6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarah

#ANGPOIN Dusan Vlahovic pecahkan rekor

Serbia merupakan salah satu negara di kawasan Eropa Tengah dengan kekuatan sepak bola mumpuni. Banyak pemain top dari negara dengan peringkat 23 dalam ranking FIFA ini yang berhasil unjuk gigi di kompetisi elite dunia. Kualitas apik yang dimiliki pun berbanding lurus dengan nilai transfer mahal dari pemain asal Serbia.

Terbaru ada sosok Dusan Vlahovic, striker muda yang direkrut Juventus dari Fiorentina. Juventus harus membayar dana besar untuk bisa mendapatkan jasanya. Bahkan, kesepakatan tersebut menjadikan Vlahovic sebagai pemain Serbia termahal dalam sejarah.

Berikut 6 transfer pemain Serbia dengan nilai termahal sepanjang sejarah.

1. Dusan Vlahovic (81,60 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Dusan Vlahovic (twitter.com/juventusfcen)

Dusan Vlahovic sukses mencatatkan rekor baru sebagai pemain Serbia paling mahal. Ia digaet Juventus dari Fiorentina dengan banderol 81,60 juta euro atau Rp1,3 triliun.

Kepindahan striker berusia 22 tahun tersebut juga menjadi yang termahal di bursa transfer Januari 2022.

Vlahovic saat ini memang sedang dalam performa gemilang. Ia menandatangani kontrak dengan Juventus hingga Juni 2026.

2. Luka Jovic (63 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Luka Jovic (skysports.com)

Sebelum Vlahovic, status pemain Serbia termahal dipegang oleh Luka Jovic. Ia mencatatkan nilai transfer sebesar 63 juta euro atau Rp1 triliun saat direkrut Real Madrid dari Eintracht Frankfurt pada Juli 2019.

Namun, striker berusia 24 tahun ini gagal tampil maksimal di Santiago Bernabeu. Jovic bahkan sempat dipinjamkan ke klub lamanya pada paruh musim kedua 2020/2021. Kendati begitu, kontrak Jovic di Real Madrid masih ada hingga Juni 2025.

3. Nemanja Matic (44,70 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Nemanja Matic (skysports.com)

Gelandang bertahan Serbia milik Manchester United, Nemanja Matic, menempati urutan tiga. Ia diboyong The Red Devils dari Chelsea pada Juli 2017 dengan biaya transfer 44,70 juta euro atau Rp722 miliar.

Pemain gaek yang kini berusia 33 tahun ini cukup diandalkan United. Namun, dalam beberapa musim terakhir, Matic tak jadi pilihan utama. Ia masih terikat kontrak di Old Trafford hingga Juni 2023.

Baca Juga: 5 Pemain Serbia yang Pernah Berkostum Juventus sebelum Dusan Vlahovic

4. Lazar Markovic (25 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Lazar Markovic (skysports.com)

Lazar Markovic merupakan pemain Serbia yang beroperasi di posisi winger kanan. Ia direkrut Liverpool dari Benfica pada Juli 2014 dengan banderol 25 juta euro atau Rp403 miliar.

Sayangnya, pemain berusia 27 tahun ini hanya mendapat kesempatan bermain untuk The Reds di musim perdananya saja. Ia kemudian dipinjamkan ke beberapa tim hingga akhirnya dilepas ke Fulham pada Januari 2019 dan kini membela FK Partizan Belgrade.

5. Nemanja Matic (25 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Nemanja Matic di Chelsea (skysports.com)

Tak hanya sekali, Nemanja Matic tercatat juga pernah menorehkan nilai transfer mahal lainnya. Transfer tersebut terjadi pada Januari 2014 saat Chelsea memboyongnya dari Benfica dengan biaya sebesar 25 juta euro atau Rp403 miliar.

Bisa dibilang, puncak kesuksesan Matic terjadi bersama The Blues. Gelandang bertahan Serbia berusia 33 tahun ini benar-benar tampil ciamik dan berhasil meraih beberapa gelar, meliputi Premier League, Piala FA, dan Piala Liga.

6. Savo Milosevic (25 juta euro)

6 Transfer Pemain Serbia dengan Nilai Termahal Sepanjang Sejarahpotret Savo Milosevic (twitter.com/ParmaCalcio_en)

Savo Milosevic sempat menjadi pemain Serbia termahal sepanjang sejarah. Pemain yang berperan sebagai seorang striker ini direkrut Parma dari Real Zaragoza dengan banderol 25 juta euro atau Rp403 miliar pada Juli 2000.

Milosevic kala itu hanya memperkuat Parma dalam satu setengah musim awal. Ia sempat dipinjamkan ke sejumlah tim hingga kemudian hijrah ke Osasuna pada Agustus 2004. Rubin Kazan menjadi klub terakhirnya sebelum gantung sepatu pada Januari 2009.

Nilai transfer mahal dari pemain-pemain di atas menjadi bukti bahwa Serbia memiliki pemain top dengan kualitas jempolan. Kira-kira siapa nama berikutnya setelah Dusan Vlahovic?

 

Baca Juga: 6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? 

Nur Romli Photo Verified Writer Nur Romli

Coba aja dulu...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya