5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier League

Salah satunya negara dari Amerika Latin

Premier League adalah nama yang diberikan untuk kompetisi sepak bola Inggris sejak 1992/1993. Sejauh ini sudah ada tujuh klub yang pernah merasakan jadi juara.

Dari barisan pemain, ada ratusan nama yang pernah mengangkat trofi Premier League. Sebagian besar dari mereka tentu adalah pemain Inggris. Namun, pemain asing pun cukup banyak yang pernah jadi juara.

1. Prancis (26 pemain)

5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier LeaguePatrice Evra menjadi pemain Prancis dengan trofi Premier League terbanyak. (uefa.com)

Urutan teratas ditempati Prancis. Sejak musim perdana hingga sekarang, ada 26 pemain asal Prancis yang pernah merasakan juara Premier League. Banyak di antara mereka adalah pemain Arsenal. The Gunners memang pernah memiliki banyak pemain Prancis semasa dilatih Arsene Wenger.

Beberapa nama pemain Prancis yang juara Premier League bersama Arsenal adalah Patrick Vieira, Robert Pires, Sylvain Wiltord, dan Thierry Henry. Sementara, pemain Prancis yang meraih trofi terbanyak adalah Patrice Evra, yang meraih lima trofi Premier League selama membela Manchester United pada 2006—2014.

2. Brasil (19 pemain)

5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier Leaguepotret Fernandinho dan Gabriel Jesus (mancity.com)

Sebagai negara yang terkenal sering menghasilkan talenta-talenta sepak bola terbaik, tak mengherankan jika Brasil ada di urutan kedua dalam daftar ini. Sejauh ini, ada 19 pemain Brasil yang pernah memenangi Premier League. Distribusi klub mereka pun cukup beragam. Pemain asal Brasil memang sering jadi andalan di berbagai klub.

Ada dua pemain Brasil yang punya koleksi trofi Premier League terbanyak saat ini, yaitu Anderson (Manchester United) dan Fernandinho (Manchester City), yang sama-sama pernah empat kali juara. Jika musim ini Manchester City sukses juara lagi, Fernandinho akan mengungguli Anderson dengan lima trofi.

Manchester City juga masih punya Ederson dan Gabriel Jesus, yang sama-sama pernah tiga kali juara. Sementara, Liverpool punya Alisson Becker, Fabinho, serta Roberto Firmino yang membawa The Reds juara Premier League pada 2020. Mereka juga berpeluang menambah koleksi trofinya karena Liverpool cukup diunggulkan jadi juara musim ini.

Baca Juga: 6 Pemain Serbia yang Pernah Juara Premier League, Masih Ingat Mereka? 

3. Spanyol (19 pemain)

5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier Leaguepotret Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso (instagram.com/cesarazpi)

Setara dengan Brasil, Spanyol punya 19 pemain yang pernah menjuarai Premier League. Sebagian besar meraihnya bersama Manchester City. Klub kaya raya itu memang sering mengandalkan pemain asal Spanyol, terutama sejak dilatih Pep Guardiola. David Silva jadi pengoleksi terbanyak dengan empat trofi, disusul Aymeric Laporte dengan tiga trofi.

Ada pula Rodri dan Ferran Torres, yang sukses juara Premier League 2020/2021 bersama Manchester City. Beberapa nama lain yang pernah juara dan masih bermain di Premier League musim ini adalah Cesar Azpilicueta dan Marcos Alonso (Chelsea), David De Gea (Manchester United), serta Adrian (Liverpool).

4. Belanda (15 pemain)

5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier Leaguepotret Virgil van Dijk dan Giorginio Wijnaldum (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada Belanda yang 15 pemainnya pernah meraih trofi Premier League. Pemain Belanda yang punya koleksi terbanyak adalah Edwin van der Sar, kiper jangkung pemenang empat trofi Premier League bersama Manchester United. Ia bahkan meraih trofi tiga kali beruntun pada 2007—2009.

Ada pula dua pemain Belanda yang pernah meraih tiga trofi Premier League, yaitu Jaap Stam dan Dennis Bergkamp. Arjen Robben, Ruud van Nistelrooy, Robin van Persie, hingga Giorginio Wijnaldum juga pernah juara. Ada dua lagi pemain yang masih aktif di Premier League saat ini, yaitu Virgil van Dijk (Liverpool) dan Nathan Ake (Manchester City).

5. Portugal (10 pemain)

5 Negara Asing dengan Banyak Pemain Juara Premier Leaguepotret Cristiano Ronaldo (instagram.com/cristiano)

Negara kelima yang memiliki banyak pemain yang pernah memenangi Premier League adalah Portugal. Sejauh ini, ada 10 pemain Portugal yang pernah melakukannya. Nama terpopuler sudah tentu Cristiano Ronaldo, yang pernah tiga kali juara bersama Manchester United. Namun, yang punya koleksi terbanyak ternyata adalah Nani, dengan empat trofi selama membela Manchester United.

Pemain lain yang pernah beberapa kali juara adalah Ricardo Carvalho, Paulo Ferreira, dan Bernardo Silva. Ada pula Deco, Joao Cancelo, dan Ruben Dias yang masing-masing sekali juara. Cancelo dan Dias sendiri berpeluang menambah koleksi mereka jika Manchester City bisa juara lagi pada 2021/2022 ini. Mampukah mereka melakukannya?

Musim 2021/2022 telah berjalan setengah musim. Manchester City tengah berada di puncak klasemen. Seandainya klub asal Manchester itu berakhir menjadi juara musim ini, beberapa pemain bisa menambah koleksi gelar juara Premier League mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Juara Premier League yang Pernah Bermain dengan Lionel Messi

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya