Comscore Tracker

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropa

Pentas UCL bak liga tarkam!

Barcelona beberapa hari yang lalu mengalami kekalahan memalukan di ajang Liga Champions Eropa. El Barca dihajar habis-habisan oleh Bayern Munchen dengan skor 8-2 di babak 8 besar Liga Champions Eropa musim 2019/2020. Hal itu membuat The Bayern melenggang dengan mudah ke babak semifinal dan mengubur mimpi Barca untuk bisa juara di musim ini.

Dalam sejarah, laga lainnya dengan suguhan banyak gol juga pernah terjadi di pentas Liga Champions Eropa. Tentunya momen tersebut menjadi hiburan tersendiri bagi penggemar, tetapi begitu memalukan bagi tim yang mengalami kekalahan. Tak usah berlama-lama lagi, berikut 7 pertandingan dengan skor tertinggi dalam sejarah Liga Champions Eropa. 

1. Borussia Dortmund 8 vs 4 Legia Warszawa (2016)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropamirror.co.uk

Pertandingan dengan skor tertinggi di Liga Champions Eropa terjadi di musim 2016/2017. Kala itu Borussia Dortmund melakoni laga melawan Legia Warszawa dalam babak penyisihan grup F, di Signal Iduna Park, 22 November 2016. Laga tersebut menyuguhkan 12 gol dengan skor akhir 8-4 untuk kemenangan Borussia Dortmund.

Gol kemenangan Dortmund diciptakan oleh Shinji Kagawa (2 gol), Marco Reus (2 gol), Nuri Sahin, Ousmane Dembele, Felix Passlack, dan gol bunuh diri dari Jakub Rzeźniczak. Sedangkan gol Legia Warszawa dicetak oleh Aleksandar Prijović (2 gol), Michał Kucharczyk, dan Nemanja Nikolić.

2. AS Monaco 8 vs 3 Deportivo La Coruna (2003)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropa90min.com

Selanjutnya terdapat laga AS Monaco kontra Deportivo La Coruna yang menyajikan 11 gol. Pertandingan tersebut terjadi dalam babak penyisihan grup C Liga Champions Eropa musim 2003/2004, di Stade Louis II, 5 November 2003. AS Monaco memenangkan laga tersebut dengan skor 8-3.

Gol-gol AS Monaco diciptakan oleh Dado Pršo (4 gol), Jérôme Rothen, Ludovic Giuly, Jaroslav Plašil, dan Édouard Cissé. Sementara gol hiburan Deportivo La Coruna dilesatkan oleh Diego Tristán (2 gol) dan Lionel Scaloni.

3. Bayern Munchen 8 vs 2 Barcelona (2020)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropauefa.com

Laga Bayern Munchen menghadapi Barcelona dengan drama 10 gol menduduki posisi tiga di daftar ini. Pertandingan tersebut terjadi dalam babak 8 besar Liga Champions Eropa musim 2019/2020, di Estádio do Sport Lisboa e Benfica, 15 Agustus 2020 . Sempat diprediksi akan berjalan alot, namun Munchen dengan superior mampu menaklukan El Barca dengan skor telak 8-2.

Gol kemenangan Bayern Munchen dicetak oleh Thomas Muller (2 gol), Phillippe Coutinho (2 gol), Ivan Perisic, Serge Gnabry, Joshua Kimmich, dan Robert Lewandowski. Sedangkan gol pelipur lara Barca disarangkan oleh Luis Suarez dan gol bunuh diri dari David Alaba.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memenangi Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia

4. Paris Saint-Germain 7 vs 2 Rosenborg (2000)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropatwitter.com/OptaJean

PSG juga pernah berpesta gol di pentas Liga Champions Eropa. Tepatnya saat berjibaku kontra Rosenborg dalam babak penyisihan grup F Liga Champions Eropa musim 2000/2001, di Parc des Princes, 20 Oktober 2000. Laga tersebut menyuguhkan 9 gol dengan skor akhir 7-2 untuk kemenangan PSG.

Pahlawan di balik kemenangan PSG di antaranya, Nicolas Anelka (2 gol), Frédéric Déhu, Christian, Peter Luccin, Laurent Leroy, dan Laurent Robert. Sementara itu, Christer George menjadi pencetak 2 gol Rosenborg.

5. Lyon 7 vs 2 Werder Bremen (2005)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropableacherreport.com

Selain PSG, wakil Prancis lainnya, yakni Lyon juga pernah membantai lawannya di pertandingan Liga Champions Eropa. Momen tersebut terjadi saat Lyon berjumpa Werder Bremen dalam babak 16 besar Liga Champions Eropa musim 2004/2005 leg kedua, di Stade de Gerland, 8 Maret 2005. Laga tersebut menyajikan drama 9 gol dengan skor akhir 7-2 untuk kemenangan Lyon.

Bintang kemenangan Lyon di laga itu adalah Michael Essien (2 gol), Sylvain Wiltord (2 gol), Florent Malouda, dan Jeremy Berthod. Sedangkan 2 gol hiburan Werder Bremen dicetak oleh Johan Micoud dan Valerien Ismael.

6. Tottenham Hotspur 2 vs 7 Bayern Munchen (2019)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropastandard.co.uk

Sebelum Barcelona, Bayern Munchen telah terlebih dahulu menghancurkan Tottenham Hotspur di Liga Champions Eropa musim 2019/2020. Kejadian tersebut terjadi dalam laga babak penyisihan grup B, di Tottenham Hotspur Stadium, 2 Oktober 2019. Drama 9 gol menghiasi laga tersebut dengan skor akhir 2-7 untuk kemenangan The Bayern.

Gol-gol kemenangan Munchen dicetak oleh Serge Gnabry (4 gol), Joshua Kimmich, dan Robert Lewandowski. Sementara gol pelipur lara Tottenham Hotspur diciptakan oleh Son Heung-min dan Harry Kane.

7. Villarreal 6 vs 3 Aalborg (2008)

7 Pertandingan dengan Skor Tertinggi di Liga Champions Eropareadchelsea.com

Pertandingan terakhir dengan suguhan gol terbanyak di pentas Liga Champions Eropa adalah saat Villarreal membantai Aalborg. Laga tersebut terjadi dalam babak penyisihan grup E Liga Champions Eropa musim 2008/2009, di Estadio de la Cerámica, Castellon, 21 Oktober 2008. Laga tersebut melahirkan 9 gol dengan skor akhir 6-3 untuk kemenangan Villarreal.

Pilar penting dibalik kemenangan Villarreal adalah Joseba Llorente (3 gol), Giuseppe Rossi, Joan Capdevila, dan Robert Pirès. Sedangkan tiga gol dari Aalborg dilesatkan oleh Marek Saganowski, Thomas Enevoldsen, dan Andreas Johansson.

Itulah 7 pertandingan dengan jumlah gol tertinggi di pentas Liga Champions Eropa. Akankah ada laga lain dengan skor yang lebih besar?

Baca Juga: 10 Kiper dengan Kebobolan Terbanyak di Liga Champions pada Abad 21

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Musik-Sport-Organisasi, @romli_run, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya