6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas Indonesia

Mayoritas negara di Asia Tenggara

Egy Maulana Vikri menjadi salah satu aktor kemenangan Timnas Indonesia atas Turkmenistan dalam laga uji coba FIFA Matchday. Ia mencetak satu gol yang menggenapi kemenangan 2-0 untuk Indonesia. Laga ini sendiri dihelat di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (8/9/2023) malam WIB. 

Selain membantu skuad Garuda memetik hasil positif, satu gol ke gawang Turkmenistan menambah koleksi gol Egy. Saat ini, ia mengoleksi enam gol. Catatan tersebut ia peroleh setelah melalui 18 laga bersama Timnas Indonesia. 

Sebelum Turkmenistan, ada lima negara yang sudah lebih dahulu dibobol Egy Maulana Vikri. Berikut daftar lengkap negara-negara korban ketajaman Egy Maulana Vikri bersama Timnas Indonesia. 

1. Taiwan menjadi negara pertama yang berhasil diperdaya Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaEgy Maulana Vikri (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri harus lebih dahulu melewati enam laga untuk bisa mencetak gol debut. Hingga akhirnya, Taiwan menjadi negara pertama yang kemasukan gol olehnya. Momen itu terjadi dalam laga leg kedua babak playoff Kualifikasi Piala Asia 2023 (11/10/2021). 

Egy bermain selama 75 menit di posisi winger kanan. Ia berhasil memecah kebuntuan Indonesia pada menit 27. Gol tersebut turut membantu Indonesia mengunci kemenangan 3-0 dan memastikan tiket ke putaran selanjutnya Kualifikasi Piala Asia 2023.

2. Singapura dibuat menderita akibat gol Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaEgy Maulana Vikri (nomor 10) dalam laga kontra Singapura di Piala AFF 2020. (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri berperan penting dalam laga semifinal Piala AFF 2020. Waktu itu, Indonesia menghadapi tuan rumah, Singapura. Setelah gagal mencetak gol pada leg pertama, ia kemudian menjadi salah satu penentu kemenangan Garuda pada leg kedua yang digelar pada 25 Desember 2021.

Egy bermain sebagai pemain pengganti pada menit 66. Indonesia sempat kesulitan setelah ditahan imbang 2-2 pada waktu normal. Laga pun berlanjut ke extra time. Egy akhirnya mencetak gol pada menit 107 yang memastikan kemenangan 4-2 atas Singapura dan mengamankan tempat ke babak final.

3. Thailand yang berstatus tim kuat mampu dijebol Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaAsnawi Mangkualam dan Egy Maulana Vikri bersalaman di lapangan. (instagram.com/egymaulanavikri)

Timnas Indonesia harus berhadapan dengan Thailand di partai final Piala AFF 2020. Bermodal tren positif dalam laga semifinal, Egy Maulana Vikri kembali menorehkan gol di laga puncak. Momen itu tercipta saat Indonesia bentrok dengan pasukan Gajah Perang dalam laga leg kedua final Piala AFF 2020 (1/1/2022). 

Bermain penuh selama 90 menit, Egy membukukan satu gol pada menit 80. Laga kemudian berakhir imbang 2-2. Sayangnya, gol dari Egy tak bisa membuka asa Indonesia merengkuh juara Piala AFF 2020 karena pada leg pertama kalah telak 0-4 dari Thailand.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Tak Gengsi Akui Performanya Menurun

4. Kamboja belum terlalu perkasa menahan laju gol Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaEgy Maulana Vikri (merah) dalam laga melawan Kamboja di Piala AFF 2022. (instagram.com/egymaulanavikri)

Berbekal pengalaman dari edisi sebelumnya, Egy Maulana Vikri kembali memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Rasa percaya diri dalam diri Egy juga kian meningkat. Hal itu terbukti dengan dirinya langsung tancap gas mencetak gol di laga perdana Grup A melawan Kamboja (23/12/2022). 

Egy diberi waktu bermain selama 45 menit babak pertama oleh Shin Tae Yong. Ia mampu membuka keunggulan Indonesia pada menit ke-7. Satu gol dari pemain berusia 23 tahun tersebut sangat berarti lantaran Indonesia hanya menang tipis 2-1 pada akhir laga.

5. Brunei Darussalam tak kuasa menghentikan gol Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaEgy Maulana Vikri (instagram.com/egymaulanavikri)

Egy Maulana Vikri kembali menunjukkan kualitasnya di Piala AFF 2022. Ia kembali menciptakan gol dalam laga kedua Grup A. Kali ini, giliran Brunei Darussalam yang dibuatnya menderita dalam laga yang dihelat pada 26 Desember 2022.

Dalam laga ini Egy bermain selama 63 menit. Ia mencatatkan namanya di papan skor 4 menit sebelum ditarik keluar, tepatnya pada menit 59. Satu gol dari eks Lechia Gdansk tersebut menambah gol Indonesia yang berhasil menutup laga dengan kemenangan telak 7-0.

6. Turkmenistan menjadi korban teranyar Egy Maulana Vikri

6 Negara yang Dibobol Egy Maulana Vikri Bersama Timnas IndonesiaStefano Lilipaly dan Egy Maulana Vikri (instagram.com/egymaulanavikri)

Setelah gelaran Piala AFF 2022, Egy Maulana Vikri sempat tak dipanggil Shin Tae Yong untuk membela Timnas Indonesia. Ia diistirahatkan lantaran dinilai mengalami penurunan performa meskipun mengoleksi dua gol di Piala AFF 2022. Dengan begitu, keran golnya juga harus terhenti karena absen dalam sejumlah laga. 

Egy baru kembali bermain untuk Indonesia saat bertemu Turkmenistan dalam laga persahabatan FIFA Matchday, Jumat (8/9/2023). Masuk sebagai pemain pengganti pada awal babak kedua, ia menandai kembalinya ke tim nasional dengan mengemas gol pada menit 90+1. Gol tersebut menggenapi keunggulan 2-0 atas Turkmenistan. 

Mengingat usianya baru 23 tahun, tentu masih ada waktu bagi Egy Maulana Vikri untuk terus memoles ketajamannya. Sumbangsih gol dari pemain Dewa United tersebut tentunya terus diharapkan penggemar sepak bola Indonesia. 

Baca Juga: Harapan Egy Maulana Vikri untuk Marselino Ferdinan di Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya