Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier League

Thiago Alcantara termahal?

Bayern Munchen baru saja kehilangan salah satu pemain terbaiknya. Pemain yang dimaksud adalah Thiago Alcantara yang direkrut oleh klub besar Premier League, Liverpool. Pemain berposisi gelandang tersebut dibanderol senilai 30 juta euro. 

Harga setinggi itu menjadikan Thiago masuk jajaran pemain termahal yang pernah dijual Bayern Munchen. Sebelum Thiago, Munchen juga pernah menjual pemainnya ke klub Premier League. Lantas, siapa sajakah pemain termahal yang dijual Bayern Munchen ke klub Premier League?

1. Thiago ke Liverpool - 30 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier Leaguetwitter.com/LFC

Thiago Alcantara menjadi pemain termahal yang pernah dijual Bayern Munchen ke klub Premier League. Banderol senilai 30 juta euro yang dibayarkan Liverpool sukses melewati catatan transfer pemain sebelumnya. Thiago sendiri menjadi pemain pertama yang hengkang dari Munchen di musim 2020/21.

Gelandang tengah asal Spanyol tersebut merapat di skuad Bayern Munchen di musim 2013/14. Waktu itu, Munchen membajaknya dari Barcelona dengan banderol 25 juta euro. Selama tujuh musim bersama Munchen, Thiago pernah meraih 1 gelar Liga Champions, 7 gelar Bundesliga, 4 gelar DFB Pokal, dan beberapa gelar lainnya.

2. Owen Hargreaves ke Manchester United - 25 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier Leagueskysports.com

Jauh sebelum transfer Thiago terjadi, rekor penjualan pemain termahal Bayern Munchen ke klub Premier League dipegang oleh Owen Hargreaves. Ia dilepas ke Manchester United dengan banderol 25 juta euro. Transfer pemain berposisi gelandang bertahan tersebut terjadi di musim 2007/08. 

Hargreaves merupakan salah satu pemain binaan Bayern Munchen junior. Ia berhasil promosi ke tim senior Munchen di musim 2000/01. Sama halnya dengan Thiago, Hargreaves juga membela Munchen selama tujuh musim. Ia sukses mencicipi 1 gelar Liga Champions, 4 gelar Bundesliga, dan beberapa gelar lainnya. Karier pemain asal Inggris tersebut berakhir pada Juli 2012.

3. Pierre-Emile Hojbjerg ke Southampton - 15 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier Leagueskysports.com

Pemain termahal ke-tiga yang dijual Bayern Munchen ke klub Premier League adalah Pierre-Emile Hojbjerg. Ia dijual ke Southampton di musim 2016/17. Munchen menerima kucuran dana sebesar 15 juta euro dari Southampton. 

Hojbjerg sendiri bergabung di skuad Bayern Munchen di musim 2012/13 usai direkrut secara gratis dari klub Denmark, Brondby IF. Selama berseragam Munchen, ia sempat dipinjamkan ke Augsburg dan Schalke. Pemain berusia 25 tahun tersebut, pernah mencicipi 4 gelar Bundesliga, 3 gelar DFB Pokal, dan 1 gelar Piala Dunia Antarklub.

Baca Juga: 8 Pemain Spanyol Termahal yang Hijrah dari LaLiga, Bernilai Fantastis!

4. Bastian Schweinsteiger ke Manchester United - 9 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier Leagueskysports.com

Pemain termahal selanjutnya yang dijual Bayern Munchen ke klub Premier League adalah Bastian Schweinsteiger. Ia dilepas ke Manchester United di musim 2015/16. Gelandang tengah asal Jerman tersebut ditebus oleh United dengan harga 9 juta euro.

Schweinsteiger merupakan produk akademi Munchen yang sukses menjadi legenda Die Roten. Ia bergabung di skuad senior Munchen di musim 2002/03. Selama 13 musim mengabdi di Allianz Arena, ia sukses merengkuh 8 gelar Bundesliga, 7 gelar DFB Pokal, 1 gelar Liga Champions, dan berbagai gelar lainnya.

5. Dietmar Hamann ke Newcastle United - 7,5 juta euro

5 Pemain Termahal yang Dijual Bayern Munchen ke Klub Premier Leaguenufc.co.uk

Dieter Hamann menjadi pemain termahal ke-lima yang dijual Bayern Munchen ke klub Premier League. Ia dijual ke Newcastle United di musim 1998/99. Kala itu, The Magpies harus mengeluarkan dana sebesar 7,5 juta euro kepada Munchen. 

Sama halnya dengan Schweinsteiger, Hamann juga menjadi salah satu lulusan akademi Munchen. Ia merapat di skuad senior The Bayern di musim 1993/94. Dalam kurun waktu lima musim bersama Munchen, pemain berposisi gelandang bertahan tersebut berhasil menorehkan 2 gelar Bundesliga, 1 gelar DFB Pokal, 2 gelar German League Cup, dan 1 gelar Europa League.

Itulah 5 pemain termahal yang pernah dijual Bayern Munchen ke klub Premier League. Siapakah pemain lain yang akan menyusul?

Baca Juga: 5 Pemain Ini Raih 2 Kali Treble Winner Bersama Bayern Munchen, Hebat!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya