5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub Lain

Termasuk legenda Manchester United

Manchester City adalah klub kaya yang sering mendatangkan para pemain top dari berbagai klub. Namun, The Citizens juga punya akademi yang kerap menghasilkan talenta top. Ada beberapa pemain jebolan akademi Manchester City yang menembus tim utama dan berhasil menjuarai English Premier League (EPL).

Selain itu, ternyata ada pula sejumlah pemain didikan akademi Manchester City yang kemudian sukses juara EPL bersama klub lain. Bahkan, salah satunya menjadi pemain tersukses sepanjang sejarah EPL. Inilah lima pemain tersebut.

1. Ryan Giggs

5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub LainRyan Giggs memegang trofi EPL. (premierleague.com)

Fans sepak bola pasti tahu bahwa Ryan Giggs adalah pemain legendaris Manchester United. Namun, tak banyak yang tahu bahwa eks winger asal Wales ini lebih dulu menimba ilmu di akademi Manchester City. Setelah 2 tahun di akademi Manchester City, Giggs pindah ke akademi Manchester United hingga lulus pada 1990.

Bersama Manchester United kemudian Giggs melegenda. Ia bahkan menjelma jadi pemain tersukses sepanjang sejarah EPL dengan tiga belas kali juara bareng Setan Merah. Meski namanya besar bersama Manchester United, tak bisa disangkal bahwa akademi Manchester City juga punya peran penting dalam karier Giggs.

2. Paul Warhurst

5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub LainPaul Warhurst (rovers.co.uk)

Nama Paul Warhurst mungkin tidak akrab di kalangan fans sepak bola. Pasalnya, mantan pemain asal Inggris ini lebih banyak membela klub-klub kecil sepanjang kariernya. Namun, Warhurst ternyata juga pernah menjuarai EPL, tepatnya bersama Blackburn Rovers pada musim 1994/1995.

Warhurst sendiri adalah pemain jebolan akademi Manchester City. Ia lulus pada tahun 1987, tetapi tak pernah dapat kesempatan bermain bersama tim senior The Citizens. Trofi EPL 1994/1995 adalah satu-satunya trofi mayor yang pernah didapat Warhurst selama sekitar 20 tahun berkarier sebagai pemain.

Baca Juga: 10 Fakta Kyle Walker, Bek Kanan Andalan Manchester City

3. Shaun Wright-Phillips

5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub LainShaun Wright-Phillips (skysports.com)

Berikutnya ada Shaun Wright-Phillips, eks winger asal Inggris yang terkenal dengan kecepatannya. Wright-Phillips lulus dari akademi Manchester City pada 1999 dan sukses jadi andalan The Citizens. Performa apik Wright-Phillips membuat Chelsea kepincut dan mendatangkannya pada 2005.

Musim pertama Wright-Phillips di Chelsea langsung berbuah trofi EPL. Ia bertahan membela Chelsea hingga 2008 dan memenangi total tiga gelar. Setelah itu, Wright-Phillips sempat kembali ke Manchester City. Uniknya, ia lalu pindah lagi pada 2011 alias setahun sebelum Manchester City memenangi EPL.

4. Daniel Sturridge

5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub LainDaniel Sturridge (skysports.com)

Daniel Sturridge juga adalah lulusan akademi Manchester City. Ia sempat jadi bagian tim senior The Citizens pada 2006–2009, tetapi tidak meraih trofi apa pun. Pasalnya, saat itu Manchester City belum menjadi klub bertabur bintang yang bisa bersaing memperebutkan gelar.

Sturridge pun pindah dan membela Chelsea pada 2009–2013. Meski ketajamannya tak menonjol, ia sukses meraih empat trofi bersama Chelsea, termasuk EPL 2009/2010. Sturridge juga pernah memenangi gelar saat membela Liverpool, tetapi ia keburu pindah sebelum The Reds menjuarai EPL pada 2019/2020.

5. Kasper Schmeichel

5 Pemain Didikan Akademi Manchester City yang Juara EPL di Klub LainKasper Schmeichel (lcfc.com)

Satu lagi jebolan akademi Manchester City yang meraih trofi EPL di klub lain adalah Kasper Schmeichel. Seperti Sturridge, Kasper Schmeichel juga sempat membela Manchester City pada 2006–2009 setelah lulus dari akademi. Namun, sang kiper asal Denmark minim kesempatan bermain dan tidak memenangi gelar.

Schmeichel baru meraih trofi mayor pertamanya bersama klub yang tak disangka-sangka, Leicester City. Schmeichel bersama Leicester membuat keajaiban pada musim 2015/2016 dengan menjuarai EPL. Selain itu, Schmeichel juga sukses memenangi Piala FA dan Community Shield bareng Leicester.

 

Lima pemain di atas memang tidak sukses bersama Manchester City. Namun, Manchester City tetap memiliki jasa dalam keberhasilan karier mereka. Akankah ada lagi lulusan akademi Manchester City yang sukses di klub lain?

Baca Juga: Jalan Terjal Kasper Schmeichel Hingga Tiba di Pentas Piala Dunia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya