Statistik Membuktikan Mohamed Salah Masih Jadi Ujung Tombak Liverpool

Salah mencetak satu gol ke gawang Brentford

Mohamed Salah tampil gemilang saat Liverpool menekuk Brentford dengan skor 4-1 dalam laga lanjutan Liga Premier Inggris yang berlangsung di Gtech Community Stadium, Minggu (18/2/2024) dini hari.

Satu dari empat gol Liverpool tersebut dicetak oleh Mohamed salah, persisnya pada menit ke-68. Ketiga gol lainnya dicetak Darwin Nunez (’35), Alexis Mac Allister (55’), dan Cody Gakpo (’86). Sementara gol tunggal Brentford dicetak Ivan Toney (’75).

“Mo (Salah) bermain lagi setelah sepekan, sebulan absen, saya tidak begitu yakin. Saya pikir dia bisa mencetak hat-trick,” kata pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, seperti dikutip dari laman resmi Liverpool.

1. Salah absen sejak Januari

Statistik Membuktikan Mohamed Salah Masih Jadi Ujung Tombak LiverpoolMohamed Salah (twitter.com/EFA)

Mohamed Salah memang absen sejak Januari karena cedera yang dideritanya saat membela Mesir melawan Ghana di Piala Afrika 2023. Saat itu pemain berusia 31 tahun ini mengalami cedera hamstring dan karenanya harus ditarik ke luar dari lapangan.

Sejak itu ia praktis harus beristirahat memulihkan diri. Salah pun absen dalam empat pertandingan beruntun Liverpool di ajang Liga Premier Inggris, yakni saat melawan Bournemouth, Chelsea, Arsenal, dan Burnley.

Ia baru kembali malam ini, ketika Liverpool bertandang ke markas Brentford. Salah sempat duduk di bangku cadangan sebelum Jurgen Klopp memintanya masuk ke lapangan menggantikan Diogo Jota yang cedera pada menit ke-44.

Baca Juga: Terboros di Eropa, Chelsea Terancam Jadi Klub Medioker?

2. Salah membuktikan dirinya belum kelar

Statistik Membuktikan Mohamed Salah Masih Jadi Ujung Tombak Liverpoolliverpoolfc.com

Performa ciamik Salah melawan Brentford seolah membungkam mereka yang mulai meragukan apalagi mengkritisinya. Sebab, selain mencetak satu gol di laga ini, Salah juga menciptakan satu kali assist.

Penampilan gemilangnya saat melawan Brentford sekaligus membuktikan jika dirinya belum habis dan masih menjadi tulang punggung serangan sekaligus permainan The Reds —julukan Liverpool.

Sebab selain naluri mencetak golnya yang sangat tinggi, Salah juga lihai mengobrak abrik barisan belakang lawan, memecah konsentrasi mereka lewat pergerakannya yang lincah, dan pada akhirnya membuka celah pertahanan lawan.

3. Statistik membuktikan Salah masih jadi ujung tombak Liverpool

Statistik Membuktikan Mohamed Salah Masih Jadi Ujung Tombak Liverpoolliverpoolfc.com

Satu golnya ke gawang Brentford membuat Salah kini mengoleksi 19 gol untuk Liverpool di semua ajang kompetisi musim ini. Catatan impresif ini menjadikan salah sebagai top scorer di Liverpool.

Bandingkan dengan Diogo Jota dan Darwin Nunes, masing-masing berperan sebagai pemain sayap kiri dan pemain depan. Diogo baru mengoleksi 14 gol sementara Darwin Nunez 13 gol.

Tak hanya itu, Salah juga menjadi pemberi assist kedua terbanyak di timnya musim ini dengan torehan 10 kali assist. Ia hanya kalah dari Darwin Nunez yang telah mengoleksi 11 kali assist.    

Sehingga tak berlebihan kan jika Mohamed Salah kemudian didaulat sebagai man of the match dalam pertandingan kontra Bentford. Tak salah pula jika Salah disebut sebagai ujung tombak Liverpool yang paling tajam, kan?

Baca Juga: Perbedaan Motor Listrik ALVA Cervo dan ALVA One XP, Siapa Lebih Gesit?

Ndoro Anom Photo Verified Writer Ndoro Anom

Pecinta otomotif, motor dan mobil

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya