnham dikutip The News Agent.

Baca Juga: Beckham Tertarik Beli Manchester United 

2. Justru, sebenarnya bisa jadi momen

Sheikh Jassim Terganjal Isu HAM saat Beli Manchester Unitedpotret Stadion Old Trafford (bleacherreport.com)

Hanya saja, Burnham tak menolak 100 persen wacana Sheikh Jassim mengakuisisi MU. Sebab, dari sini, hubungan bilateral antara Inggris dengan Qatar bisa saja semakin baik.

Isu terkait HAM, menurut Burnham, memang tak bisa dilepaskan. Hanya saja, dengan gabungnya Sheikh Jassim ke MU, bukan tak mungkin terjadi dialog yang lebih cair terkait pemecahan isu tersebut.

"Sepak bola selalu mampu membuka sebuah dialog dari sudut pandang berbeda antara orang-orang dan masalah di sebuah kota," ujar Burnham.

Baca Juga: Manchester United Temui Jalan Terjal Datangkan Rasmus Hojlund 

3. Sepakat Keluarga Glazer harus cabut

Sheikh Jassim Terganjal Isu HAM saat Beli Manchester UnitedPara pendukung Manchester United yang melakukan demonstrasi Anti-Glazer, Minggu (2/5/2021). (skysport.com).

Burnham sebenarnya berpihak pada fans MU. Dia maklum fans MU begitu keras sikapnya terhadap manajemen sekarang. Fans MU, dirasa Burnham, sudah mencapai titik terjenuhnya dengan rezim yang dibangun oleh Keluarga Glazer.

"Rezim yang ada sekarang, memang tak bisa dihindari telah memunculkan keresahan di benak publik. Mereka bertanya, apa prestasi yang diraih dari rezim sekarang. Sementara, keuntungan yang mereka keruk begitu besar," ujar Burnham.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya