Comscore Tracker

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italia

Yuto Nagatomo memimpin, nih

Jepang merupakan salah satu negara Asia dengan kualitas sepak bola yang unggul. Hal tersebut dibuktikan dengan mereka saat ini menyandang sebagai negara Asia dengan ranking FIFA terbaik. Negeri Sakura mempunyai segudang pemain top yang dikenal lincah dan energik.

Para pemain asal Jepang tak hanya berkarier di negaranya sendiri. Melainkan juga mampu bersaing di liga top Eropa, salah satunya Serie A Italia. Dalam sejarah, terdapat beberapa pemain dari Negeri Matahari Terbit yang pernah berkiprah di Serie A Italia. Yuto Nagatomo dan Keisuke Honda menjadi dua nama yang paling tenar. Lalu, siapa sajakah pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia?

1. Yuto Nagatomo - 186 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italiainter.it

Yuto Nagatomo menjadi pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia. Pemain berposisi bek kiri tersebut sukses mentas dalam 186 laga bersama Cesena dan Inter Milan. Ia memulai kiprahnya di Serie A dengan bergabung bersama Cesena di musim 2010/11. Semusim berselang, ia dipinang oleh Inter Milan.

Bersama Inter namanya kemudian melambung berkat performa apiknya. Dari 186 yang dijalani, ia sukses mencetak 9 gol dan 15 assist. Ia pernah merasakan meraih satu gelar Coppa Italia. Bek berusia 34 tahun tersebut berpisah dengan Inter di musim 2018/19 usai hijrah ke Galatasaray. Sejak musim 2020/21, Nagatomo bermain untuk Marseille.

2. Hidetoshi Nakata - 182 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italiascmp.com

Pemain Jepang kedua dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia adalah Hidetoshi Nakata. Ia sukses menciptakan 182 penampilan bersama Perugia, AS Roma, Parma, Bologna, dan Fiorentina. Pemain berposisi gelandang serang tersebut mengawali kariernya di Serie A dengan bergabung bersama Perugia di musim 1998/99. 

Semusim berselang ia hijrah ke AS Roma. Bersama klub ibukota Italia tersebut kiprahnya juga bertahan selama semusim. Lalu, Nakata membela klub Serie A lainnya, yakni Parma, Bologna, dan Fiorentina dari musim 2001/02 - 2005/06. Dari 182 yang dilakoni, ia mampu menciptakan 24 gol dan 9 assist. Ia juga berhasil merengkuh 1 gelar Serie A dan 1 gelar Coppa Italia. Nakata memutuskan pensiun pada Juli 2006.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

3. Takayuki Morimoto - 104 penampilan 

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italiacatania46.net

Selanjutnya terdapat sosok Takayuki Morimoto, pemain Jepang berposisi striker. Ia berhasil menorehkan 104 penampilan di Serie A bersama Catania dan Novara. Ia memperkuat Catania dalam beberapa periode, yakni di musim 2006/07, 2007/08 - 2010/11, dan 2012/13.

Sedangkan ia membela Novara di musim 2011/12. Dari 104 yang telah dimainkannya, Morimoto sukses mengemas 19 gol dan 9 assist. Sayangnya, tak ada gelar yang diraihnya selama berkarier di Italia. Striker berusia 32 tahun tersebut saat ini mengabdi untuk klub Yunani, AEP Kozanis.

4. Keisuke Honda - 81 penampilan 

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italiableacherreport.com

Di antara pemain Jepang yang pernah berkarier di Serie A, Keisuke Honda menjadi nama yang paling populer. Ia berhasil mencuri panggung saat memperkuat AC Milan. Pemain berposisi gelandang serang tersebut bergabung dengan Rosonerri di pertengahan musim 2013/14.

Honda mengabdi selama tiga setengah musim di San Siro. Ia menorehkan 81 penampilan dengan menciptakan 9 gol dan 12 assist. Satu-satunya gelar yang pernah ditorehkannya adalah gelar Piala Super Italia. Ia berpisah dengan Milan di musim 2017/18 dan saat ini berkarier bersama tim Brasil, Botafogo.

5. Shunsuke Nakamura - 80 penampilan

5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Serie A Italiacalciopedia.com.br

Shunsuke Nakamura melengkapi lima besar sebagai pemain Jepang dengan penampilan terbanyak di Serie A Italia. Pemain berposisi gelandang serang tersebut mencatatkan 80 penampilan bersama Reggina. Ia merapat ke skuad Reggina pada musim 2002/03. 

Nakamura menghabiskan waktu selama tiga musim bersama Reggina. Namun, tak ada prestasi yang berhasil ditorehkannya. Hanya saja ia mampu mengoleksi 11 gol dan 3 assist dari 80 laga yang dijalaninya. Gelandang berusia 42 tahun tersebut saat ini aktif membela Yokohama FC.

Saat ini terdapat sosok Takehiro Tomiyasu yang menjadi satu-satunya pemain Jepang yang masih aktif berkarier di Serie A, yakni bersama Bologna. Akankah ia mampu menyusul catatan penampilan dari para pemain Jepang sebelumnya?

Baca Juga: 5 Pemain Jepang dengan Penampilan Terbanyak di Bundesliga

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya