Comscore Tracker

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai Pensiun

Jalan hidup orang memang gak ada yang tahu ya

Jalan hidup seorang memang tak ada yang bisa menebaknya. Tak terkecuali dengan para mantan pemain sepak bola dunia.

Tak sedikit memang yang kemudian melanjutkan karirnya di jalur yang sama seperti menjadi pelatih. Namun, banyak juga mantan pemain bola yang memiliki nasib berbeda. Mereka memilih atau terpaksa menjalani masa pensiun di luar lapangan hijau. 

Unik, berikut adalah 5 profesi pemain bola usai mereka gantung sepatu. 

1. Fabio Coentrao, rekan Ronaldo di Madrid yang jadi nelayan

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai PensiunFabio Coentrao (instagram.com/fabio_coentrao)

Kabar terbaru datang dari mantan pemain Real Madrid, Fabio Coentrao. Jika Cristiano Ronaldo hingga saat ini masih di puncak karier, beda halnya dengan mantan rekan setimnya, Fabio Coentrao. Bekas bek Real Madrid yang pernah merumput bersama Ronaldo tersebut memilih menjadi nelayan. 

Setelah resmi gantung sepatu pada tahun 2020 lalu, Coentrao memilih pulang kampung ke Portugal. Bukan untuk membela atau melatih sebuah klub, ia malah menjadi nelayan. Profesi ini ia jalani bukan tanpa alasan. Menurutnya, pilihan ini muncul tak lepas dari hobi sang ayah, yaitu memancing. Coentrao bahkan telah membeli sebuah kapal untuk mendukung profesinya saat ini.

Kondisi ini tentu berbeda 180 derajat dengan kariernya di sepak bola. Pria 33 tahun tersebut menapaki tangga kesuksesan bersama klub Portugal, Benfica pada 2007. Setelah berseragam Benfica selama empat musim, Real Madrid pun memboyongnya dengan harga fantastis.

Ia pun mengakhiri karier di Madrid hingga tahun 2015 sebelum kembali merumput bersama beberapa klub Portugal.

2. Fabio Macellari, mantan bintang Inter Milan yang jadi pemotong kayu di hutan

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai PensiunFabio Macellari (diario de nolicias)

Nama Fabio Macellari memang tak setenar beberapa pemain Italia lainnya. Maklum, ia tak pernah tercatat bermain untuk Timnas Italia. Namun, bek kanan ini merupakan mantan rekan setim bintang Brazil era 2000an, Ronaldo Luiz Nazario di Inter Milan. Selain Inter, ia juga malang melintang di beberapa klub Italia seperti Bologna dan Lecce. 

Macellari memutuskan gantung sepatu pada 2015 lalu di usia 40 tahun. Setelah tak lagi merumput, ia tinggal di rumah pertanian keluarga di daerah Piacentino, Italia. Di sana, dia memilih menjadi penebang kayu di atas lahan 25 hektar di sekitar rumahnya. 

Selain membuat minuman dari madu dan kunyit, Macellari juga merawat kebun sayur dan sesekali bekerja di toko roti.

Baca Juga: 5 Pemain yang Memiliki Gaya Bermain Mirip dengan Legenda Sepak Bola

3. Kalah saing di MU, Lee Roche kini jadi kuli bangunan

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai PensiunLee Roche (sport1.de)

Profesi aneh lain yang ditekuni oleh mantan pesepakbola dunia adalah kuli bangunan. Adalah mantan pemain Manchester United, Lee Roche yang menekuni pekerjaan itu. Ia mengaku menikmati pekerjaannya sebagai kuli bangunan. Selain kuli bangunan, ia juga kerap menawarkan jasa perbaikan ledeng. 

Nasib Roche saat ini sendiri tak lepas dari perjalanan kariernya yang tak begitu mulus. Ia kalah bersaing dengan beberapa rekan setim saat di MU. Padahal, Roche merupakan produk akademi MU.

Setelah terdepak dari MU, ia pun membela Burnley sejak tahun 2005. Ia pensiun di klub amatir Inggris pada tahun 2011 di usia yang masih muda, yaitu 31 tahun. 

4. Fabio Rustico, mantan pemain Atalanta yang memilih jadi petani

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai PensiunFabio Rustico (TUTTOmercatoWEB.com)

Selain Fabio Macellari, pemain Italia lain yang juga memilih 'keluar jalur' usai gantung sepatu adalah Fabio Rustico. Bek kanan kelahiran 20 Mei 1976 ini dulunya merupakan pemaian Atalanta pada era 1995. Selain Atalanta, ia tercatat juga pernah membela tim Italia lain, yaitu Solbiatese Arno Calcio dan SC Leffe.

Rustico memilih pensiun pada tahun 1996. Setelah itu, ia memilih menggarap lahan di beberapa titik di Italia, seperti Pantelleria, Selinunte, Castelvetrano dan Mazara del Vallo.

Ia menanam berbagai komoditas, seperti anggur, zaitun, dan gandum secara organik. 

5. Philip Mulryne, mantan pemain MU yang jadi pendeta

Unik, 5 Pemain Bola Ini Jadi Nelayan hingga Pemotong Kayu Usai PensiunPhilip Mulryne (twitter.com/Mailsport)

Mantan pemain Manchester United, Philip Mulryne juga memilih jalan yang cukup unik. Sempat menjadi penggawa MU-18, pria yang berposisi sebagai striker ini pernah bermain bersama Ole Gunnar Solskjaer di tim utama.

Namun ia kalah saing dan kemudian bergabung dengan beberapa klub seperti Norwich hingga Cardiff. Ia kemudian memutuskan gantung sepatu pada tahun 2008. 

Setelah itu, pada tahun 2009, Philip Mulryne memutuskan sesuatu yang besar dalam hidupnya dengan masuk dalam imamat gereja katolik Roma. Pada tahun 2016, ia kemudian ditahbiskan menjadi imam dan memimpin misa pertamanya pada tahun 2017. 

Jalan hidup orang memang tidak ada yang tahu. Begitu pula dengan kelanjutan pilihan karier mantan pemain sepak bola di atas. 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia yang Mahir Memasak, Ada Lionel Messi, nih!

Kuncoro Photo Verified Writer Kuncoro

Penikmat tanggal muda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya