5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!

Manchester United salah satu korbannya

Brighton & Hove Albion sejatinya bukanlah tim raksasa di English Premier League. Tim berjuluk The Seagulls tersebut lebih sering berkutat di papan tengah. Kendati demikian, mereka kerap mengejutkan dengan permainan impresif yang merepotkan lawan. 

Dalam sejumlah laga di EPL, permainan apik Brighton berbuah hasil yang sangat memuaskan. Mereka berhasil mengalahkan lawan yang dihadapi dengan skor telak. Berikut ini lima kemenangan terbesar Brighton di Premier League.

1. Wolverhampton Wanderers menjadi korban Brighton & Hove Albion paling mengenaskan

5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!Danny Welbeck dalam laga kontra Wolverhampton Wanderers di EPL 2022/2023. (instagram.com/dannywelbeck)

Brighton & Hove Albion berhasil menorehkan kemenangan terbesarnya di Premier League dengan skor 6-0. Tim yang menjadi korbannya adalah Wolverhampton Wanderers. Momen itu tercipta pada pekan ke-34 EPL 2022/2023, tepatnya pada 29 April 2023.

Brighton tampil beringas sejak awal laga dan terbukti dengan empat gol yang tercipta pada babak pertama. Deniz Undav, Pascal Gross, dan Danny Welbeck sukses tampil ciamik di laga ini. Mereka kompak menciptakan brace.

2. Brighton & Hove Albion baru saja membantai Sheffield United di Premier League 2023/2024

5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!Simon Adingra sukses mencetak gol ke gawang Sheffield United di EPL 2023/2024. (instagram.com/officialbhafc)

Sheffield United merupakan korban terbaru dari pembantaian Brighton & Hove Albion. Berjumpa pada pekan ke-25 Premier League 2023/2024 pada Minggu (18/2/2024), Brighton sukses menghajar Sheffield United dengan skor 5-0. Hebatnya, pembantaian tersebut terjadi di hadapan publik Sheffield United.

Simon Adingra menjadi pencetak gol terbanyak The Seagulls di laga ini dengan dua gol. Tiga gol lainnya masing-masing tercipta melalui Facundo Buonanotte, Danny Welbeck, dan gol bunuh diri Jack Robinson. Selain berkat peforma apik anak asuh Roberto De Zerbi, Brighton juga diuntungkan dengan kartu merahnya bek Sheffield United, Mason Holgate.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Brighton & Hove Albion asal Argentina

3. West Ham United memiliki catatan kelam saat berjumpa Brighton & Hove Albion

5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!Brighton kalahkan West Ham United 4-0 di EPL 2022/2023. (x.com/premierleague)

Catatan hitam sempat diraih West Ham United ketika bertemu Brighton & Hove Albion. Klub berjuluk The Hammers tersebut pernah dilibas dengan skor 4-0. Kejadian itu terlahir pada 4 Maret 2023 dalam laga pekan ke-26 EPL 2022/2023.

Alexis Mac Allister membuka keran gol Brighton ke gawang West Ham pada babak pertama. Pada babak kedua, Brighton menambah tiga gol melalui Joel Veltman, Kaoru Mitoma, dan Danny Welbeck. Brighton benar-benar sukses mendominasi dan mengontrol permainan West Ham United. 

4. Brighton & Hove Albion pernah memberi kejutan dengan membantai Manchester United

5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!Leandro Trossard dan Alexis Mac Allister (instagram.com/leandrotrossard)

Tak hanya tim-tim medioker, Brighton & Hove Albion juga pernah mengobrak-abrik tim besar Premier League, Manchester United. The Seagulls sukses menumbangkan MU dengan skor meyakinkan 4-0 saat masih dibesut Graham Potter. Tentu ini menjadi salah satu prestasi membanggakan bagi Brighton. 

Momen memalukan bagi MU tersebut terjadi pada pekan ke-36 EPL 2021/2022 pada 7 Mei 2022. Brighton sukses meredam agresivitas serangan MU yang kala itu dimotori Cristiano Ronaldo dan balik menyerang hingga berbuah empat gol. Keempat gol kemenangan Brighton dicetak Moises Caicedo, Marc Cucurella, Pascal Gross, dan Leandro Trossard. 

5. Brighton & Hove Albion menjadi salah satu mimpi buruk Leicester City di Premier League

5 Kemenangan Terbesar Brighton di Premier League, Memukau!Alexis Mac Allister mencetak brace saat bersua Leicester City di EPL 2022/2023. (instagram.com/alemacallister)

Musim 2022/2023 menjadi musim terbaik bagi Brighton & Hove Albion di Premier League. Mereka sukses mengakhiri kompetisi dengan bertengger di posisi ke-6. Pada musim itu juga The Seagulls beberapa kali menang besar. Selain menang telak atas Wolverhampton Wanderers dan West Ham United, mereka juga pesta gol ke gawang Leicester City. 

Pertemuan Brighton dengan Leicester City terjadi pada pekan ke-6, tepatnya pada 4 September 2022. Kedua tim sebetulnya sempat berbalas gol. Kelechi Iheanacho dan Patson Daka mencetak gol untuk Leicester City. Brighton kemudian membalas melalui Moises Caicedo dan gol bunuh diri Luke Thomas. Namun, laju Brighton akhirnya tak terkejar setelah Leandro Trossard mencetak satu gol dan Alexis Mac Allister menuai brace. Skor 5-2 menjadi mimpi buruk bagi Leicester City di laga tersebut. 

Dalam beberapa musim terakhir, Brighton & Hove Albion sukses tampil merepotkan bagi lawan-lawannya di English Premier League. Lima kemenangan besar di atas menjadi bukti The Seagulls memiliki kekuatan yang layak diperhitungkan. Kira-kira tim mana lagi yang akan menjadi korban pembantaian Brighton? 

Baca Juga: Kinerja 4 Pemain Sayap Brighton pada Paruh Musim Pertama 2023/2024

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Menulis dimainkan dengan otak, jari jemari hanyalah alat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya