Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier League

Ada yang juga sukses persembahkan trofi bagi klubnya

Tak diragukan lagi bahwa Mohamed Salah adalah pemain asal Mesir terbaik yang pernah bermain di Premier League. Baru-baru ini ia sudah resmi menjadi pemain Afrika tertajam sepanjang sejarah Liga Inggris. Selain itu, ia juga adalah satu-satunya pemain Mesir yang pernah mengangkat trofi Premier League.

Meski demikian, beberapa pemain Mesir lain yang pernah bermain di Premier League juga tak bisa dikesampingkan. Mereka juga punya kualitas yang cukup baik. Bahkan, beberapa nama juga berhasil mempersembahkan trofi bagi klub yang mereka bela.

Inilah 5 pemain Mesir selain Mohamed Salah yang pernah bermain di Premier League.

1. Mido

Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Mido (twitter.com/premierleague)

Pemain Mesir pertama yang pernah berkarier di Premier League adalah Ahmed Hossam Hussein Abdelhamid, atau biasa dikenal sebagai Mido. Mido adalah pemain berposisi striker yang mulai bermain di Premier League pada Januari 2005. Saat itu Mido dipinjam Tottenham Hotspur dari AS Roma.

Selain Tottenham, Mido juga pernah berseragam Middlesbrough, Wigan Athletic, dan West Ham United. Secara total, Mido bermain di Premier League selama 5 musim, dengan catatan 22 gol dalam 94 laga. Meski tak berhasil meraih trofi, Mido bisa dibilang sebagai pelopor bagi para pemain Mesir lainnya untuk mulai dilirik oleh klub-klub Premier League.

2. Amr Zaki

Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Amr Zaki (twitter.com/optajoe)

Berikutnya ada nama Amr Zaki, pemain Mesir yang juga berposisi striker. Zaki bermain di Premier League selama 1,5 musim saja serta hanya berstatus sebagai pemain pinjaman. Mulanya, ia dipinjam Wigan Athletic pada musim 2008/09. Kala itu penampilannya cukup memuaskan dengan mencatatkan statistik 11 gol dan 4 assist dari 32 laga di semua ajang.

Sayangnya, Zaki kemudian terlibat masalah indisipliner sehingga kontraknya tak dipermanenkan oleh Wigan. Pada 2010, lagi-lagi Zaki kembali ke Premier League sebagai pinjaman selama setengah musim saat dikontrak oleh Hull City. Bersama Hull Zaki hanya mendapatkan kesempatan tampil sebanyak 6 kali saja tanpa mencetak satupun gol bagi Hull. 

Baca Juga: 5 Gol Terbaik Mohamed Salah ketika Berseragam Liverpool

3. Ahmed Elmohamady

Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Ahmed Elmohamady (instagram.com/elmohamady)

Pemain yang satu ini baru saja meninggalkan Premier League di akhir musim lalu. Ahmed Elmohamady adalah bek kanan yang membela Aston Villa sejak tahun 2017 hingga 2021. Ia merupakan salah satu pemain andalan yang telah mencatatkan 129 penampilan di semua ajang bersama Aston Villa. Tak hanya Aston Villa, Elmohamady juga pernah bermain untuk Sunderland dan juga Hull City di Liga Inggris.

Catatkan total 197 penampilan, Elmohamady menjadi pemain Mesir dengan penampilan terbanyak di Premier League hingga saat ini. Selama di Inggris, Elmohamady memang tak berhasil meraih trofi. Namun, ia pernah membawa Hull mencapai final Piala FA 2013/14, juga Aston Villa ke final Piala Liga 2019/20. Sayangnya, saat ini Elmohamady sendiri masih berstatus tanpa klub.

4. Trezeguet

Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Trezeguet (instagram.com/mahmoudtrezeguet)

Musim lalu, bukan hanya Elmohamady saja pemain Mesir yang bermain untuk Aston Villa. Ada pula nama Trezeguet yang mulai membela Aston Villa sejak tahun 2019. Pemain berposisi gelandang ini sebenarnya bernama asli Mahmoud Ahmed Ibrahim Hassan. Akan tetapi, ia lebih populer dengan nama Trezeguet.

Sejauh ini Trezeguet sudah membela Villa dalam 63 laga di semua ajang, termasuk 55 partai Premier League. Bahu-membahu dengan Elmohamady di lini tengah, Trezeguet juga termasuk di daftar skuad yang membawa Aston Villa melaju ke partai final Piala Liga 2019/20. Sayangnya, mereka gagal meraih trofi setelah ditaklukan oleh Manchester City.

5. Mohamed Elneny

Selain Salah, 5 Pemain Mesir yang Pernah Main di Premier Leaguepotret Mohamed Elneny (instagram.com/elnennym)

Mohamed Elneny juga saat ini masih aktif bermain di Premier Legaue. Meskipun hanya berstatus sebagai pemain pelapis di skuad Arsenal saat ini, secara total Elneny sudah mencatat 133 penampilan di semua ajang bersama The Gunners sejak pertama kali bergabung dengan klub London Utara tersebut.

Elneny adalah satu-satunya pemain Mesir, selain Mohamed Salah, yang sudah berhasil memenangi trofi selama bermain di Inggris. Ia turut mengantarkan Arsenal memenangi, 1 Piala FA, 2 Community Shield, serta menjadi finalis Piala Liga dan Europa League. Bisakah ia menambah koleksi trofinya bersama Arsenal musim ini?

Selain Mohamed Salah, itulah sederet nama pesepakbola asal Mesir yang pernah dan masih mencicipi ketatnya persaingan di Premier League. Mampukah para bintang muda timnas Mesir saat ini bakal semakin banyak menghiasi daftar jajaran pemain klub-klub Liga Inggris di masa yang akan datang?

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Menggantikan Peran Mohamed Salah di Liverpool

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya