Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhir

Dari Vanden Borre hingga Eden Hazard

Belgia menjadi negara dengan ranking FIFA teratas saat ini. Kekuatan sepak bola di negara tersebut mengalami kemajuan yang begitu pesat dalam dua dekade terakhir. Meski belum pernah meraih satu gelar pun di pentas Eropa maupun dunia, tetapi secara perlahan Belgia mampu menjelma menjadi tim menakutkan di era saat ini. 

Prestasi terbaik sang setan merah Eropa terjadi saat finish di posisi tiga ajang Piala Dunia 2018. Persaingan untuk bisa menembus skuad utama di timnas Belgia begitu ketat seiring dengan lahirnya para bintang top dari negara tersebut. Namun, di balik ketatnya persaingan, terdapat beberapa pemain yang sukses tampil debut di usia yang masih sangat muda. Lantas, siapa sajakah pemain termuda yang debut bersama timnas Belgia dalam dua dekade terakhir? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Anthony Vanden Borre

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhirskysports.com

Anthony Vanden Borre menjadi pemain termuda yang debut di timnas Belgia dalam dua dekade terakhir. Ia merupakan seorang pemain berposisi bek kanan. Ia debut pada usia 16 tahun 6 bulan 4 hari. Saat itu, Belgia berhadapan dengan Turki dalam laga persahabatan, 28 April 2004.

Secara keseluruhan, Vanden Borre telah tampil dalam 29 laga bersama timnas Belgia dengan mengemas 1 gol dan 1 assist. Saat ini, ia tak lagi dipanggil timnas akibat kalah saing dengan pemain lain. Di level klub, bek berusia 32 tahun tersebut masih aktif membela salah satu klub besar Belgia, RSC Anderlecht.

2. Romelu Lukaku

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhirexpress.co.uk

Debutan termuda ke-dua di timnas Belgia dalam dua dekade terakhir adalah Romelu Lukaku. Ia berhasil mencatatkan debut di usia 16 tahun 9 bulan 18 hari. Catatan tersebut terjadi saat Belgia bersua Kroasia dalam laga persahabatan, 3 Maret 2010.

Striker milik Inter tersebut, saat ini masih dipercaya tampil di skuad utama timnas Belgia. Tercatat, Lukaku telah menorehkan 85 caps dengan mencetak 52 gol dan 13 assist. Prestasi terbaiknya di level timnas adalah mengantar Belgia finish di posisi tiga Piala Dunia 2018. 

3. Zakaria Bakkali

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhirskysports.com

Selanjutnya terdapat nama Zakaria Bakkali, pemain berposisi winger kiri. Ia sukses menjalani laga debut bersama timnas Belgia di usia 17 tahun 8 bulan 19 hari. Kala itu, Belgia tengah menjamu Wales dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2014, 15 Oktober 2013.

Sayangnya, kiprah Bakkali di level timnas tak cukup mengesankan. Pemain berusia 24 tahun tersebut tercatat hanya menorehkan 2 caps bersama timnas Belgia. Banyaknya pemain bintang yang dimiliki Belgia membuat ia tak mampu bersaing. Di level klub, Bakkali masih aktif membela RSC Anderlecht. 

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!

4. Vincent Kompany

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhirmarca.com

Bek tengah legendaris, Vincent Kompany, juga menjadi salah satu debutan termuda. Ia tampil perdana bersama timnas Belgia di usia 17 tahun 10 bulan 8 hari. Waktu itu, Belgia berjumpa dengan Prancis dalam laga persahabatan, 18 Februari 2004. 

Sepanjang kariernya, Kompany aktif membela timnas Belgia dalam 89 laga dengan mencetak 4 gol dan 5 assist. Ia juga turut berperan saat Belgia finish di posisi tiga Piala Dunia 2018. Sang legenda memutuskan pensiun pada 17 Agustus 2020 di usia 34 tahun. Saat ini ia menjabat sebagai pelatih RSC Anderlecht. 

5. Eden Hazard

5 Pemain Termuda yang Debut di Timnas Belgia dalam Dua Dekade Terakhir90min.com

Eden Hazard melengkapi lima besar sebagai debutan termuda di timnas Belgia dalam dua dekade terakhir. Ia sukses tampil debut di usia 17 tahun 10 bulan 12 hari. Momen tersebut terjadi saat Belgia berhadapan dengan Luxembourg dalam laga persahabatan, 19 November 2008. 

Hingga saat ini, Hazard masih menjadi andalan timnas Belgia bahkan dipercaya sebagai kapten tim. Winger kiri milik Real Madrid tersebut, total telah mencatatkan 106 caps dengan mengoleksi 32 gol dan 33 assist. Ia juga bersama Lukaku dan Kompany saat Belgia duduk di posisi tiga Piala Dunia 2018. 

Belgia tampaknya tak akan pernah kehabisan talenta. Kira-kira, siapa pemain lain yang mampu melewati capaian kelima pemain di atas?

Baca Juga: 8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya