Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia Bela

Aubameyang pernah cetak hattrick bagi enam klub

Pierre-Emerick Aubameyang sukses unjuk gigi pada matchday kelima fase grup Europa League 2023/2024. Striker Olympique Marseille asal Gabon itu mencetak hattrick ke gawang Ajax Amsterdam. Berkat trigol Aubameyang, Marseille menyudahi perlawanan Ajax dengan skor 4-3.

Hattrick Aubameyang ke gawang Ajax membuktikan bahwa dirinya belum habis. Nama Aubameyang memang sempat meredup dalam setahun terakhir, khususnya karena flop di Chelsea. Namun, ia mulai menemukan kembali ketajaman sejak pindah ke Marseille pada musim panas 2023.

Selain itu, Aubameyang juga menegaskan diri sebagai jagonya membuat hattrick. Aubameyang seolah punya tradisi mencetak hattrick bagi klub-klub yang ia bela. Setidaknya, ia sudah melakukannya bersama enam klub.

1. Aubameyang pernah membuat hattrick saat membela tim junior AC Milan

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang (sempremilan.com)

Ketajaman Pierre-Emerick Aubameyang sudah terlihat bahkan sebelum karier profesionalnya dimulai. Aubameyang pernah menimba ilmu di akademi AC Milan pada 2006–2008. Di sana, ia sempat membuat sensasi. Pada laga debutnya bersama tim primavera AC Milan, Aubameyang sukses mencetak hattrick.

Udinese adalah klub yang jadi korban hattrick Aubameyang saat itu. Termasuk hattrick tersebut, Aubameyang mencetak total 14 gol dalam 34 laga bagi tim primavera AC Milan. Sayangnya, setelah masuk tim senior Rossoneri, Aubameyang tak pernah dapat kesempatan tampil.

2. Aubameyang cetak total 47 gol bagi Saint-Etienne, termasuk 1 hattrick

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang (asse.fr)

Selama berseragam AC Milan, Pierre-Emerick Aubameyang sempat dipinjamkan ke beberapa klub, salah satunya Saint-Etienne. Aubameyang dipinjam Saint-Etienne pada Januari–Desember 2011. Ternyata, ia sukses tampil apik hingga statusnya dipermanenkan.

Aubameyang pun menetap di Saint-Etienne hingga 2013. Ia melakoni total 97 laga dan mencetak 47 gol serta 25 assist. Satu trofi juga berhasil dipersembahkan Aubameyang bagi Saint-Etienne, yaitu Piala Liga Prancis 2012/2013.

Ada pula torehan satu hattrick Aubameyang bagi Saint-Etienne. Itu terjadi pada pekan ke-22 Ligue 1 Prancis 2011/2012. Trigol Aubameyang membawa Saint-Etienne menang 4-2 atas FC Lorient pada laga tersebut.

3. Aubameyang punya koleksi enam hattrick selama membela Borussia Dortmund

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang merayakan hattrick pada debutnya di Bundesliga Jerman bareng Marco Reus. (bundesliga.com)

Sukses di Saint-Etienne, karier Pierre-Emerick Aubameyang berkembang lagi. Ia digaet raksasa Jerman, Borussia Dortmund, pada musim panas 2013. Periode membela Dortmund terbilang sebagai puncak ketajaman Aubameyang. Selama 4,5 tahun, ia sukses mencetak 141 gol bagi Die Borussen.

Aubameyang juga punya koleksi enam hattrick bagi Borussia Dortmund, tiga di antaranya tercipta di Bundesliga Jerman. Bahkan, debutnya di Bundesliga langsung dihiasi hattrick. Saat itu, Aubameyang mencetak trigol ke gawang FC Augsburg pada pekan perdana Bundesliga 2013/2014.

Ada pula hattrick Aubameyang bagi Dortmund di Liga Champions, Europa League, dan DFB-Pokal. Sayangnya, Aubameyang hanya memenangi 1 DFB-Pokal dan 2 Piala Super Jerman bareng Dortmund. Ia tak berhasil membawa Dortmund berjaya di Bundesliga maupun Eropa.

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!

4. Aubameyang cetak tiga hattrick bagi Arsenal di tiga ajang berbeda

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang mencetak hattrick untuk Arsenal di Europa League 2018/2019. (instagram.com/auba)

Pierre-Emerick Aubameyang juga bersinar di Arsenal. Ia khususnya gacor pada musim kedua bersama The Gunners yaitu 2018/2019. Aubameyang mencetak 31 gol di semua ajang sepanjang musim tersebut. Itu termasuk 22 gol di English Premier League (EPL) hingga menjadi top skor.

Aubameyang juga berperan besar membawa Arsenal menembus final Europa League 2018/2019. Ia mencetak hattrick ke gawang Valencia pada leg kedua babak semifinal. Sayangnya, The Gunners gagal juara karena dikalahkan Chelsea di partai puncak.

Ada pula torehan hattrick Aubameyang bagi Arsenal di EPL 2020/2021 dan Piala Liga 2021/2022. Secara total, Aubameyang mengoleksi 92 gol dalam 162 penampilan bersama Arsenal. Catatan itu dilengkapi raihan 1 trofi Piala FA dan 1 Community Shield.

5. Aubameyang lengkapi koleksi hattrick di empat liga top Eropa saat membela Barcelona

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang merayakan hattrick untuk Barcelona di LaLiga Spanyol 2021/2022. (instagram.com/auba)

Selepas membela Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang sempat berseragam Barcelona selama setengah musim. Ia bergabung pada Februari 2022 dan dilepas sekitar 7 bulan kemudian. Meski singkat, periode Aubameyang di Barcelona cukup berkesan. Ia sukses mengoleksi 13 gol dalam 24 penampilan.

Itu termasuk satu hattrick pada pekan ke-25 LaLiga Spanyol 2021/2022 saat Barcelona bersua Valencia. Dengan demikian, Aubameyang memiliki koleksi hattrick di empat liga top Eropa. Keempatnya adalah Ligue 1 Prancis, Bundesliga Jerman, English Premier League, dan LaLiga Spanyol.

6. Aubameyang sudah buat satu hattrick bagi Olympique Marseille

Tradisi Pierre-Emerick Aubameyang Buat Hattrick bagi Klub yang Ia BelaPierre-Emerick Aubameyang mengeksekusi penalti saat melawan Ajax Amsterdam di Europa League 2023/2024. (om.fr)

Musim 2023/2024 ini, Pierre-Emerick Aubameyang masih meneruskan tradisi mencetak hattrick. Tiga gol ke gawang Ajax di Europa League adalah hattrick pertamanya bagi Olympique Marseille. Khusus di ajang Europa League, itu merupakan hattrick ketiga Aubameyang dalam kariernya.

Sejauh ini, Aubameyang sudah membuat 9 gol dalam 19 laga bagi Marseille. Ia pun menjadi top skor sementara Marseille musim ini. Jika dibandingkan dengan kegagalannya musim lalu di Chelsea, kebangkitan performa Aubameyang terbilang luar biasa.

Mencetak hattrick bagi enam klub berbeda adalah catatan yang unik dan luar biasa. Tak sembarang pemain mampu melakukan hal serupa. Sekali lagi, Pierre-Emerick Aubameyang membuktikan dirinya sebagai striker kelas dunia.

Baca Juga: 9 Pemain Chelsea yang Pindah ke Klub Prancis Sebelum Aubameyang

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya