Comscore Tracker

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!

Bagaimana kiprah eks AC Milan di PSG?

Menyambut musim 2021/2022, Paris Saint-Germain berusaha mempersolid skuat dengan merekrut pemain baru. Setelah sukses memboyong Georginio Wijnaldum, Achraf Hakimi, dan Sergio Ramos, kini giliran Gianluigi Donnarumma yang datang ke Parc des Princes.

Kiper top Italia tersebut dibajak dari AC Milan dengan status bebas transfer. Sebelum Donnarumma, PSG juga sudah beberapa kali mendatangkan pemain dari AC Milan. Tak usah panjang lebar, berikut kami sajikan 6 pemain yang pernah direkrut PSG dari AC Milan termasuk Donnarumma.

1. Ray Wilkins

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Ray Wilkins (kanan) saat membela Paris Saint-Germain (mirror.co.uk)

Ray Wilkins menjadi nama pertama yang pernah direkrut PSG dari AC Milan. Momen tersebut terjadi pada musim 1987/1988. Wilkins memutuskan hijrah ke PSG setelah membela AC Milan selama tiga musim. Ia bermain untuk Rossoneri dalam 105 laga di semua ajang dengan catatan 3 gol dan 16 assist.

Bersama PSG, kiprah gelandang tengah asal Inggris ini sangat singkat yakni hanya setengah musim. Wilkins hanya merumput dalam 10 laga di Ligue 1 tanpa menyumbang gol atau assist. Baik bersama AC Milan maupun PSG, ia gagal meraih gelar. Wilkins sudah pensiun sejak Juli 1997 dan meninggal dunia pada April 2018.

2. Marco Simone

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Marco Simone di Paris Saint-Germain (twitter.com/PSG_English)

Marco Simone merupakan seorang striker keturunan Italia. Ia memperkuat AC Milan sejak musim 1989/1990. Kiprahnya di San Siro berjalan selama sembilan musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia tampil dalam 245 laga di semua ajang dengan mencetak 74 gol dan 36 assist. Simone berhasil meraih 2 gelar Liga Champions, 4 gelar Serie A, dan 3 gelar UEFA Super Cup, 2 gelar Intercontinental Cup, dan 2 gelar Supercoppa Italia.

Pada musim 1997/1998, PSG kemudian mendatangkan Simone dari AC Milan. Ia terikat kontrak di Parc des Princes selama dua musim. Simone sangat diandalkan sebagai penyerang utama PSG. Ia melakoni 80 laga di semua kompetisi dengan menorehkan 32 gol dan 1 assist. Ia juga mencicipi 1 gelar French Cup, 1 gelar French League Cup, dan 1 gelar French Super Cup. Simone sudah gantung sepatu pada Maret 2006.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Real Madrid yang Kini Membela Paris Saint-Germain

3. Vikash Dhorasoo

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Vikash Dhorasoo saat bergabung dengan Paris Saint-Germain pada tahun 2005 (paris-supporters.fr)

Selanjutnya ada sosok Vikash Dhorasoo, pemain asal Prancis yang berposisi gelandang tengah. Ia didatangkan PSG dari AC Milan pada musim 2005/2006. Dhorasoo sendiri telah mengabdi untuk AC Milan selama satu musim. Ia tercatat menjalani 20 laga di semua ajang dengan mengemas 2 assist. Ia merengkuh 1 gelar Supercoppa Italia.

Sama halnya di AC Milan, Dhorasoo juga hanya menghabiskan waktu selama satu musim bersama PSG. Ia diandalkan dalam 43 laga di semua gelaran dengan torehan 1 gol dan 6 assist. Ia mengantongi 1 gelar French Cup. Dhorasoo telah menepi dari lapangan hijau sejak Januari 2008.

4. Thiago Silva

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Thiago Silva di Paris Saint-Germain (skysports.com)

Sosok Thiago Silva tentu sudah familier sebagai salah satu bek tengah terbaik di dunia. Ia pernah membela AC Milan sejak pertengahan musim 2008/2009 hingga musim 2011/2012. Ia dipercaya tampil dalam 119 laga di semua kompetisi dengan mengemas 6 gol dan 2 assist. Silva juga membantu AC Milan meraih 1 gelar Serie A dan 1 gelar Supercoppa Italia.

Bek berdarah Brasil tersebut lalu hijrah ke PSG pada musim 2012/2013. Waktu itu, ia ditebus dengan banderol €42 juta atau Rp718 miliar. Silva mengabdi selama delapan musim di Parc des Princes. Ia bermain dalam 315 laga di semua ajang dengan membukukan 17 gol dan 5 assist. Ia sukses meraih 7 gelar Ligue 1, 5 gelar French Cup, 6 gelar French League Cup, dan 7 gelar French Super Cup. 

Di usianya yang menginjak 36 tahun, Silva memulai petualangan baru bersama Chelsea sejak musim 2020/2021. Ia masih terikat kontrak dengan The Blues hingga Juni 2022.

5. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Zlatan Ibrahimovic saat berseragam Paris Saint-Germain (skysports.com)

Zlatan Ibrahimovic juga menjadi salah satu pemain yang pernah direkrut PSG dari AC Milan. Kesepakatan tersebut terjadi pada musim 2012/2013. Ia memutuskan pindah setelah membela AC Milan selama dua musim. Dalam kurun waktu tersebut, ia diandalkan Rossoneri dalam 85 laga di semua ajang dengan mengoleksi 56 gol dan 24 assist. Ibrahimovic juga merengkuh 1 gelar Serie A dan 1 gelar Supercoppa Italia.

Karier Ibrahimovic bersama PSG berjalan selama empat musim. Striker asal Swedia ini tampil dalam 180 laga di semua kompetisi dengan menorehkan 156 gol dan 60 assist. Ia berhasil meraih 4 gelar Ligue 1, 2 gelar French Cup, 3 gelar French League Cup, dan 4 gelar French Super Cup. Bahkan, Ibrahimovic juga pernah menjadi top skor Ligue 1 sebanyak tiga kali. 

Sejak pertengahan musim 2019/2020, striker yang kini berusia 39 tahun tersebut kembali berseragam AC Milan setelah sebelumnya membela Manchester United dan LA Galaxy. Ibrahimovic masih memiliki kontrak dengan AC Milan hingga Juni 2022.

6. Gianluigi Donnarumma

6 Pemain yang Pernah Direkrut PSG dari AC Milan, Donnarumma Terbaru!Gianluigi Donnarumma baru saja bergabung dengan Paris Saint-Germain (sempremilan.com)

Gianluigi Donnarumma menjadi nama terbaru yang didatangkan PSG dari AC Milan. Ia merupakan lulusan akademi AC Milan yang promosi ke tim utama pada musim 2015/2016. Secara keseluruhan, ia merumput dalam 251 laga di semua kompetisi dengan menciptakan 88 clean sheet. Donnarumma juga meraih 1 gelar Supercoppa Italia.

Kini, kiper yang masih berusia 22 tahun tersebut bakal memulai tantangan baru di Parc des Princes. PSG pastinya untung besar karena mendapatkan Donnarumma secara cuma-cuma. Terlebih kualitasnya begitu luar biasa pasca mengantar Italia meraih gelar Piala Eropa 2020. Donnarumma menandatangani kontrak di PSG hingga Juni 2026.

Itulah 6 pemain yang pernah didatangkan Paris Saint-Germain dari AC Milan. Kira-kira siapa pemain selanjutnya yang bakal menyusul Gianluigi Donnarumma?

Baca Juga: 5 Kiper dengan Penampilan Terbanyak Bersama AC Milan, Ada Donnarumma!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya