6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga Champions

Arsenal pernah membantai FC Porto

Arsenal dan FC Porto akan saling sikut dalam babak 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024. Laga leg pertama akan berlangsung pada, Kamis (22/2/2024) dini hari WIB. FC Porto terlebih dahulu bertindak sebagai tuan rumah dan akan menggelar laga di Estadio Do Dragao. 

Dalam sejarah Liga Champions, Arsenal dan FC Porto sudah pernah bertemu sebanyak enam kali. Arsenal tercatat menang 3 kali dan FC Porto menang 2 kali. Simak rangkuman enam laga Arsenal kontra FC Porto yang sudah pernah terjadi di Liga Champions Eropa lewat artikel berikut! 

1. Pertemuan pertama Arsenal dan FC Porto terjadi pada musim 2006/2007

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsDuel antara Arsenal dan FC Porto di Liga Champions Eropa 2006/2007. (arsenal.com)

Musim 2006/2007 merupakan awal mula duel antara Arsenal dan FC Porto tercipta di Liga Champions Eropa. Kala itu, kedua tim tergabung di Grup G bersama CSKA Moscow dan Hamburger SV. Pertemuan pertama Arsenal dan FC Porto terjadi pada pekan kedua babak grup, 26 September 2006. 

Arsenal yang kala itu dilatih Arsene Wenger sukses menang 2-0 atas FC Porto besutan Jesualdo Ferreira. Thierry Henry membuka keunggulan The Gunners pada babak pertama. Sementara itu, Aleksandr Hleb jadi sosok yang menggenapi keunggulan pada babak kedua. 

Baca Juga: 3 Pelatih yang Gagal Bawa MU Lolos Fase Grup UCL setelah Era Sir Alex

2. Pertemuan kedua Arsenal dan FC Porto tak melahirkan pemenang

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsDuel antara Arsenal dan FC Porto di Liga Champions Eropa 2006/2007. (arsenal.com)

Arsenal dan FC Porto kembali bertemu pada pekan terakhir Grup G Liga Champions Eropa 2006/2007, 6 Desember 2006. Kali ini, FC Porto gantian sebagai tuan rumah. Laga tersebut menentukan nasib kedua tim untuk bisa lolos dari fase grup mengingat CSKA Moscow masih memiliki peluang untuk lolos dan secara otomatis mengeliminasi salah satu tim antara Arsenal atau FC Porto. 

Tak ada yang ingin kalah, Arsenal dan FC Porto mengakhiri laga dengan skor imbang 0-0. Sementara itu, CSKA Moscow juga kalah dari Hamburger SV yang memastikan Arsenal dan FC Porto lolos ke babak gugur karena keduanya sama-sama mengumpulkan sebelas poin. Sayangnya, langkah kedua tim kandas di babak 16 besar. 

3. Arsenal dan FC Porto kembali tergabung di grup G pada Liga Champions Eropa 2008/2009

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsEmmanuel Adebayor (arsenal.com)

Dejavu terjadi di Liga Champions Eropa 2008/2009. Arsenal dan FC Porto yang pernah tergabung di Grup G Liga Champions 2006/2007, kembali berjumpa pada Grup G musim 2008/2009. Bedanya, dua tim pesaing lain kali ini adalah Dynamo Kyiv dan Fenerbahce. 

Arsenal menjamu FC Porto pada pekan kedua Grup G, tepatnya pada 30 September 2008. Bermain di kandang sendiri, The Gunners sukses melibas The Dragon, julukan FC Porto, dengan skor telak 4-0. Robin van Persie dan Emmanuel Adebayor menjadi bintang kemenangan Arsenal setelah kompak mencetak brace

4. Kemenangan pertama FC Porto atas Arsenal terjadi pada pertemuan keempat

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsArsenal dan FC Porto bertemu di Liga Champions Eropa 2008/2009. (arsenal.com)

Pertemuan keempat Arsenal dan FC Porto terjadi pada pekan terakhir Grup G Liga Champions Eropa 2008/2009, 10 Desember 2008. Laga ini menjadi penentu siapa yang bakal keluar sebagai juara Grup G. Kedua tim tentu menampilkan permainan terbaik untuk membuktikan reputasinya sebagai raja di Grup G. 

FC Porto yang bermain di hadapan publik sendiri mampu keluar sebagai pemenang. Mereka menumbangkan Arsenal dengan skor 2-0 berkat gol dari Bruno Alves dan Lisandro Lopez. Meski sukses menjadi juara Grup G, langkah FC Porto lebih buruk dari Arsenal di Liga Champions 2008/2009. Arsenal mampu mencapai babak semifinal, sedangkan FC Porto terhenti di perempat final. 

5. Arsenal dan FC Porto bertemu di babak gugur Liga Champions Eropa 2009/2010

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsFC Porto kalahkan Arsenal dengan skor 2-1 di Liga Champions Eropa 2009/2010. (arsenal.com)

Bak sahabat sejati, Arsenal dan FC Porto kembali berjumpa pada Liga Champions Eropa 2009/2010. Hanya saja kali ini mereka bertemu di babak gugur, tepatnya babak 16 besar. FC Porto terlebih dahulu berkesempatan sebagai tuan rumah di leg pertama yang digelar pada 17 Februari 2010.

Laga berjalan seru dengan kedua tim sempat berbalas gol di babak pertama. The Dragon unggul terlebih dahulu melalui Varela dan kemudian dibalas oleh The Gunners melalui gol Sol Campbell. FC Porto akhirnya keluar sebagai pemenang setelah Radamel Falcao sukses mencetak satu gol yang mengunci skor menjadi 2-1.

6. Arsenal mengamuk pada leg kedua 16 besar Liga Champions Eropa 2009/2010

6 Pertemuan Terakhir Arsenal dan FC Porto di Liga ChampionsArsenal membantai FC Porto 5-0 di Liga Champions Eropa 2009/2010. (arsenal.com)

Kekalahan pada leg pertama membuat Arsenal menyimpan dendam besar kepada FC Porto. Dendam tersebut kemudian terlampiaskan pada leg kedua yang dihelat pada 9 Maret 2010. Tak tanggung-tanggung, The Gunners sukses menghancurkan FC Porto dengan skor telak 5-0.

Nicklas Bendtner menjadi bintang utama pesta gol Arsenal dengan torehan hattrick. Dua gol lainnya masing-masing dicetak oleh Samir Nasri dan Emmanuel Eboue. Arsenal pun melenggang ke perempat final Liga Champions Eropa 2009/2010 dengan keunggulan agregat 6-2. Sayangnya, laju pasukan Arsene Wenger harus terhenti di tangan Barcelona pada babak tersebut. 

Dari enam pertemuan yang sudah dilalui di Liga Champions Eropa, Arsenal lebih unggul dari FC Porto. Kendati begitu, bukan berarti The Gunners akan mudah menaklukkan perlawanan The Dragon di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Patut kita nantikan duel teranyar antara Arsenal dan FC Porto ini! 

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Termuda asal Prancis dalam sejarah UCL

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Menulis dimainkan dengan otak, jari jemari hanyalah alat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya