Comscore Tracker

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!

Semua deretan kiper berkualitas!

Gianluigi Donnarumma baru saja berpisah dengan AC Milan dan merapat ke skuat Paris Saint-Germain. Ia enggan memperpanjang kontraknya di AC Milan yang berakhir pada Juni 2021. Rossoneri pun harus rela kehilangan kiper andalan mereka.

Donnarumma sendiri merupakan jebolan akademi AC Milan. Ia mengabdi selama enam musim di tim utama. Berkiprah cukup lama, Donnarumma tercatat sebagai salah satu kiper yang paling sering tampil di bawah mistar gawang AC Milan.

Lalu, seberapa banyak jumlah laga yang dijalani Donnarumma dan siapa saja kiper lainnya dengan penampilan terbanyak bersama AC Milan? Check this out!

1. Christian Abbiati

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!Christian Abbiati (skysports.com)

Kiper dengan penampilan terbanyak di AC Milan adalah Christian Abbiati. Ia tercatat tampil dalam 380 laga di semua ajang dengan menorehkan 145 clean sheet. Abbiati didatangkan AC Milan dari Calcio Monza pada musim 1998/1999. Kiprahnya di San Siro berjalan begitu lama bahkan hingga dirinya menutup karier.

Namun dalam perjalanannya, kiper asal Italia ini juga sempat dipinjamkan ke Juventus, Torino, dan Atletico Madrid, dari musim 2005/2006 hingga 2007/2008. Bersama AC Milan, ia berhasil meraih 1 gelar Liga Champions, 3 gelar Serie A, 1 gelar Coppa Italia, 2 gelar Supercoppa Italia, dan 1 gelar UEFA Super Cup. Abbiati akhirnya memutuskan pensiun pada Juli 2016.

2. Sebastiano Rossi

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!Sebastiano Rossi (milanreports.com)

Berikutnya ada sosok Sebastiano Rossi. Mengawali karier bersama Cesena, ia bergabung dengan AC Milan pada musim 1990/1991. Rossi menghabiskan waktu selama 12 musim di San Siro. Dalam kurun waktu tersebut, ia tampil dalam 330 laga di semua kompetisi dengan menciptakan 150 clean sheet

Berbagai gelar juga berhasil diraih oleh kiper keturunan Italia ini, meliputi 1 gelar Liga Champions, 5 gelar Serie A, 2 gelar Supercoppa Italia, 1 gelar Intercontinental Cup, dan 2 gelar UEFA Super Cup. Sebastiano Rossi kemudian hijrah ke Perugia dan pensiun pada Juli 2003.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Direkrut Paris Saint-Germain dari Klub Serie A

3. Dida

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!Dida (skysports.com)

Dida merupakan kiper jempolan yang berasal dari Brasil. Ia direkrut AC Milan dari Cruzeiro pada musim 1999/2000. Di beberapa musim awal, Dida sempat dipinjamkan ke Corinthians. Ia baru mulai diandalkan Rossoneri pada musim 2002/2003 dan bertahan hingga musim 2009/2010.

Secara keseluruhan, Dida melakoni 302 laga di semua kompetisi dengan mengoleksi 132 clean sheet. Ia juga sukses mengantar AC Milan meraih 2 gelar Liga Champions, 1 gelar Serie A, 1 gelar Supercoppa Italia, 1 gelar UEFA Super Cup, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub. Dida telah menepi dari lapangan hijau pada Januari 2016.

4. Lorenzo Buffon

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!Lorenzo Buffon (thesefootballtimes.co)

Di urutan keempat dihuni oleh Lorenzo Buffon. Ia sukses mencatatkan 292 penampilan bersama AC Milan dengan membukukan 96 clean sheet. Kiper yang merupakan sepupu dari kakek Gianluigi Buffon ini didatangkan AC Milan dari Portosummaga pada musim 1949/1950.

Kiprah Lorenzo di San Siro berjalan hingga musim 1958/1959. Ia mampu membantu AC Milan meraih 4 gelar Serie A. Setelah berpisah dengan AC Milan, ia sempat membela Genoa, Inter Milan, Fiorentina, dan Ivrea. Lorenzo akhirnya gantung sepatu pada Juli 1965.

5. Gianluigi Donnarumma

5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!Gianluigi Donnarumma (eurosport.com)

Gianluigi Donnarumma melengkapi lima kiper dengan penampilan terbanyak di AC Milan. Sempat menimba ilmu di tim akademi, ia merapat ke skuad utama Rossoneri pada musim 2015/2016. Performa Donnarumma begitu cemerlang yang membuat posisinya tak tergantikan.

Secara total, kiper Italia berusia 22 tahun ini dipercaya tampil dalam 251 laga di semua kompetisi dengan mengemas 88 clean sheet. Sayangnya, ia gagal membawa AC Milan meraih gelar bergengsi. Donnarumma hanya mampu meraih 1 gelar Supercoppa Italia. 

Itulah 5 kiper dengan penampilan terbanyak bersama AC Milan. Setelah kepindahan Gianluigi Donnarumma, akankah ada kiper hebat lainnya yang menorehkan penampilan lebih banyak dari kelima kiper di atas?

Baca Juga: 5 Kiper Italia yang Pernah Bermain di Liga Prancis Sebelum Donnarumma

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya