5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier League

Pierre-Emerick Aubameyang paling fenomenal

Gabon merupakan salah satu negara yang terletak di benua Afrika bagian barat. Berbicara tentang sepak bola, negara tersebut masih kerap dipandang sebelah mata. Wajar saja mengingat tak banyak pemain terkemuka yang terlahir di negara tersebut.

Namun, di era sekarang ini, pencinta sepak bola tentu tahu sosok Pierre-Emerick Aubameyang. Ya, ia merupakan salah satu pemain ternama asal Gabon yang kini tengah menjadi striker andalan Arsenal. Ternyata, Aubameyang bukan satu-satunya pemain Gabon yang pernah berkarier di Premier League, lho. 

Dalam sejarah, tercatat ada lima pemain asal Gabon yang pernah berkiprah di Premier League. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Daniel Cousin

5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Pemain asal Gabon pertama yang mencicipi atmosfer Premier League adalah Daniel Cousin. Ia bergabung dengan Hull City pada musim 2008/2009 setelah sebelumnya berkarier bersama Rangers. Ia mengabdi untuk Hull City selama satu setengah musim. 

Sebagai seorang striker, Cousin bermain dalam 31 laga di Premier League dengan menciptakan 4 gol dan 1 assist. Pada pertengahan musim 2009/2010, ia dipinjamkan ke klub Yunani, AE Larisa, sebelum akhirnya benar-benar pindah pada musim berikutnya. Cousin memutuskan pensiun pada tahun 2014.

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Pindah Kewarganegaraan dari Eropa ke Afrika

2. Didier Ndong

5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Selanjutnya ada pemain Gabon yang berposisi gelandang tengah, Didier Ndong. Ia tercatat pernah berkiprah di Premier League bersama dua tim berbeda. Awalnya, ia merapat ke skuad Sunderland pada musim 2016/2017 usai direkrut dari FC Lorient. 

Pada Januari 2018, Ndong dipinjamkan ke Watford hingga akhir musim. Setelah masa peminjamannya berakhir, kontraknya tak diperpanjang Sunderland dan ia pindah ke Guingamp. Total ia merumput dalam 31 laga di Premier League dengan mengemas 1 gol dan 1 assist. Pemain berusia 26 tahun tersebut kini tengah membela Dijon.

3. Mario Lemina

5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier Leaguefootball.london

Mario Lemina merupakan pemain asal Gabon yang beroperasi sebagai gelandang bertahan. Saat ini, ia tengah memperkuat Fulham dengan status pemain pinjaman dari Southampton. Ia datang ke Premier League pada musim 2017/2018 setelah Southampton merekrutnya dari Juventus. 

Di dua musim awal, Lemina sempat diandalkan Southampton. Namun, sejak musim 2019/2020 ia dipinjamkan ke Galatasaray dan Fulham di musim ini. Hingga kini ia telah turun dalam 69 laga di Premier League dengan torehan 3 gol dan 2 assist. Gelandang berusia 27 tahun tersebut akan kembali dari masa peminjaman pada musim depan.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Pierre-Emerick Aubameyang bisa dibilang sebagai pemain Gabon paling top yang pernah berkiprah di Premier League. Ia didatangkan Arsenal dari Borussia Dortmund pada pertengahan musim 2017/2018. Tak main-main, Arsenal harus merogoh kocek sebesar €63,75 juta atau Rp1,1 triliun.

Namun, nominal tersebut terbilang setimpal dengan kualitas yang dimilikinya. Sebagai seorang striker, Aubameyang telah tampil dalam 110 laga di Premier League dengan membukukan 63 gol dan 13 assist. Ia juga pernah mencicipi 1 gelar Piala FA dan 1 gelar English Super Cup. 

Tak hanya menorehkan prestasi bersama Arsenal, ia juga pernah dinobatkan sebagai top skor Premier League musim 2018/2019 dengan catatan 22 gol. Striker berusia 31 tahun tersebut masih memiliki masa bakti dengan Arsenal hingga Juni 2023.

5. Bruno Escuele Manga 

5 Pemain Berdarah Gabon yang Pernah Berkarier di Premier Leagueskysports.com

Bruno Escuele Manga menjadi pemain Gabon terakhir yang pernah berkiprah di Premier League. Klub Premier League yang dibelanya adalah Cardiff City. Sejatinya, ia telah berseragam Cardiff sejak musim 2014/2015 setelah dipinang dari FC Lorient. 

Namun, Bruno hanya tampil di Premier League pada musim 2018/2019 setelah timnya memastikan diri promosi. Ia tampil penuh dalam satu musim kala itu, yakni dalam 38 laga sebagai seorang bek tengah. Bek berusia 32 tahun tersebut lalu hengkang ke Dijon pada musim 2019/2020 dan masih bertahan hingga kini.

 

Itulah lima pemain berdarah Gabon yang pernah berkarier di Premier League. Kira-kira, siapa pemain Gabon selanjutnya setelah mereka?

Baca Juga: Aubameyang Moncer, Ini 5 Pemain Termahal Asal Gabon di Klub Eropa

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya