Comscore Tracker

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar Denmark

Dua di antaranya tercipta di Piala Dunia 2022

Australia sukses meraih hasil positif di laga terakhir grup D Piala Dunia 2022. Berhadapan dengan Denmark pada Rabu (30/11/2022), Socceroos menang tipis 1-0. Hasil tersebut sangat berarti bagi Australia karena membuat mereka lolos ke babak 16 besar.

Tak hanya itu, Australia juga sukses menambah catatan kemenangan mereka di pentas Piala Dunia. Dalam enam kali keikutsertaannya di Piala Dunia, Australia baru pernah menang empat kali termasuk kemenangan atas Denmark. Berikut rangkuman empat kemenangan Australia di Piala Dunia.

1. Australia 3-1 Jepang (Piala Dunia 2006 Jerman) 

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar DenmarkAustralia bertemu Jepang di Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Piala Dunia 2006 merupakan Piala Dunia kedua yang diikuti Australia setelah sebelumnya gagal total di Piala Dunia 1974. Australia tergabung di grup F bersama Brasil, Kroasia, dan Jepang. 

Socceroos mengawali langkahnya di Piala Dunia 2006 dengan kemenangan 3-1 atas Jepang. Ini menjadi kemenangan pertama Australia di Piala Dunia. Tim Cahill menjadi bintang kemenangan Australia dengan catatan brace. Satu gol Australia lainnya diciptakan oleh John Aloisi.

Australia kemudian sukses melaju ke babak 16 besar meski hanya bermain imbang dengan Kroasia dan kalah dari Brasil. Sayangnya, Australia harus terjegal oleh Italia di babak 16 besar.

2. Australia 2-1 Serbia (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan) 

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar DenmarkAustralia bersua Serbia di Piala Dunia 2010 (fifa.com)

Australia kembali tampil di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Mereka harus bersaing dengan Jerman, Ghana, dan Serbia di grup D. Tentunya Socceroos berharap hasil yang lebih baik daripada Piala Dunia edisi sebelumnya. 

Australia sukses menang satu kali di matchday terakhir melawan Serbia dengan skor 2-1. Dua gol kemenangan Australia kalau itu dicetak oleh Tim Cahill dan Brett Holman. 

Namun, kemenangan tersebut tak bisa membawa mereka ke 16 besar. Kekalahan telak dari Jerman dan hasil imbang melawan Ghana menjadi penyebabnya. Meski Australia memiliki poin sama dengan Ghana, Ghana berhak lolos karena memiliki selisih gol yang lebih baik.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Australia Libas Denmark, Gol Debut Leckie

3. Australia 1-0 Tunisia (Piala Dunia 2022 Qatar) 

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar DenmarkAustralia suskes kalahkan Tunisia di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Australia melalui Piala Dunia 2014 dan 2018 tanpa satu pun kemenangan. Akhirnya, paceklik kemenangan itu berakhir di Piala Dunia 2022.

Setelah dibantai Prancis di laga perdana, Australia kemudian bertemu Tunisia di matchday kedua grup D. Australia berhasil menang tipis 1-0 berkat gol dari Mitchell Duke. Kemenangan tersebut menjaga asa Australia untuk lolos dari fase grup.

4. Australia 1-0 Denmark (Piala Dunia 2022 Qatar) 

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar DenmarkMathew Leckie menjadi bintang kemenangan Australia atas Denmark di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Australia kemudian melakoni laga hidup dan mati di matchday ketiga grup D melawan Denmark. Siapa pun yang memenangkan laga ini berpotensi besar melaju ke babak 16 besar. 

Dengan modal positif kemenangan atas Tunisia, Australia mampu menyudahi perlawanan Denmark dengan skor 1-0. Mathew Leckie menjadi pencetak gol kemenangan Australia.

Dengan hasil tersebut, Australia pun berhak atas tiket 16 besar. Selain itu, kemenangan ini juga menambah catatan kemenangan Australia di Piala Dunia menjadi sebanyak empat kali.

5. Australia memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

4 Kemenangan Australia di Piala Dunia, Terbaru Hajar DenmarkTimnas Australia di Piala Dunia 2022 (instagram.com/socceroos)

Dua kemenangan yang diraih Australia di babak grup D mengantarkan mereka ke babak 16 besar. Socceroos mendampingi Prancis dengan sama-sama mengoleksi enam poin.

Dengan ini, Australia sukses mengulangi pencapaian mereka di Piala Dunia 2006 saat mereka lolos ke babak 16 besar.

 

Pada babak 16 besar nanti, Australia sudah ditunggu lawan tangguh, Argentina. Meski berat, bukan tidak mungkin Australia bisa mengatasi perlawanan Argentina. Mampukah Australia menuai kemenangan lainnya di Piala Dunia 2022 yang membawa mereka berjaya?

Baca Juga: Libas Denmark, Australia Maju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya