Comscore Tracker

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari Asia

Bukan hanya penyerang yang bisa membuat banyak gol

Mencetak gol untuk tim nasional adalah kebangaan tersendiri bagi seorang pemain. Apalagi jika ia bisa mencetak banyak gol. Umumnya, pemain yang bisa melakukan hal itu tentu adalah pemain berposisi penyerang atau gelandang.

Namun, ternyata ada pula pemain berposisi bek yang bisa membuat cukup banyak gol bagi negaranya. Sebagian besar dari mereka kini sudah pensiun, tapi ada yang masih aktif bermain. Mau tahu siapa saja? Ini dia 5 bek dengan koleksi gol terbanyak di ajang internasional.

5. Rafael Marquez (17 gol)

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari AsiaRafael Marquez (goal.com)

Dari urutan kelima, ada Rafael Marquez, bek asal Meksiko yang berkarier sebagai pemain sejak 1996 hingga 2018. Marquez pernah membela beberapa klub dan ia paling dikenal saat membela Barcelona pada 2003 hingga 2010. Marquez adalah bek yang cukup produktif, baik bersama klub maupun timnas.

Selama membela timnas, Marquez mencetak 17 gol dalam 147 caps. Itu termasuk 3 gol dalam 19 pertandingan di Piala Dunia. Marquez juga sempat cukup lama dipercaya jadi kapten timnas dan membawa negaranya meraih 4 trofi, termasuk 1 Piala Konfederasi tahun 1999.

4. Yuji Nakazawa (17 gol)

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari AsiaYuji Nakazawa (eurosport.com)

Berikutnya ada Yuji Nakazawa, bek asal Jepang yang catatan golnya untuk timnas setara dengan Marquez, yaitu 17 gol. Nakazawa bermain di era yang sama dengan Marquez, namun namanya memang tak terlalu populer karena ia tak pernah main di Eropa. Selama berkarier, Nakazawa hanya pernah membela Tokyo Verdy dan Yokohama Marinos di negaranya.

Bersama Timnas Jepang, Nakazawa mencatat total 113 caps, termasuk 7 laga di Piala Dunia. Ia juga pernah dipercaya jadi kapten timnas dan sempat membawa negaranya juara Piala Asia secara beruntun pada tahun 2000 dan 2004. Sementara di Piala Dunia, pencapaian terbaik Nakazawa adalah membawa Jepang mencapai babak 16 besar pada Piala Dunia 2010.

Baca Juga: Hebat! 5 Pemain Timnas Indonesia yang Mencetak 4 Gol dalam 1 Laga

3. Darijo Srna (22 gol)

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari AsiaDarijo Srna (breakingthelines.com)

Darijo Srna adalah mantan pemain asal Kroasia yang berposisi sebagai bek kanan. Ia dikenal sebagai legenda Shakhtar Donetsk karena pernah membela klub Ukraina itu selama 15 tahun. Srna juga pernah bermain di Serie A bersama Cagliari meski hanya semusim. Sebagai bek kanan, Srna cukup produktif dengan koleksi 47 gol di level klub.

Sementara di timnas, catatan gol Srna pun cukup tinggi yaitu 22 gol dalam 134 pertandingan. Selain itu, ia juga membuat 28 assist selama membela timnas. Srna sempat membela Kroasia di dua edisi Piala Dunia, tapi sayangnya ia tak jadi bagian skuad Kroasia yang lolos ke Piala Dunia 2018 karena saat itu sudah pensiun dari timnas.

2. Sergio Ramos (23 gol)

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari AsiaSergio Ramos (goal.com)

Ini adalah satu-satunya pemain di daftar ini yang masih aktif bermain. Sergio Ramos memang terkenal sebagai bek yang sangat produktif mencetak gol. Sejauh ini, ia sudah membuat 104 gol di level klub, sebagian besarnya tentu bersama Real Madrid yang ia bela sejak 2005 hingga 2021.

Ketajaman Ramos juga nyata bersama Timnas Spanyol. Sejauh ini catatan golnya bersama La Furia Roja sudah berada di angka 23 gol dalam 180 laga. Ramos juga berperan besar membawa Spanyol menjuarai Piala Dunia 2010 serta Piala Eropa 2008 dan 2012. Meski sudah berusia 35 tahun, sejauh ini Ramos masih belum menyatakan pensiun dari timnas.

1. Fernando Hierro (29 gol)

5 Bek dengan Koleksi Gol Terbanyak Bagi Timnas, Ada yang dari AsiaFernando Hierro (bwfc.co.uk)

Sebelum era Ramos, Timnas Spanyol sudah punya pemain bertahan yang jago mencetak gol. Ia adalah Fernando Hierro yang berkarier sebagai pemain sejak 1982 hingga 2005. Seperti Ramos, Hierro juga terkenal sebagai legenda Real Madrid karena pernah membela Los Blancos selama 18 tahun.

Selama bermain, Hierro mencetak total 130 gol di level klub serta 29 gol bersama timnas. Ia pun tercatat sebagai bek paling produktif di level internasional. Hierro bahkan punya koleksi 5 gol di Piala Dunia. Hierro sukses meraih banyak trofi bersama Real Madrid, namun sayang ia tak sempat mempersembahkan trofi untuk timnas.

 

Meski tugas utamanya bukan membobol gawang lawan, pemain berposisi bek juga bisa mencetak banyak gol, termasuk bersama timnas. Lima pemain di atas adalah buktinya. Siapa yang paling kamu kagumi di antara mereka?

Baca Juga: 6 Kiper Berkebangsaan Spanyol yang Membela Klub EPL Saat Ini 

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya