Comscore Tracker

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow Rangers

#IDNTimesSport Ada Mikel Arteta, lho

Rangers FC atau biasa dikenal sebagai Glasgow Rangers adalah klub tersukses di Skotlandia. Dalam hal koleksi trofi, Rangers bersaing ketat dengan klub sekota sekaligus seteru abadinya yaitu Glasgow Celtic. Namun sejauh ini Rangers masih unggul dari Celtic, dan trofi terbaru mereka adalah Liga Skotlandia 2020-21.

Karena prestasinya, nama Rangers pun cukup dikenal pencinta sepakbola Eropa, meskipun Liga Skotlandia sendiri tak terlalu populer dibanding liga-liga Eropa lain. Namun tahukah kamu siapa saja nama-nama pemain top yang pernah membela Rangers? Beberapa di antaranya mungkin sama sekali tak kamu sangka seperti 5 pemain berikut ini.

1. Gennaro Gattuso

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow RangersGennaro Gattuso (heraldscotland.com)

Gennaro Gattuso adalah gelandang agresif yang terkenal sebagai legenda AC Milan. Gattuso memang punya jasa besar bagi Milan karena ia membela Rossoneri selama 13 tahun. Tapi tahukah kamu bahwa sebelum membela Milan, Gattuso pernah membela Glasgow Rangers selama semusim?

Itu terjadi pada musim 1997-98. Kala itu Gattuso yang baru berusia 19 tahun didatangkan dari Perugia. Ia langsung jadi andalan Rangers dan bermain 35 kali di semua ajang pada musim tersebut. Setelah itu barulah Gattuso pulang ke Italia dan membela Salernitana, sebelum akhirnya bergabung dengan Milan pada 1999.

2. Frank de Boer

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow RangersFrank de Boer (thescottishsun.co.uk)

Rangers ternyata juga pernah dibela oleh Frank de Boer, legenda Ajax Amsterdam yang kini menjabat sebagai pelatih Timnas Belanda. Frank membela Rangers pada 2004 selama setengah musim. Kala itu ia sudah berusia 34 tahun dan sudah mendekati akhir kariernya.

Di Rangers, Frank de Boer bermain 15 kali di liga dan mencetak 2 gol. Mantan bek yang juga pernah membela Barcelona ini kemudian hengkang ke Asia dan membela dua klub Qatar yaitu Al-Rayyan dan Al-Shamal, sebelum akhirnya pensiun sebagai pemain pada 2006.

 3. Ronald de Boer

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow RangersRonald de Boer (dailyrecord.co.uk)

Ronald de Boer sang saudara kembar Frank de Boer pun pernah mencoba berkarier di Skotlandia bersama Rangers. Namun Ronald lebih dulu bergabung dengan Rangers, tepatnya pada tahun 2000. Ia membela Rangers hingga 2004, sehingga sempat merasakan satu tim bersama saudara kembarnya dalam seragam Rangers.

Selama membela Rangers, Ronald de Boer mencatat 93 penampilan di semua ajang dengan sumbangan 32 gol. Ronald juga sempat mengangkat 4 trofi, termasuk 1 trofi Premiership Skotlandia dan 2 Piala Skotlandia. Setelah itu Ronald membela Al-Rayyan dan Al-Shamal seperti Frank, namun ia baru pensiun belakangan yaitu pada 2008.

Baca Juga: Steven Gerrard Berhasil Bawa Glasgow Rangers Lolos ke Babak 16 Besar

4. Giovanni van Bronckhorst

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow RangersGiovanni van Bronckhorst (footballtransfertavern.com)

Tak hanya duo Frank dan Ronald de Boer, Rangers juga pernah memiliki pemain top lain asal Belanda yaitu Giovanni van Bronckhorst. Van Bronckhorst adalah bek yang juga bisa berposisi gelandang. Ia pernah membela dua klub besar Eropa yaitu Arsenal dan Barcelona, namun sebelum itu ia lebih dulu membela Rangers selama 3 musim dari 1998 hingga 2001.

Pemain yang memiliki darah Indonesia dari sang ibu ini bermain 117 kali di semua ajang bagi Rangers, dan mencetak 22 gol. Van Bronckhorst juga turut meraih 2 trofi Premiership Skotlandia secara beruntun pada 1999 dan 2000. Saat ini Van Bronckhorst berkarier sebagai pelatih, namun tengah menganggur setelah terakhir kali melatih klub Tiongkok.

5. Mikel Arteta

Tak Banyak yang Tahu, 5 Pemain Top Ini Pernah Membela Glasgow RangersMikel Arteta (footballtransfertavern.com)

Terakhir, tahukah kamu bahwa Mikel Arteta sang pelatih Arsenal pernah bermain untuk Rangers? Itu terjadi pada 2002 hingga 2004, setahun sebelum ia hijrah ke Premier League membela Everton. Ia bermain sebanyak 68 kali di semua ajang dan mencetak 14 gol.

Musim pertama Arteta di Rangers pun diakhiri dengan manis karena mereka berhasil meraih treble winners domestik, yaitu Premiership Skotlandia, Piala Skotlandia, dan Piala Liga. Maka meski gagal meraih trofi di musim keduanya, karier Arteta di Skotlandia tetap terbilang sukses.

Itulah 5 pemain top yang ternyata pernah membela Rangers di Liga Skotlandia. Pemain mana yang paling gak kamu sangka?

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal yang Bisa Dilepas Mikel Arteta Musim Panas Ini

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya