5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga Champions

FC Porto menang secara dramatis

FC Porto secara mengejutkan mampu mengalahkan Arsenal pada leg pertama Liga Champions Eropa 2023/2024. Bermain di Estadio Do Dragao, pada Kamis (22/2/2024) dini hari WIB, FC Porto menang tipis 1-0. Galeno menjadi pencetak gol tunggal kemenangan FC Porto di laga tersebut.

Kemenangan FC Porto atas Arsenal terasa spesial karena diraih secara dramatis. Kemenangan tersebut juga membuat peluang The Dragon, julukan FC Porto, untuk lolos ke perempat final lebih besar. Tak hanya itu, terdapat sejumlah fakta lainnya dari hasil duel FC Porto dan Arsenal pada leg pertama Liga Champions musim ini. Berikut ulasannya!

1. FC Porto meraih kemenangan paling dramatis di Liga Champions

5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga ChampionsFC Porto sukses kalahkan Arsenal di Liga Champions 2023/2024. (x.com/FCPorto)

Satu-satunya gol yang dicetak FC Porto ke gawang Arsenal tercipta di penghujung laga. Tepatnya, gol dari Galeno terjadi pada menit 93 lewat 22 detik. Momen itu menjadi gol kemenangan paling dramatis bagi FC Porto di Liga Champions, terhitung sejak 2003/2004.

Di sini lain, gol krusial FC Porto menjadi pil pahit yang harus ditelan pasukan Mikel Arteta. Gol itu juga membuahkan sejarah baru di Liga Champions. Untuk pertama kalinya, Arsenal kebobolan di menit 90-an yang berujung kekalahan dalam laga di Liga Champions.

2. Tak ada satu pun tembakan tepat sasaran yang dilakukan oleh Arsenal

5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga ChampionsFC Porto berjumpa Arsenal di babak 16 besar Liga Champions 2023/2024. (x.com/Arsenal)

Arsenal sejatinya mendominasi jalannya laga atas FC Porto. Mereka unggul dari segi penguasaan bola, yakni sebanyak 65%. Sayangnya, catatan itu tak cukup untuk bisa membuat Arsenal menang.

Salah satu faktor gagalnya The Gunners mencetak gol adalah tak adanya shot on target yang dilakukan dari tujuh kali percobaan. FC Porto justru lebih efektif dengan memiliki 2 shot on target dari 8 kali tembakan. Satu dari dua tembakan tepat sasaran tersebut pada akhirnya berbuah gol penentu kemenangan.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Arsenal Dibekuk Porto di Liga Champions

3. Rekor buruk Arsenal ketika melakoni laga leg pertama 16 besar Liga Champions Eropa

5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga ChampionsMikel Arteta dan Bukayo Saka (x.com/Arsenal)

Entah suatu kebetulan atau memang sudah menjadi kutukan, Arsenal memiliki catatan minor ketika memainkan laga leg pertama 16 besar di Liga Champions. Setidaknya dalam sembilan edisi terakhir saat Arsenal mencapai babak 16 besar, mereka hanya mampu menang satu kali pada laga leg pertama. Satu-satunya kemenangan tersebut terjadi pada 2010/2011 dengan skor 2-1 atas Barcelona.

FC Porto sendiri sebelumnya juga termasuk salah satu tim yang pernah mengalahkan Arsenal pada laga leg pertama 16 besar Liga Champions, yaitu pada musim 2009/2010. Waktu itu FC Porto menang dengan skor 2-1. Namun, Arsenal mampu membalas di leg kedua dengan skor telak 5-0. Cerita itu tentu bisa sedikit memotivasi The Gunners menyambut leg kedua mendatang.

4. FC Porto memperbaiki rekor pertemuan dengan Arsenal di Liga Champions

5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga ChampionsArsenal dan FC Porto bertemu di Liga Champions Eropa 2008/2009. (arsenal.com)

Kemenangan 1-0 FC Porto atas Arsenal juga memberi dampak positif lainnya bagi The Dragon. Dengan kemenangan itu mereka memperbaiki rekor pertemuan dengan Arsenal di pentas Liga Champions. Tercatat, kedua tim sudah berjumpa sebanyak tujuh kali.

Berkat kemenangan laga dini hari tadi, FC Porto kini sudah mengantongi tiga kemenangan. Sama halnya dengan FC Porto, Arsenal juga total menang tiga kali. FC Porto bisa saja mengungguli Arsenal dalam rekor pertemuan jika kembali menang di laga leg kedua mendatang.

5. Galeno menjadi mesin gol FC Porto di Liga Champions 2023/2024

5 Fakta Menarik Kemenangan FC Porto atas Arsenal di Liga ChampionsGaleno (x.com/FCPorto)

Selain membantu FC Porto mengamankan kemenangan, satu gol dari Galeno ke gawang Arsenal juga menambah catatan apik dirinya di Liga Champions musim ini. Winger Brasil berusia 26 tahun tersebut total sudah mengoleksi 5 gol dari 6 laga. Ia juga berhasil mengemas tiga assist

Sebelum Arsenal, Shakhtar Donetsk sudah lebih dulu menjadi korban keganasan Galeno. Shakhtar Donetsk dibobol 4 kali dalam 2 pertemuan di grup H. Galeno pun saat ini turut meramaikan perburuan gelar top skorer Liga Champions dan bukan tidak mungkin untuk meraihnya jika berhasil konsisten mencetak gol yang membawa FC Porto terus melaju.

FC Porto memiliki potensi besar untuk melangkah ke perempat final Liga Champions musim ini berkat kemenangan atas Arsenal pada leg pertama. Namun, The Dragon perlu mewaspadai kebangkitan The Gunners pada leg kedua nanti. Mampukah FC Porto kembali meraih kemenangan saat bertandang ke Emirates Stadium?

Baca Juga: 3 Faktor Arsenal Kalah Menyakitkan dari FC Porto

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Menulis dimainkan dengan otak, jari jemari hanyalah alat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya