Comscore Tracker

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangka

Apakah kamu juga belum pernah mengetahuinya?

LaLiga Spanyol adalah salah satu liga top Eropa yang sering dijajal oleh pemain-pemain sepak bola top dari berbagai negara. Salah satunya adalah negara Prancis yang banyak pemainnya pernah bermain di liga ini. Kamu pasti bisa menyebut banyak pemain Prancis yang pernah bermain di LaLiga, seperti misalnya Zinedine Zidane, Claude Makelele, Thierry Henry, hingga Karim Benzema.

Namun, ada pula beberapa nama pemain top Prancis yang tak banyak diketahui publik jika mereka sempat mencicipi ketatnya kompetisi LaLiga. Umumnya, mereka memang hanya sebentar saja berkarier di Spanyol sehingga mereka lebih dikenal saat bermain di liga-liga Eropa lainnya.

Inilah 5 pemain top Prancis yang ternyata pernah bermain di LaLiga. Apakah mereka pernah bermain di tim kesayanganmu?

1. Laurent Blanc

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangkapotret Laurent Blanc berseragam Barcelona (twitter.com/fcbarcelona)

Pertama ada nama Laurent Blanc, mantan bek tangguh asal Prancis yang kini berkarier sebagai seorang pelatih top. Semasa bermain, Blanc menghabiskan sebagian besar kariernya di negara kelahirannya itu. Ia juga pernah bermain untuk Inter Milan dan Manchester United, masing-masing selama dua tahun saja. Namun, tak banyak yang ingat bahwa Blanc juga pernah bermain di LaLiga.

Tepatnya, Blanc pernah bermain di LaLiga pada musim 1996/97 bersama Barcelona. Ia memang hanya semusim berkarier di Spanyol. Meski begitu, Blanc terbilang sukses dengan meraih tiga trofi sekaligus di musim tersebut. Blanc sendiri mencatatkan 28 kali penampilan di LaLiga serta menyumbangkan 1 gol.

2. Nicolas Anelka

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangkapotret Nicolas Anelka berseragam Real Madrid (twitter.com/madrid_players)

Sementara Nicolas Anelka adalah striker Prancis yang paling populer saat berkarier di Premier League. Ia pernah membela beberapa klub papan atas Liga Inggris, mulai dari Arsenal, Manchester City, hingga Chelsea. Namun, ternyata Anelka pun pernah berkarier di LaLiga meski tak terlalu berkesan karena hanya berlangsung selama semusim saja.

Anelka sempat Real Madrid di musim 1999/00. Meski kala itu baru berusia 20 tahun, tapi Anelka sempat mencatatkan 33 penampilan di semua ajang dengan sumbangsih 7 gol dan 6 assist. Semusim di Real Madrid, Anelka tak melanjutkan kariernya di Spanyol dan lebih memilih untuk berpetualang ke liga-liga top Eropa lainnya.

Baca Juga: 7 Mantan Pemain Manchester City yang Saat Ini Bermain di LaLiga

3. Didier Deschamps

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangkapotret Didier Deschamps berseragam Valencia (twitter.com/valenciacf_fr)

Ada pula nama Didier Deschamps, pria yang saat ini menjadi pelatih timnas Prancis sekaligus mengantarkan Les Blues memenangi trofi Piala Dunia dan Nations League.

Semasa masih aktif bermain dulu, Deschamps adalah sosok seorang gelandang bertahan tangguh. Masa kejayaan Deschamps ia rasakan ketika membela Juventus dengan meraih 10 trofi dalam 5 musim saja.

Selepas dari Juve, Deschamps sempat membela Chelsea selama tiga musim. Lalu, ia pindah ke LaLiga untuk membela Valencia di musim 2000/01. Ternyata, Valencia sendiri menjadi klub terakhir bagi karier sepak bola Deschamps. Ia sendiri sempat mencatatkan 19 caps bersama tim Kelelawar Mestalla dan berhasil mencapai final Liga Champions meski akhirnya gagal juara karena dikalahkan dari Real Madrid.

4. David Trezeguet

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangkapotret David Trezeguet berseragam Hercules CF (golsmedia.com)

David Trezeguet merupakan sosok striker populer yang lama membela Juventus semasa masih aktif bermain. Trezeguet membela Juve sejak tahun 2000 hingga 2010. Striker berkepala plontos ini total mencetak 171 gol bagi Si Nyonya Tua dalam 320 laga di semua ajang. Hingga kini, namanya pun bertengger sebagai top skor keempat Juventus sepanjang masa.

Meski identik dengan Juve, Trezeguet sebenarnya sempat membela tujuh klub lain di sepanjang kariernya, termasuk Hercules CF, klub Spanyol yang ia bela saat bermain di LaLiga pada musim 2010/11. Trezeguet sukses mencetak 12 gol dalam 31 partai LaLiga. Sayangnya, kontribusinya tetap tak mampu menyelamatkan Hercules dari jurang degradasi di akhir musim.

5. Samir Nasri

5 Pemain Top Prancis Ini Ternyata Pernah Main di LaLiga, Tak Disangkapotret Samir Nasri berseragam Sevilla (marca.com)

Satu lagi pemain top asal Prancis yang ternyata pernah bermain di LaLiga adalah Samir Nasri. Kebanyakan fans sepak bola pasti mengingat Nasri sebagai gelandang atau winger yang pernah bermain di Premier League bersama Arsenal dan Manchester City. Karier Nasri di Inggris memang terbilang sukses, khususnya saat ia membela Manchester City.

Namun, pada musim terakhirnya membela City, musim 2016/17, Nasri ternyata sempat dipinjamkan ke Sevilla. Ia tampil 30 kali bagi Sevilla saat itu sambil mencatatkan torehan 3 gol dan 3 assist. Setelah itu, Nasri sempat bermain di Liga Turki sebelum akhirnya menuntaskan karier sepak bolanya yang indah di Belgia pada tahun 2020.

Tak banyak yang tahu bahwa kelima pemain top Prancis di atas ternyata pernah bermain di LaLiga. Tak mengherankan memang karena rata-rata mereka telah berada di penghujung karier saat tiba di Spanyol, kecuali untuk Nicolas Anelka. Adakah di antara nama-nama pesepak bola Prancis tersebut yang merupakan legenda klub favoritmu?

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Man United yang Main di LaLiga, Ada Top Skor Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya