5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22

Martin Braithwaite mencetak brace!

Barcelona bertemu Real Sociedad di pekan pertama LaLiga Spanyol musim 2021/2022. Pertandingan tersebut digelar di Camp Nou, Barcelona, Spanyol, pada Senin (16/08/2021) dini hari WIB.

Berstatus tuan rumah, Barcelona sukses membungkam Real Sociedad dengan skor 4-2. Martin Braithwaite, Gerard Pique, dan Sergi Roberto sukses menyumbang gol untuk Blaugrana. Dua gol Sociedad diciptakan oleh Julen Lobete Cienfuegos dan Mikel Oyarzabal.

Kemenangan meyakinkan Barcelona atas Real Sociedad juga menyisakan sejumlah fakta menarik. Berikut 5 fakta menarik yang dimaksud.

1. Gerard Pique makin tua makin menjadi

5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22potret Gerard Pique saat melakukan selebrasi (twitter.com/FCBarcelona)

Di usianya yang kini menginjak 34 tahun, Gerard Pique masih dipercaya sebagai bek utama Barcelona. Bahkan, di laga ini ia sukses mencetak satu gol di menit ke-19 yang mengawali parade gol Blaugrana.

Bagi Pique, gol tersebut merupakan gol ke-51 untuk Barcelona. Dari gol sebanyak itu, 22 di antaranya tercipta melalui sundulan kepala. Pique saat ini juga menjadi bek paling subur kedua dalam sejarah Barcelona di bawah Ronald Koeman yang mengoleksi 86 gol.

2. Martin Braithwaite ukir rekor baru

5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22potret Martin Braithwaite (twitter.com/FCBarcelona)

Tak hanya Gerard Pique, Martin Braithwaite juga menjadi salah satu pemain penting Barcelona di laga ini. Ia berhasil menyumbang dua gol di menit ke-45+2 dan ke-59. 

Berkat catatan tersebut, Braithwaite dinobatkan sebagai pemain Denmark pertama yang mampu mencetak brace di LaLiga pada Abad 21.

Baca Juga: 5 Pemain Barcelona yang Memakai Nomor 9 sebelum Martin Braithwaite

3. Penampilan ke-100 Antoine Griezmann bersama Barcelona

5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22potret Antoine Griezmann (twitter.com/FCBarcelona)

Antoine Griezmann memang tidak mencetak gol ataupun memberi assist di laga ini. Meski begitu, bintang asal Prancis tersebut juga memiliki catatan khusus. Laga kontra Sociedad merupakan penampilan ke-100 Griezmann bersama Barcelona.

Dari 100 laga yang dilakoni, Griezmann total terlibat dalam 52 gol Barcelona dengan rincian 35 gol dan 17 assist. Pemain berusia 30 tahun ini juga menciptakan 1,1 peluang per laga atau 107 peluang secara total. Persentase kemenangan Barcelona ketika Griezmann bermain juga cukup apik, yakni 61%.

4. Dua gol sundulan mewarnai kemenangan Barcelona

5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22potret Gerard Pique (twitter.com/FCBarcelona)

Dua dari empat gol yang diciptakan Barcelona berasal dari tandukan kepala Gerard Pique dan Martin Braithwaite. Ini merupakan pertama kalinya Blaugrana mencetak dua gol sundulan dalam satu laga LaLiga sejak 28 Oktober 2018 saat berjumpa Real Madrid.

Kedua gol sundulan tersebut juga tercipta dalam babak pertama. Kejadian serupa pernah terjadi pada 31 Agustus 2009. Kala itu Barcelona bertemu Sporting Gijon di pekan pertama LaLiga musim 2009/2010.

5. Catatan apik Barcelona ketika menjadi tuan rumah di pekan pertama

5 Fakta Usai Barcelona Bekuk Sociedad di Pekan Pertama LaLiga 2021/22potret markas Barcelona, Camp Nou (twitter.com/FCBarcelona)

Barcelona mendapat kesempatan sebagai tuan rumah di pekan pertama LaLiga musim 2021/2022. Momen tersebut berhasil dimanfaatkan dengan baik setelah sukses membungkam Real Sociedad 4-2.

Dalam sejarah, Barcelona hanya pernah kalah satu kali ketika bertindak sebagai tuan rumah di laga perdana LaLiga. Satu-satunya kekalahan tersebut terjadi saat berjumpa Espanyol di pekan pertama LaLiga musim 1939/1940.

 

Di pekan berikutnya, Barcelona akan bertanding melawan Athletic Bilbao, sedangkan Real Sociedad akan bertarung melawan Rayo Vallecano. Kira-kira, siapa yang bakal meraih hasil positif?

Baca Juga: Waduh, Barcelona Masih Punya Utang Rp875 Miliar ke Messi

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya