5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier League

Kelima pemain ini tak diragukan lagi kualitasnya!

Belgia menjadi salah satu negara di Eropa yang memiliki kekuatan sepak bola mumpuni. Berdasarkan ranking FIFA, saat ini Belgia berada di urutan teratas mengungguli Prancis, Brazil, dan negara top dunia lainnya. Tentunya, negara berjuluk The Red Devils of Europe tersebut memiliki segudang pemain berbakat yang tak diragukan lagi kualitasnya. Para pemain tersebut tersebar di berbagai kompetisi elite dunia, salah satunya Premier League.

Dalam sejarah, terdapat banyak pemain berdarah Belgia yang pernah merasakan ketatnya kompetisi teratas Liga Inggris tersebut. Eden Hazard menjadi salah satu contoh nyata pemain Belgia yang tampil apik di Premier League. Lantas, siapa sajakah pemain Belgia yang sukses mencatatkan penampilan terbanyak di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Vincent Kompany - 265 penampilan

5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier Leaguegoal.com

Vincent Kompany menjadi pemain Belgia dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League. Ia sukses mencatatkan 265 laga dalam 11 musim bersama Manchester City. Seperti yang diketahui, pemain berposisi bek tersebut memang menjadi salah satu legenda Manchester City. Ia pertama kali menginjakkan kaki di Etihad Stadium pada musim 2008/2009 usai diboyong dari Hamburger SV.

Dari 265 laga tersebut, Kompany sukses menciptakan 18 gol dan 9 assist. Tak hanya itu, ia juga sukses mempersembahkan 4 gelar Premier League untuk The Citizens. Setelah berkarier cukup lama di Premier League, akhirnya Vincent Kompany memutuskan berpisah dengan City di awal musim ini. Ia bergabung bersama klub masa kecilnya di Belgia, RSC Anderlecht. Disana, Kompany menjabat sebagai pemain sekaligus pelatih.

2. Marouane Fellaini - 260 penampilan

5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya terdapat nama Marouane Fellaini, pemain berposisi gelandang. Ia berhasil mencatatkan 260 laga selama berkarier di Premier League. Fellaini datang ke Inggris untuk pertama kali di musim yang sama dengan Kompany, yakni di musim 2008/2009. Everton menjadi klub pertama yang ia singgahi usai direkrut dari Standard Liege. Bersama Everton, Fellaini tampil dalam 141 laga dengan torehan 25 gol dan 20 assist. Namun, ia tak sekalipun meraih gelar bersama klub asal kota Merseyside tersebut.

Melihat potensi apik dari Fellaini, Manchester United pun kepincut dengan pemain berusia 32 tahun tersebut. Lalu, The Red Devils mendatangkan Fellaini di musim 2013/2014. Bersama United, ia berhasil tampil dalam 119 laga dengan menciptakan 12 gol dana 5 assist. Tak hanya itu, ia juga sukses mencicipi beberapa gelar. Setelah berkiprah selama hampir sepuluh musim di Premier League, akhirnya Fellaini hijrah ke Liga China bersama Shandong Luneng.

Baca Juga: Tak Ada Pemain Barcelona, 5 Gelandang Terbaik La Liga Musim 2019/2020

3. Romelu Lukaku - 252 penampilan

5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier League90min.com

Bomber yang satu ini tentunya sangat populer di kalangan pecinta sepak bola. Ya, dia adalah Romelu Lukaku. Striker tersebut juga menjadi salah satu pemain Belgia dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League. Lukaku berhasil mencatatkan 252 laga selama tujuh musim berkiprah di Premier League. Chelsea menjadi klub pertama Lukaku saat pertama kali datang ke Inggris usai hengkang dari RSC Anderlecht di musim 2011/2012.

Bersama The Blues, Lukaku tak mampu bersinar dengan hanya bermain dalam 10 laga. Ia kemudian dipinjamkan ke West Bromwich Albion selama semusim dengan menorehkan 35 laga, 17 gol, dan 7 assist. Tak cukup sampai disitu, Lukaku juga sempat dipinjamkan ke Everton. Namun, Everton memutuskan untuk mempermanenkan Lukaku di musim 2014/2015. Bersama The Toffees, ia berhasil menemukan performa terbaiknya setelah merumput dalam 141 laga dengan mengemas 68 gol dan 26 assist.

Melihat performa moncer Lukaku, Manchester United pun terkesima dengan pemain berusia 27 tahun tersebut. Benar saja, United kemudian memboyong Lukaku ke Old Trafford di musim 2017/2018. Di United, Lukaku justru sedikit mengalami penurunan performa. Ia tampil dalam 66 laga dengan hanya menciptakan 28 gol dan 8 assist. Akhirnya, Lukaku mengakhiri petualangannya di Premier League setelah hengkang ke Inter Milan di awal musim ini.

4. Eden Hazard - 245 penampilan

5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier Leaguestandard.co.uk

Nama Eden Hazard juga tak kalah familier dengan pemain sebelumnya. Ia menjadi pemain Belgia ke-empat dengan jumlah penampilan terbanyak di Premier League. Tercatat, Hazard telah tampil dalam 245 laga selama tujuh musim berkiprah di Premier League. Chelsea menjadi satu-satunya klub yang dibela Hazard selama berkarier di liga kasta tertinggi di Inggris tersebut. Ia bergabung bersama Chelsea di musim 2012/2013 setelah pindah dari Lille.

Hazard benar-benar menemukan performa terbaiknya saat berseragam The Blues. Dari 245 laga, ia sukses mencatatkan 85 gol dan 61 assist. Berkat performa impresifnya, Hazard berhasil membawa Chelsea meraih dua gelar Premier League dan beberapa gelar lainnya. Akhirnya, ia memutuskan berpisah dengan Chelsea di awal musim ini usai ditebus 100 juta euro oleh Real Madrid.

5. Simon Mignolet - 245 penampilan

5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier Leagueliverpoolfc.com

Melengkapi lima besar, ditempati oleh Simon Mignolet. Ia merupakan pemain Belgia yang berposisi sebagai penjaga gawang. Mignolet memiliki jumlah penampilan yang sama dengan Hazard, yakni 245 laga. Ia mengawali petualangannya di Premier League dengan bergabung bersama Sunderland di musim 2010/2011 setelah dibajak dari Sint-Truidense VV. Bersama Sunderland, Mignolet menorehkan 90 laga dengan menciptakan 30 clean sheet.

Tampil apik bersama The Black Cats, membuat Liverpool tertarik untuk memboyong Mignolet. Kemudian Liverpool benar-benar merekrut Mignolet di musim 2013/2014. Ia pun sempat menjadi kiper andalan klub yang bermarkas di Anfield Stadium tersebut. Bersama The Reds, Mignolet tampil dalam 155 laga dengan catatan 51 clean sheet. Ia juga ikut merasakan gelar Liga Champions Eropa di musim lalu. Akhirnya, setelah enam musim berkiprah di Premier League, Mignolet pulang kampung ke Belgia dengan membela Club Brugge di awal musim ini.

Kelima pemain di atas saat ini memang tak lagi berkompetisi di Premier League. Namun, pencapaian dan aksi memukau mereka tak bisa football lovers lupakan begitu saja. Akankah ada pemain Belgia lainnya yang mampu melampaui catatan mereka?

Baca Juga: 5 Pemain Top dengan Torehan Gol Penalti Terbanyak di Premier League

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya