8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!

Sergio Ramos rajanya!

Pemain berposisi bek memiliki peran sebagai penjaga pertahanan tim agar tak mudah ditembus lawan. Meski demikian, keadaan di lapangan bisa berbeda dimana seorang bek dapat menjadi penentu dalam sebuah pertandingan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat seorang bek juga terkadang membantu serangan saat skema bola mati atau menjadi penendang penalti. 

Bahkan, ada jajaran bek yang memiliki catatan gol banyak. Mereka menjelma bak seorang striker tajam. Saat ini, tentunya semua pencinta sepak bola tahu betapa hebatnya Sergio Ramos. Bek andalan Real Madrid tersebut menjadi bek tertajam dalam dua dekade terakhir. Termasuk Ramos, siapa sajakah bek tersubur di liga top Eropa sejak pergantian abad?

1. Sergio Ramos - 103 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!goal.com

Sergio Ramos menjadi bek dengan torehan gol terbanyak di lima liga top Eropa sejak pergantian abad. Ia berhasil mencetak 103 gol dari 704 laga bersama Sevilla dan Real Madrid. Bek berdarah Spanyol tersebut memang dikenal sebagai bek berjiwa striker. Pundi-pundi golnya masih berpeluang bertambah mengingat ia masih aktif berkarier. Kontraknya bersama El Real tersisa hingga Juni 2021.

2. John Terry - 66 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!90min.com

Sosok John Terry juga tak kalah tajam dari Ramos. Ia mampu mencetak 66 gol dari 712 laga bersama Chelsea. Sepanjang kariernya, bek keturunan Inggris tersebut menjadi pemain vital di skuad Chelsea. Terry memutuskan pensiun pada Oktober 2018. Saat ini, pria berusia 39 tahun tersebut menjadi asisten pelatih di Aston Villa. 

3. Naldo - 65 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!goal.com

Naldo mungkin tak setenar dua bek sebelumnya. Pasalnya dalam kariernya hanya membela klub yang tak terlalu besar. Namun, catatan golnya begitu mengejutkan. Bek berdarah Brasil tersebut mampu melesatkan 65 gol dari 506 laga. Ia pernah memperkuat Werder Bremen, Wolfburg, Schalke, dan AS Monaco. Naldo kemudian pensiun pada September 2020. 

4. Daniel van Buyten - 53 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!skysports.com

Selanjutnya terdapat sosok bek legendaris asal Belgia, Daniel van Buyten. Bek yang begitu melekat dengan Bayern Munchen tersebut mampu menyarangkan 53 gol dari 429 laga. Selain Munchen, ia juga pernah membela Manchester City, Hamburg SV, dan Olympique Marseille. Buyten menepi dari lapangan hijau pada Agustus 2014. 

Baca Juga: Tak Ada Van Dijk, Inilah 5 Bek Tercepat di Liga Inggris 

5. Roberto Carlos - 53 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!football365.com

Sebelum Ramos, Real Madrid juga telah memiliki bek berjiwa striker. Ia adalah Roberto Carlos, bek jempolan asal Brasil. Sejak pergantian abad, ia berhasil mencatatkan 53 gol dari 389 laga bersama El Real. Pemain yang dominan sebagai bek kiri tersebut tak lagi berkarier sejak Januari 2016.

6. Gerard Pique - 53 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!en.as.com

Gerrard Pique juga termasuk dalam jajaran bek tersubur di lima liga top Eropa sejak pergantian abad. Ia mampu menciptakan 53 gol dari 602 laga bersama Manchester United, Real Zaragoza, dan Barcelona. Torehan golnya masih berpeluang bertambah karena ia masih aktif bermain. Bek berusia 33 tahun tersebut dikontrak oleh Barcelona hingga Juni 2024.

7. Aleksander Kolarov - 51 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!goal.com

Aleksander Kolarov juga menjadi bek yang tangguh dalam bertahan dan garang saat menyerang. Bek asal Serbia tersebut berhasil mencetak 51 gol dari 490 laga bersama Lazio, Manchester City, dan AS Roma. Ia juga dikenal memiliki tendangan bebas yang mematikan. Di musim 2020/21, Kolarov bergabung dengan Inter Milan. Bek kiri berusia 34 tahun tersebut dikontrak hingga Juni 2021.

8. Dani Alves - 50 gol

8 Bek Tersubur di Liga Top Eropa Sejak Pergantian Abad, Tajam!barcablaugranes.com

Dani Alves melengkapi delapan besar sebagai bek tersubur di lima liga top Eropa sejak pergantian abad. Ia sukses menorehkan 50 gol dari 729 laga. Catatan tersebut dicapainya bersama Sevilla, Barcelona, Juventus, dan PSG. Bek asal Brasil tersebut juga menjadi pemain dengan trofi terbanyak sepanjang sejarah. Saat ini, ia aktif bermain untuk Sao Paulo dengan durasi kontrak hingga Desember 2012.

Meski bermain sebagai bek, kedelapan pemain di atas seolah lupa dengan jati dirinya. Mereka bisa menjadi pembeda dalam sebuah laga jika suatu saat striker yang ada tengah mandul. Gimana nih, menurutimu siapa bek terbaik di antara delapan bek di atas?

Baca Juga: 6 Bek Tersubur dalam Sejarah Premier League, John Terry Memimpin!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya