Nyesek, Gol di Menit Akhir Bikin 4 Negara Ini Gagal Lolos Piala Dunia

Salah satu drama yang tak bisa dihindarkan di sepak bola

Selalu ada drama di balik Piala Dunia. Tak hanya saat penyelenggaraan alias putaran final, drama bahkan selalu tercipta di babak kualifikasi. Banyak klub besar berguguran tak lolos kejuaraan empat tahunan itu. Yang lebih menyakitkan, hasil pahit itu didapat di saat-saat terakhir.

Ini dia 5 negara yang tak lolos Piala Dunia karena kebobolan di menit akhir.

1. Aljazair

Nyesek, Gol di Menit Akhir Bikin 4 Negara Ini Gagal Lolos Piala Duniapelatih Aljazair, Djamel Belmadi (twitter.com/brfootball)

Drama pertama yang menyita perhatian saat babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2022 ini adalah tidak lolosnya Aljazair. Tiket Piala Dunia yang sudah di depan mata harus hangus di detik-detik terakhir. 

Negara Afrika Utara ini sebenarnya berangkat ke pertandingan melawan Kamerun dengan kepercayaan diri tinggi. Maklum, mereka sudah unggul 1-0 saat bertandang ke kandang Kamerun. Mereka pun hanya butuh hasil seri.

Otomatis, leg kedua akan lebih mudah karena akan digelar di kandang sendiri.  Nyatanya, apa yang terjadi di Mustapha Tchaker Stadium, Blida, Aljazair sangat menyakitkan. 

Mereka kecolongan oleh gol dari Eric Maxim Choupo-Moting pada menit ke-22. Gol itu membuat Kamerun unggul 1-0 dan agregat menjadi 1-1. Pertandingan pun harus dilanjutkan hingga extra time. 

Di babak ini, Aljazair sempat bernafas lega karena pada menit 118 alias dua menit sebelum bubaran mereka mencetak gol dan membuat skor menjadi 1-1 dengan agregat 2-1 untuk Aljazair.

Sayang, pada perpanjangan waktu, pemain Kamerun, Karl Toko Ekambi mencetak gol dan membuat kedudukan 2-1 untuk Kamerun.

Meski agregat sama 2-2, namun Aljazair kalah gol tandang. Tak ayal hasil ini pun membuat semua pemain dan pelatih menangis.

2. Mesir

Nyesek, Gol di Menit Akhir Bikin 4 Negara Ini Gagal Lolos Piala Duniatimnas Mesir (instagram.com/mosalah)

Setelah kalah dari Senegal di final Piala Afrika, Mesir kembali harus bertemu tim tersebut di babak penentuan Piala Dunia 2022. Misi balas dendam pun diusung striker Mesir Mohamed Salah kepada rekannya di Liverpool, Sadio Mane. 

Sebagai bekal, pada leg pertama Mesir yang bertindak sebagai tuan rumah sebenarnya sudah unggul 1-0. Tentu saja  hasil ini membuat mereka di atas angin. Hanya dengan hasil seri, mereka bisa melangkah ke Qatar.

Namun, drama bermula di awal pertandingan. Gol bunuh diri pemain Mesir, Hamdi Fathi di menit 4 membuat agregat 1-1. Hingga pertandingan berakhir dan extra time, kedua tim gagal mencetak gol. Bahkan, Salah juga gagal mengeksekusi penalti. Pertandingan pun terpaksa dilanjutkan dengan adu penalti.

Di babak adu penalti, tiga penendang Senegal berhasil menceploskan bola ke gawang Mesir. Sebaliknya, hanya satu pemain Mesir yang mampu mencetak gol. Mo Salah dan kawan-kawan pun harus mengubur impian lolos ke Piala Dunai 2022, sekaligus gagal membalaskan dendam di final Piala Afrika. 

Baca Juga: Cedera di Detik Terakhir, 5 Pemain Ini Gagal Berangkat ke Piala Dunia

3. Italia

Nyesek, Gol di Menit Akhir Bikin 4 Negara Ini Gagal Lolos Piala Duniatimnas Italia (instagram.com/azzurri)

Drama yang paling menjadi perhatian pada fase kualifikasi adalah kegagalan Italia. Tim bertabur bintang itu tampil kurang meyakinkan sejak fase grup. Mereka bahkan harus melewati babak playoff karena hanya menempati posisi kedua grup C di bawah Swis. 

Di babak ini Italia 'hanya' menghadapi negara kecil, Makedonia Utara. Menang di semua lini dan prediksi, Italia menggempur habis-habisan pertahanan Makedonia Utara sejak awal pertandingan. Sepertinya tak ada alasan bagi Italia untuk kalah atau sekadar seri.

Sayang hingga waktu normal 90 menit, mereka gagal mencetak satu gol pun. Petaka justru terjadi pada menit 92. Memanfaatkan umpan jarah jauh, Aleksandar Trajkovksi mampu mengoyak jala kiper Gianluigi Donnarumma.

Satu gol cukup mengandaskan asa Italia berlaga di Piala Dunia Qatar. Ini merupakan kali kedua secara berturut-turut mereka gagal menembus Piala Dunia. Pada edisi sebelumnya, tahun 2018, mereka juga hanya menjadi penonton.

4. Republik Ceko

Nyesek, Gol di Menit Akhir Bikin 4 Negara Ini Gagal Lolos Piala Duniatimnas Ceko (instagram.com/ceskarepre)

Setelah era Pavel Nedved, Republik Ceko belum pernah lagi kembali ke pentas Piala Dunia. Piala Dunia 2006 adalah pertama dan terakhir kali mereka lolos ke kejuaraan empat tahunan ini. Empat kali mencoba, empat kali pula mereka gagal menembus Piala Dunia. 

Terakhir, usaha mereka digagalkan oleh Swedia. Dua tim ini bertemu pada babak playoff yang dilangsungkan pada tanggal 25 Maret 2022 lalu.

Ceko terpaksa melalui babak ini karena hanya menempati urutan ketiga di grup E. Tiket ini pun mereka dapat dari hasil pertandingan National League. Satu tiket ke Qatar direbut oleh Belgia, sementara tiket playoff lainnya menjadi milik Wales.

Pertandingan Ceko vs Swedia sendiri berjalan alot. Tanpa gol hingga 2x45 menit, pertandingan pun harus dilanjutkan dengan extra time. Sayang, lagi-lagi Dewi Fortuna belum menghinggapi Ceko. Swedia yang mencetak gol tunggal di menit 118 alias dua menit sebelum pertandingan rampung. Adalah striker Swedia, Robin Quaison yang menghadirkan mimpi buruk itu.

Ceko pun lagi-lagi harus menunda keinginannya berlaga di Piala Dunia untuk kedua kali setelah melepaskan diri dari Slovakia.

Itu tadi drama yang terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 2022. Sedih dan kecewa pasti menghinggapi para pemain. Tapi, itulah sepak bola. 

Baca Juga: 10 Pemain Bintang yang Mungkin Lakoni Piala Dunia Terakhir pada 2022

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya