5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio Pochettino

Mulai bangkit bersama manajer baru

Mauricio Pochettino menjadi bagian dalam perombakan Chelsea untuk 2023/2024. Ia ditunjuk sebagai manajer baru Chelsea menggantikan posisi Frank Lampard. Dengan pengalaman yang dimiliki, Pochettino mengemban tugas berat untuk bisa mengembalikan performa impresif The Blues setelah mengalami keterpurukan pada musim sebelumnya. 

Banyak dihuni pemain baru, Chelsea di bawah arahan Pochettino masih butuh waktu untuk beradaptasi. Hal itu terlihat dari hasil laga yang sudah dilalui belum bisa sepenuhnya dikatakan memuaskan. Alhasil, The Blues masih terjerembap di papan tengah klasemen English Premier League (EPL) 2023/2024.

Kendati masih banyak kekurangan dalam skuad Chelsea, setidaknya Pochettino sudah mampu mengantarkan timnya meraih lima kemenangan perdana. Catatan itu diraih setelah melakoni sebelas laga.

Berikut rangkuman lima kemenangan pertama Chelsea bersama Mauricio Pochettino.

1. Kemenangan pertama diraih dengan menumbangkan Luton Town

5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio PochettinoChelsea bertemu Luton Town di English Premier League 2023/2024. (chelseafc.com)

Dua laga awal Mauricio Pochettino bersama Chelsea berakhir mengecewakan. Pada laga debutnya, Chelsea ditahan imbang Liverpool dalam duel pekan pertama English Premier League 2023/2024. Chelsea kemudian takluk dengan skor 1-3 dari West Ham United pada pekan selanjutnya.

Kemenangan perdana yang ditunggu kemudian lahir saat menjamu Luton Town pada pekan ketiga. Bermain di Stamford Bridge, Chelsea menang meyakinkan dengan skor 3-0. Raheem Sterling menjadi bintang di laga tersebut dengan memborong dua gol. Satu gol lainnya dilengkapi Nicolas Jackson. 

2. Chelsea susah payah mengalahkan AFC Wimbledon di Piala Liga Inggris

5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio PochettinoNoni Madueke dan Enzo Fernandez (chelseafc.com)

Chelsea berjumpa AFC Wimbledon pada putaran kedua Piala Liga Inggris 2023/2024. Dalam laga ini, The Blues tentu unggul segalanya mengingat sang lawan berasal dari kasta keempat Liga Inggris. Namun, secara mengejutkan AFC Wimbledon mampu menyulitkan pasukan Mauricio Pochettino. 

Chelsea sempat tertinggal lebih dahulu akibat gol penalti James Tilley. Untungnya, Chelsea juga mendapat jatah penalti yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Noni Madueke. Enzo Fernandez kemudian mencetak gol yang membawa Chelsea berbalik unggul. The Blues keluar sebagai pemenang dengan skor tipis 2-1.

Baca Juga: 4 Pemain Chelsea 2023/2024 yang Paling Lama Menetap, Siapa Saja?

3. Brighton & Hove Albion tak bisa membendung laju Chelsea di Piala Liga Inggris

5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio PochettinoNicolas Jackson (instagram.com/jackson.nj11)

Setelah menang dari AFC Wimbledon, Chelsea harus puasa kemenangan dalam tiga laga selanjutnya. The Blues menelan 2 kekalahan dan 1 hasil imbang dalam lanjutan English Premier League. Rentetan hasil minor Chelsea akhirnya terputus saat kembali berlaga di Piala Liga Inggris. 

Anak asuh Mauricio Pochettino bertemu Brighton & Hove Albion pada putaran ketiga Piala Liga Inggris 2023/2024. Brighton saat itu tengah tampil apik dan bisa dikatakan lebih baik dari Chelsea. Namun, Chelsea mampu membuktikan bahwa mereka lebih superior. Chelsea berhasil menang tipis 1-0 berkat gol semata wayang Nicolas Jackson.

4. Chelsea keluar sebagai pemenang dalam Derbi London Barat melawan Fulham

5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio PochettinoMykhailo Mudryk (chelseafc.com)

Pada pekan ketujuh English Premier League, Chelsea bertandang ke markas Fulham di Craven Cottage Stadium. Laga ini menjadi salah satu laga bergengsi. Ia memiliki tajuk West London Derby. Chelsea berhasil menegaskan dominasinya atas Fulham dalam derbi tersebut. 

Bermain di hadapan publik Fulham, The Blues tak gentar sedikit pun. Mereka berhasil mengunci kemenangan dengan skor 2-0. Mykhailo Mudryk membuka keran gol sekaligus menjadi gol debutnya untuk Chelsea. Tak lama setelah gol Mudryk, Armando Broja sukses menggenapi keunggulan Chelsea.

5. Pembantaian terhadap Burnley melengkapi lima kemenangan awal Mauricio Pochettino

5 Kemenangan Pertama Chelsea di Bawah Mauricio PochettinoChelsea berhasil mengalahkan Burnley di English Premier League 2023/2024. (chelseafc.com)

Bermodal kemenangan dalam West London Derby, Mauricio Pochettino akhirnya menorehkan kemenangan kelimanya bersama Chelsea. Torehan tersebut tercipta saat bentrok dengan Burnley pada pekan kedelapan English Premier League. Bertindak sebagai tim tamu, Chelsea berhasil menang dengan skor telak 4-1.

Jalannya laga berlangsung menarik di mana Chelsea sempat tertinggal akibat gol Wilson Odobert. Chelsea kemudian berhasil menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri bek muda Burnley, Ameen Al-Dakhil. Setelah skor imbang, serangan The Blues kian mematikan hingga berbuah tiga gol kemenangan melalui Cole Palmer, Raheem Sterling, dan Nicolas Jackson.

Lima kemenangan awal menjadi modal berharga bagi Mauricio Pochettino untuk terus berproses membentuk permainan apik Chelsea. Performa The Blues saat ini mulai stabil dengan tak terkalahkan dalam empat laga terakhir di semua ajang. Mampukah Mauricio Pochettino membawa Chelsea kembali bersaing di papan atas English Premier League?

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea yang Dilepas setelah Dipinjamkan, Siapa Menyusul?

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya