5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala Dunia

Ekuador mengawali Piala Dunia 2022 dengan kemenangan

Piala Dunia 2022 Qatar resmi bergulir pada Minggu malam (20/11/2022). Laga pembuka menyajikan duel tuan rumah, Timnas Qatar, melawan Timnas Ekuador di Al Bayt Stadium. 

Secara perkasa, Ekuador sukses mempermalukan tim tuan rumah dengan skor 2-0. Hasil tersebut tentunya menjadi awal yang baik bagi Ekuador di Piala Dunia 2022. Kemenangan atas Qatar juga menjadikan Ekuador sebagai tim pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mampu mengalahkan tim tuan rumah dalam laga pembuka.

Perlu diketahui, Ekuador telah berpartisipasi di Piala Dunia sebanyak empat kali termasuk keikutsertaannya di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka tercatat sukses mencatatkan lima kemenangan termasuk kemenangan atas Qatar. Berikut lima kemenangan yang pernah diraih Ekuador di Piala Dunia. 

1. Ekuador 1-0 Kroasia (Piala Dunia 2002 Korea Jepang) 

5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala DuniaEkuador melawan Kroasia di Piala Dunia 2002 (fifa.com)

Ekuador pertama kali ikut Piala Dunia pada Piala Dunia 2002 Korea Selatan dan Jepang. Waktu itu, mereka tergabung di grup G bersama Italia, Kroasia, dan Meksiko. Sebagai tim debutan, Ekuador belum bisa berbuat banyak di dua laga awal setelah takluk dari Italia dan Meksiko.

Tim berjuluk La Tri ini baru memanas di laga ketiga saat melawan Kroasia. Ekuador sukses meraih kemenangan tipis 1-0 berkat gol dari Edison Mendez. Itu menjadi kemenangan pertama Ekuador di Piala Dunia. 

Hanya menang satu kali, langkah Ekuador di Piala Dunia 2022 Korea Selatan & Jepang harus terhenti di babak grup. Mereka menjadi juru kunci grup G di bawah Italia, Meksiko, dan Kroasia. 

2. Ekuador 2-0 Polandia (Piala Dunia 2006 Jerman) 

5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala DuniaEkuador menghadapi Polandia di Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Ekuador kembali berpartisipasi di Piala Dunia 2006 Jerman. La Tri pastinya sudah belajar dari pengalaman Piala Dunia 2002. Pada keikutsertaan yang kedua kalinya ini, mereka tergabung di grup A bersama Jerman, Polandia, dan Kosta Rika. 

Pada laga perdana, Ekuador tampil impresif dengan mengalahkan perlawanan Polandia dengan skor 2-0. Carlos Tenorio dan Agustin Delgado menjadi aktor penyumbang gol kemenangan Ekuador.

Baca Juga: Buka-bukaan Qatar Usai Keok dari Ekuador di Piala Dunia 2022

3. Ekuador 3-0 Kosta Rika (Piala Dunia 2006 Jerman) 

5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala DuniaEkuador bersua Kosta Rika di Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Kemenangan di laga perdana Piala Dunia 2006 atas Polandia membuat mental para pemain Ekuador terangkat. Hal itu terbukti di laga selanjutnya yang mana mereka sukses membantai Kosta Rika dengan skor 3-0. Carlos Tenorio dan Agustin Delgado kembali mencetak gol di laga ini sebelum akhirnya digenapi oleh Ivan Kaviedes. 

Ekuador memang harus takluk dari sang tuan rumah, Jerman, di laga ketiga grup A. Namun, hal itu tak menghalangi langkah Ekuador untuk lolos ke babak gugur sebagai runner-up mendampingi Jerman. Sayangnya, Inggris menjadi batu sandungan Ekuador di babak 16 besar.

4. Ekuador 2-1 Honduras (Piala Dunia 2014 Brasil) 

5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala DuniaEkuador berjumpa Honduras di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Sempat absen di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Ekuador kembali manggung di Piala Dunia 2014 Brasil. Kali ini mereka harus bersaing di grup E bersama Prancis, Swiss, dan Honduras. 

Ekuador harus mengakui keunggulan Swiss di laga perdana. La Tri kemudian menjaga asa untuk lolos ke babak gugur setelah menang 2-1 atas Honduras di laga kedua grup E berkat brace Enner Valencia. 

Namun, hasil imbang atas Prancis di laga pamungkas grup E tak cukup membuat Ekuador lolos ke babak selanjutnya. Mereka harus puas duduk di urutan ketiga grup E di bawah Prancis dan Swiss.

5. Ekuador 2-0 Qatar (Piala Dunia 2022 Qatar) 

5 Kemenangan yang Pernah Diraih Ekuador di Piala DuniaPemain Ekuador merayakan gol ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Ekuador juga sempat melewatkan Piala Dunia 2018 Rusia sebelum akhirnya kembali tampil di Piala Dunia 2022. Pada keikutsertaan yang keempat kalinya, Ekuador tergabung di grup A bersama Qatar, Belanda, dan Senegal. 

Ekuador mampu tampil perkasa di laga pembuka setelah menang atas tim tuan rumah, Qatar, dengan skor 2-0. Enner Valencia menjadi bintang kemenangan La Tri setelah memborong dua gol.

Dengan kemenangan ini, Ekuador sukses meraih lima kemenangan sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia. Tak hanya itu, kemenangan ini juga menjadi modal bagus sebelum menghadapi tim kuat, Belanda dan Senegal di laga lanjutan grup A. 

 

Ekuador bukan tidak mungkin bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022 Qatar. Setidaknya, mereka melampaui apa yang mereka capai di Piala Dunia 2006 Jerman. Patut kita nantikan kisah La Tri di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Ganas Lawan Qatar, Ekuador Langsung Incar Belanda

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya