Comscore Tracker

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell Malen

Donyell Malen baru saja dilepas PSV Eindhoven

PSV Eindhoven merupakan salah satu tim besar dan sukses di Eredivisie Belanda. Mereka juga kerap berkompetisi di kancah Eropa. Tak hanya itu, PSV juga dikenal sebagai tim yang sering melahirkan pemain berkualitas. Para pemain tersebut menjadi langganan transfer tim-tim elite Eropa.

Di bursa transfer musim panas 2021/2022 ini, ada Donyell Malen, striker muda asal Belanda yang dilepas PSV Eindhoven ke ke Borussia Dortmund. Nilai transfer pemain berusia 22 tahun tersebut tergolong tinggi dan masuk jajaran teratas penjualan termahal klub.

Lalu, seberapa besar nominal transfer Donyell Malen dan siapa saja pemain PSV Eindhoven lainnya yang dilepas dengan banderol termahal sepanjang sejarah klub? Check this out!

1. Hirving Lozano

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell MalenHirving Lozano (skysports.com)

Hirving Lozano menjadi pemain yang memegang rekor penjualan termahal PSV Eindhoven. Pemain yang berposisi winger kanan tersebut dilepas ke Napoli pada musim 2019/2020 dengan banderol 35 juta euro atau Rp598 miliar. 

Lozano sendiri bergabung dengan PSV Eindhoven di musim 2017/2018 usai direkrut dari CF Pachuca dengan banderol 12,5 juta euro atau Rp213 miliar. Ia diandalkan PSV dalam 79 laga di semua ajang dengan mengoleksi 40 gol dan 23 assist. Pemain Meksiko berusia 25 tahun ini masih terikat kontrak dengan Napoli hingga Juni 2024.

2. Memphis Depay

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell MalenMemphis Depay (skysports.com)

Memphis Depay merupakan pemain asli Belanda jebolan akademi PSV Eindhoven. Ia promosi ke tim utama pada Januari 2012. Ia begitu diandalkan sebagai seorang striker. Depay tercatat tampil dalam 124 laga di semua kompetisi bersama PSV dengan menciptakan 50 gol dan 29 assist.

Penampilan apik Depay sukses memikat Manchester United. Ia lalu diboyong klub raksasa Premier League tersebut pada musim 2015/2016 dengan harga 34 juta euro atau Rp581 miliar. Namun, kiprahnya di Old Trafford hanya bertahan selama satu setengah musim. Striker berusia 27 tahun ini kemudian dijual ke Lyon sebelum akhirnya berseragam Barcelona.

Baca Juga: Sesumbar Memphis Depay Usai Tiba di Barcelona

3. Steven Bergwijn

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell MalenSteven Bergwijn (skysports.com)

Steven Bergwijn merupakan seorang winger kiri keturunan Belanda. Ia berpisah dengan PSV Eindhoven pada Januari 2020 dan merapat ke klub Premier League, Tottenham Hotspur. PSV menerima dana sebesar 30 juta euro atau Rp512 miliar.

Winger berusia 23 tahun ini merupakan pemain lulusan akademi PSV Eindhoven. Ia berada di tim utama sejak musim 2015/2016. Bergwijn diandalkan PSV dalam 149 laga di semua ajang dengan mencetak 31 gol dan 41 assist. Ia terikat kontrak dengan Spurs hingga Juni 2025.

4. Donyell Malen

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell MalenDonyell Malen (skysports.com)

Nama terbaru yang dilepas PSV Eindhoven, Donyell Malen, menempati posisi empat. Ia dipinang Borussia Dortmund dengan mahar 30 juta euro atau Rp512 miliar. Striker Belanda berusia 22 tahun ini menandatangani kontrak hingga Juni 2026.

Donyell Malen didatangkan PSV dari Arsenal U-23 pada musim 2017/2018 hanya dengan harga 600 ribu euro atau Rp10 miliar. Di musim perdananya, ia bermain untuk PSV U-21. Malen baru promosi ke tim utama di musim berikutnya. Bersama tim utama, ia melakoni 116 laga di semua ajang dengan mengoleksi 55 gol dan 24 assist.

5. Ruud van Nistelrooy

5 Penjualan Pemain Termahal PSV Eindhoven, Ada Donyell MalenRuud van Nistelrooy (eurosport.com)

Ruud van Nistelrooy merupakan striker legendaris Belanda. Ia pernah memperkuat PSV Eindhoven sejak musim 1998/1999 hingga 2000/2001. PSV mendapatkan tanda tangan van Nistelrooy dari SC Heerenveen dengan biaya transfer 7 juta euro atau Rp119 miliar. Ia total bermain dalam 90 laga di semua ajang dengan mengemas 77 gol dan 20 assist.

Manchester United lalu kepincut dengan bakat hebat Ruud van Nistelrooy. The Red Devils merekrutnya pada musim 2001/2002. PSV Eindhoven mendapat kucuran dana sebesar 28,5 juta euro atau Rp487 miliar. Kiprahnya di Old Trafford berjalan selama lima musim. Ia lalu hijrah ke Real Madrid dan sempat juga membela dua tim lainnya sebelum akhirnya pensiun pada Juli 2012.

Di masa yang akan datang tentu sangat mungkin bila PSV Eindhoven melahirkan pemain bintang baru dan melepasnya dengan harga yang lebih tinggi. Kira-kira, siapa nama selanjutnya setelah Donyell Malen?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela PSV Eindhoven, Ada Robben!

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya