7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!

Sadio Mane hingga Ismaila Sarr

Senegal sukses menahbiskan diri sebagai juara Piala Afrika 2021. Kesuksesan itu didapat setelah mereka memenangi duel ketat melawan Mesir pada babak final. Senegal memenangi laga final di Paul Biya Stadium melalui adu penalti dengan skor 4-2.

Bagi Senegal, hasil ini terasa istimewa mengingat ini pertama kalinya mereka merengkuh trofi Piala Afrika. Mereka juga sukses membayar lunas kekalahan mereka pada final Piala Afrika 2019. Kala itu, tim berjuluk Singa Teranga ini harus takluk dari Aljazair dengan skor 0-1.

Pencapaian Senegal di Piala Afrika 2021 tak lepas dari hasil kerja keras tim, khususnya para pencetak gol. Tercatat ada tujuh pemain yang menyumbang gol untuk Senegal di Piala Afrika 2021.

1. Sadio Mane (3 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Sadio Mane (instagram.com/caf_online)

Sadio Mane menjadi penyumbang gol terbanyak Senegal di Piala Afrika 2021. Ia total mengoleksi 3 gol dari 7 laga yang dijalani. Peran Mane benar-benar begitu dominan dalam memotori serangan tim.

Gol pertama Mane tercipta saat berjumpa Zimbabwe pada fase grup. Tajinya kembali terlihat saat bertemu Cape Verde pada babak 16 besar dan Burkina Faso di semifinal. Selain mencetak gol, winger berusia 29 tahun ini juga menorehkan dua assist.

2. Abdou Diallo (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Abdou Diallo (instagram.com/abdou.lakhad.diallo)

Abdou Diallo merupakan bek tengah andalan Senegal. Posisinya tak tergantikan hingga sukses menciptakan lima cleansheet. Tak hanya kokoh di lini belakang, ia juga mampu berkontribusi dalam mencetak gol.

Dari tujuh laga yang dilakoni, bek berumur 25 tahun ini berhasil mengemas satu gol. Gol yang dimaksud terjadi saat bertarung melawan Burkina Faso pada babak semifinal.

3. Cheikhou Kouyate (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Cheikhou Kouyate (instagram.com/roilionpapis8)

Berikutnya, ada pemain yang beroperasi di posisi gelandang, Cheikhou Kouyate. Sepanjang turnamen, ia dipercaya tampil dalam enam laga. Kadang sebagai gelandang tengah dan kadang sebagai gelandang bertahan. Kendati begitu, peran Kouyate sama baiknya dalam dua posisi tersebut.

Selain dominan di area tengah lapangan, Kouyate juga kerap membantu serangan dengan masuk ke pertahanan lawan. Tak ayal, ia mampu menyumbang satu gol untuk Senegal. Gol dari gelandang berusia 32 tahun ini tercipta saat berjumpa Guinea Ekuatorial pada babak perempat final.

Baca Juga: Senegal Juara Piala Afrika 2021, Ini 3 Fakta Menariknya

4. Idrissa Gueye (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Idrissa Gueye (instagram.com/iganagueye)

Idrissa Gueye menjadi rekan Cheikhou Kouyate di lini tengah Senegal. Posisinya tak tergeser dalam enam laga sebagai seorang gelandang tengah. Gueye hanya absen dalam satu laga akibat terpapar COVID-19.

Gelandang berusia 32 tahun ini tampil impresif dalam mengatur ritme permainan tim. Gueye juga berhasil menyarangkan satu gol ke gawang Burkina Faso pada babak semifinal.

5. Famara Diedhiou (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Famara Diedhiou (euronewssource.com)

Famara Diedhiou merupakan seorang striker berusia 29 tahun. Ia sempat kehilangan menit bermain dalam dua laga awal fase grup akibat terkena COVID-19. Untungnya, ia masih bisa berjuang untuk Senegal dalam lima laga lainnya.

Diedhiou tercatat sukses mengoleksi satu gol saat melawan Guinea Ekuatorial pada babak perempat final. Selain itu, ia juga berandil atas terciptanya gol Senegal lainnya dengan memberi satu assist.

6. Bamba Dieng (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!Bamba Dieng (instagram.com/dieng_ahmadou_bamba)

Bamba Dieng menjadi penyerang berusia muda yang dibawa Senegal di Piala Afrika 2021. Ia berhasil mencetak satu 1 dari 5 laga yang dimainkan. Sama halnya dengan Famara Diedhiou, Bamba Dieng juga tak bisa bermain pada dua laga awal akibat terjangkit COVID-19.

Satu-satunya gol yang diciptakan oleh penyerang berusia 21 tahun ini terjadi kala bertarung melawan Cape Verde pada babak 16 besar. Mengingat usianya yang masih muda, Bamba Dieng tentu bisa menjadi harapan besar Senegal pada masa depan.

7. Ismaila Sarr (1 gol)

7 Pencetak Gol Senegal di Piala Afrika 2021, Aktor Kesuksesan!potret Ismaila Sarr (skysports.com)

Meski tak bisa bermain pada empat laga awal akibat cedera, Ismaila Sarr juga tetap bisa mencetak gol. Ia tak mau kalah dengan penyerang-penyerang Senegal lainnya. Satu gol berhasil diciptakan dalam tiga laga yang dijalani.

Winger yang masih berusia 23 tahun ini sukses menjebol jala gawang Guinea Ekuatorial pada babak perempat final. Sarr juga tercatat mengemas satu assist. Bersama Bamba Dieng, ia berpotensi menjadi bintang Senegal kemudian hari mengingat usianya yang masih muda.

Ketujuh pemain di atas menjadi aktor kesuksesan Senegal dalam meraih gelar juara. Kendati begitu, kontribusi pemain lainnya juga tak boleh dilupakan begitu saja. Siapa nih, pemain Senegal favoritmu di Piala Afrika 2021?

Baca Juga: 5 Negara yang Paling Sering Masuk Final Piala Afrika, Tak Ada Senegal!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya