Comscore Tracker

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! 

Dani Alves merangsek naik

Brasil dikenal sebagai negara penghasil pesepak bola andal. Dari era ke era, selalu bermunculan nama beken dari Negeri Samba dengan bakat sepak bola yang mumpuni.

Untuk era ini, kita bisa melihat deretan bintang Brasil di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka memiliki kualitas unggul di segala lini. 

Dalam skuad yang dibawa Timnas Brasil di Piala Dunia 2022, ternyata ada beberapa nama yang sudah bisa dicap sebagai legenda Tim Samba, salah satunya Dani Alves. Pada usianya yang telah menginjak 39 tahun, ia masih dipercaya membela negaranya di ajang sebesar Piala Dunia.

Dengan tambahan laga yang ditorehkan di Piala Dunia 2022, Dani Alves kian mendekati posisi teratas pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Brasil. Untuk mengetahui berapa jumlah caps Dani Alves dan siapa-siapa saja pemain Brasil yang paling diandalkan, berikut pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Brasil.

1. Cafu

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! Cafu (fifa.com)

Cafu memegang rekor sebagai pemain dengan caps terbanyak bersama Timnas Brasil. Ia tercatat menciptakan 143 penampilan yang ditorehkan pada medio 1990–2006.

Bertindak sebagai bek kanan, Cafu tampil produktif dengan mengemas 5 gol dan 10 assist. Ia juga berperan penting dalam kesuksesan Tim Samba menjuarai Piala Dunia 1994 dan 2002. Cafu telah memutuskan pensiun pada 2009.

2. Roberto Carlos

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! Roberto Carlos (nomor 6) (fifa.com)

Masih satu generasi dengan Cafu, Roberto Carlos menguntit di posisi kedua. Pemain satu ini tercatat membukukan 127 caps dalam rentang waktu 1992–2006. 

Roberto Carlos sendiri merupakan tandem solid Cafu di posisi bek kiri. Bek yang juga terkenal dengan tendangan super keras ini mengemas 11 gol dan 14 assist. Gelar Piala Dunia 2002 menjadi pencapaian terbaik dalam kariernya sebelum pensiun pada 2016.

Baca Juga: 5 Pemain Tua yang Mentas di Piala Dunia 2022, Ada Dani Alves!

3. Dani Alves

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! Dani Alves di Piala Dunia 2022 (instagram.com/danialves)

Dani Alves menjadi pemain Brasil yang cukup spesial. Ketika pemain lain sudah pensiun pada usia 39 tahun, ia justru masih diandalkan Timnas Brasil.

Pemain berposisi bek kanan ini memimpin negaranya berjuang di Piala Dunia 2022. Mungkin ini menjadi kesempatan terakhirnya untuk bisa mempersembahkan gelar juara Piala Dunia setelah gagal pada tiga edisi sebelumnya.

Dani Alves sendiri mencatatkan penampilan bersama Tim Samba sejak 2006. Ia merangsek naik mendekati jumlah penampilan Roberto Carlos dan Cafu. Alves sukses mengoleksi 126 caps yang dilengkapi dengan 8 gol dan 21 assist. Jumlah itu masih bisa bertambah jika Brasil terus melaju hingga menjuarai Piala Dunia 2022.

4. Neymar

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! Neymar (instagram.com/neymarjr)

Neymar bisa dibilang sebagai salah satu pemain terbaik Brasil saat ini. Bersama Dani Alves, ia menjadi bintang Brasil yang dibawa ke Piala Dunia 2022.

Kontribusi Neymar untuk Timnas Brasil dimulai sejak 2010. Pemain yang beroperasi di sektor winger ini tercatat sudah bermain sebanyak 123 kali.

Ia juga tampil moncer dengan mencetak 76 gol dan 56 gol. Pada usianya yang kini menginjak 30 tahun, sudah saatnya Neymar memberi gelar juara Piala Dunia untuk negaranya. Kesempatan itu terbuka lebar di Piala Dunia 2022.

5. Thiago Silva

5 Pemain dengan Caps Terbanyak Bersama Timnas Brasil, Legenda! Thiago Silva di Piala Dunia 2022 (instagram.com/thiagosilva)

Satu lagi pemain Brasil yang masih aktif dan ikut Piala Dunia 2022. Ia adalah Thiago Silva.

Pemain yang lebih muda setahun dari Dani Alves ini juga memiliki jumlah caps yang banyak, yaitu 112. Jumlah sebanyak itu mulai ditorehkan Thiago sejak debut pada 2008.

Thiago sendiri memiliki peran penting di sektor bek tengah. Meski menjadi pemain belakang, ia juga mampu menciptakan 7 gol dan 6 assist. Piala Dunia 2022 kemungkinan besar menjadi kompetisi terakhir yang diikutinya bersama Tim Selecao. Untuk itu, akan sangat indah jika Thiago mampu meraih gelar juara. 

Dari 5 pemain di atas, 3 di antaranya masih aktif bermain dan memiliki kesempatan untuk terus menambah jumlah penampilannya, khususnya di Piala Dunia 2022. Bisakah ketiga pemain aktif tersebut mengikuti jejak Cafu dan Roberto Carlos dengan menjadi juara Piala Dunia?

Baca Juga: Brasil Sindir Roy Keane: Masih Ada 10 Tarian Selebrasi! 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya