5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester United

Andre Onana adalah lulusan La Masia terbaru di MU

Barcelona dikenal memiliki salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia. Akademi bernama La Masia tersebut telah menghasilkan puluhan pemain kelas dunia sejak dulu hingga sekarang. Banyak dari mereka yang sukses promosi ke tim utama Barcelona dan akhirnya berkembang jadi bintang.

Sejumlah lulusan La Masia juga pernah membela klub besar lain di Eropa. Salah satunya raksasa Inggris, Manchester United. Ada lima pemain didikan La Masia yang pernah berseragam The Red Devils, termasuk dua pemain aktif. Inilah kelima pemain tersebut.

1. Jordi Cruyff minim penampilan bersama Manchester United

5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester UnitedJordi Cruyff (manutd.com)

Jordi Cruyff adalah putra dari legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. Jordi Cruyff mulai menimba ilmu di akademi sepak bola Ajax Amsterdam. Namun, ia pindah ke La Masia pada 1988 alias saat ayahnya mulai menjabat sebagai pelatih Barcelona.

Cruyff kemudian dipercaya membela tim utama Barcelona pada 1994. Namun, ia hanya bertahan 2 musim sebelum memutuskan hengkang ke Manchester United. Sayangnya, Cruyff tak bisa banyak bermain bersama Setan Merah karena sering diganggu cedera.

Secara total, Cruyff hanya bermain 58 kali dalam 4 musim bagi Manchester United. Pemain berposisi gelandang serang itu juga hanya membuat 8 gol dan 4 assist. Beruntung, karier Cruyff di Manchester United dihiasi 1 trofi English Premier League (EPL) dan 2 Community Shield.

2. Gerard Pique menangi empat trofi bareng Setan Merah

5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester UnitedGerard Pique (manutd.com)

Didikan La Masia berikutnya yang pernah membela Manchester United adalah Gerard Pique. Bek tengah asal Spanyol itu menimba ilmu di La Masia pada 1997–2004. Namun, sebelum sempat debut bersama tim senior Barcelona, Pique keburu diboyong Manchester United.

Bersama Manchester United, Pique tak banyak bermain karena masih kalah bersaing dengan bek-bek lain. Namun, ia sempat bertahan hingga 2008 dan memenangi empat trofi. Itu termasuk raihan gelar juara EPL dan Liga Champions pada 2007/2008.

Setelah meraih sukses tersebut, barulah Pique kembali ke Barcelona. Ia meninggalkan Setan Merah dengan catatan 23 penampilan di semua ajang. Setelah pulang ke Barcelona, barulah Pique mencapai puncak kariernya dan meraih sukses yang jauh lebih besar.

Baca Juga: Gagal Pulangkan Messi, Pique Tertawakan Barcelona 

3. Victor Valdes gabung Manchester United setelah lama membela Barcelona

5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester UnitedVictor Valdes (premierleague.com)

Sementara itu, Victor Valdes bergabung ke Manchester United pada pengujung kariernya. Valdes lulus dari La Masia pada 2000 dan terus membela Barcelona hingga 2014. Setelah meninggalkan Barcelona, Valdes sempat berstatus tanpa klub sebelum dikontrak Manchester United pada Januari 2015.

Valdes sempat bermain dua kali bagi Setan Merah pada musim 2014/2015. Namun, ia berselisih dengan pelatih Louis van Gaal pada musim berikutnya. Alhasil, Valdes tak lagi diberi kesempatan tampil. Ia pun hengkang pada musim panas 2016 setelah kontraknya habis.

4. Andre Onana tak sempat tampil bagi Barcelona

5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester UnitedAndre Onana (instagram.com/andreonana.24)

Pada musim panas 2023, Manchester United kedatangan kiper baru jebolan La Masia. Ia adalah Andre Onana, kiper asal Kamerun. Onana pernah menimba ilmu di La Masia pada 2010–2015. Namun, ia tak sempat tampil bagi Barcelona karena keburu direkrut Ajax Amsterdam.

Onana berkembang bersama Ajax, sebelum diboyong Inter Milan pada 2022/2023. Hanya semusim di Italia, Onana hijrah lagi ke Manchester United. Ia diplot sebagai kiper utama menggantikan David De Gea. Sejauh ini, Onana sudah tampil empat kali bagi Setan Merah.

5. Marc Jurado baru dilepas Manchester United

5 Didikan Akademi Barcelona yang Pernah Berseragam Manchester UnitedMarc Jurado (manutd.com)

Berkebalikan dari Onana, Marc Jurado justru baru hengkang dari Manchester United. Jurado adalah bek kanan asal Spanyol yang baru berusia 19 tahun. Ia sempat ditempa di La Masia pada 2011–2020 sebelum lanjut menimba ilmu di akademi Manchester United.

Dalam 2 musim terakhir, Jurado bermain untuk tim junior Manchester United. Ia pernah masuk skuad Setan Merah di EPL 2022/2023, tetapi hanya duduk di bangku cadangan. Sebelum sempat bermain bagi tim utama Manchester United, Jurado dilepas ke Espanyol pada musim panas 2023.

Manchester United pernah menggunakan jasa lima pemain didikan akademi Barcelona. Andre Onana menjadi yang terbaru pada musim 2023/2024. Jika Setan Merah bisa meraih sukses bareng Onana, ada andil La Masia dalam kesuksesan tersebut.

Baca Juga: 8 Produk Akademi La Masia Terakhir yang Meninggalkan Barcelona

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya