Alasan Chelsea Terpuruk ke Peringkat 10 Klasemen, Pochettino Tersudut

Lini depan tumpul, lini belakang rapuh

Pelatih Chelsea Mauricio Pochettino akhirnya bisa sedikit bernapas lega setelah timnya sukses menekuk Crystal Palace dengan skor 3-1 pada matchday 24 English Premier League yang digelar di Selhurst Park, Selasa (13/2/2024). 

Ketiga gol Chelsea dicetak Conor Gallagher pada menit 47 dan 90+1, serta Enzo Fernandez pada menit 90+4. Sementara gol tunggal Crystal Palace dicetak oleh  J. Lerma pada menit ke-30.

“Kami sudah berbicara di babak pertama bahwa kami harus menghindari pertandingan dengan cara seperti ini atau bermain dengan cara seperti ini," kata Pochettino seperti dikutip dari laman resmi klub.

1. Pochettino masih dalam tekanan

Alasan Chelsea Terpuruk ke Peringkat 10 Klasemen, Pochettino Tersudutchelsea.com

Meski menang atas Crystal Palace namun Pochettino masih belum sepenuhnya lepas dari tekanan. Sebab, sampai pekan ke-24, Chelsea masih terpuruk ke peringkat 10 klasemen Liga Premier Inggris.

Dari 24 pertandingan sepanjang musim ini, Chelsea hanya mengoleksi 34 poin, hasil dari 10 kali menang, 4 kali seri, dan 10 kali kalah. Bukan catatan yang impresif untuk klub sebesar Chelsea.

Karena itu Pochettino masih harus berjuang ekstra keras untuk bisa membawa timnya setidaknya masuk 4 besar klasemen pada akhir musim nanti. Situasi sulit ini, tentu saja, menjadi tekanan bagi Pochettino yang baru melatih Chelsea pada Juli 2023 lalu.

Baca Juga: Bintang Argentina Menyesal Gabung Chelsea?

2. Chelsea tumpul di depan, rapuh di belakang

Alasan Chelsea Terpuruk ke Peringkat 10 Klasemen, Pochettino Tersudutchelsea.com

Melorotnya performa Chelsea ini antara lain karena lini depan yang kurang tajam dan lini belakang yang tidak cukup tangguh menjaga garis pertahanan mereka.

Ini bisa dilihat dari jumlah gol yang mereka cetak sepanjang musim ini. Dari 24 pertandingan, mereka hanya 41 kali mencetak gol. Bandingkan dengan Liverpool yang telah mencetak 55 gol.

Pada saat yang sama, kinerja lini belakang Chelsea juga payah. Mereka sudah kebobolan hingga 40 gol dalam 24 pertandingan.

Selain itu mereka juga tidak bisa memanfaatkan keuntungan saat bertanding di laga kandang. Dari 10 kali menjamu lawan di Stamford Bridge, markas mereka, Chelsea hanya lima kali memetik kemenangan, selebihnya kalah.

3. Chelsea sudah jor-joran mengeluarkan uang

Alasan Chelsea Terpuruk ke Peringkat 10 Klasemen, Pochettino Tersudutchelsea.com

Buruknya performa Chelsea ini mendapat sorotan banyak pihak karena mereka telah menggelontorkan cukup banyak uang pada bursa transfer musim panas 2023/2024.

Situs transfermarkt mencatat The Blues, julukan Chelsea, telah mengucurkan tak kurang dari 467 juta euro atau setara dengan Rp7,7 triliun. Angka ini menjadikan mereka sebagai klub terboros di Eropa pada musim transfer 2023/2024.

Dana jumbo tersebut tentu saja membuat Pochettino semakin tertekan. Mampukah Pochettino membuat Chelsea bangkit di sisa musim ini? 

Baca Juga: Perbedaan Suzuki Jimny dan Suzuki Katana, Jangan Terkecoh! 

Ndoro Anom Photo Verified Writer Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya