Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League 

Siapa bilang pemain dari negara kecil gak bisa berprestasi? 

Di dunia sepak bola, ada negara-negara yang terkenal sebagai negara kuat, contohnya Brasil, Spanyol, Italia, Jerman, Belanda dan banyak lagi. Negara-negara itu hampir selalu menghasilkan pemain-pemain terbaik setiap tahunnya, dan pemain-pemain tersebut malang melintang di berbagai klub terbaik khususnya di Eropa.

Sementara di sisi sebaliknya, ada pula negara-negara yang sejak dulu hanya dikenal sebagai negara kecil di dunia sepak bola. Namun, bukan berarti mereka gak bisa menghasilkan pemain hebat. Buktinya, beberapa pemain dari negara-negara kecil itu pernah sukses berkarier di Premier League Inggris. Siapa saja mereka? Ini dia ulasannya.

1. Dwight Yorke (Trinidad dan Tobago) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League dwightyorke.org

Apakah kamu tahu Trinidad dan Tobago? Itu adalah negara kecil di Kepulauan Karibia yang hanya berpenduduk 1,4 juta orang. Negara ini memang gak punya nama besar di dunia sepak bola, tapi ternyata pernah ada satu pemain yang mendunia dari negara ini, bahkan pernah membela salah satu klub terbesar dunia yaitu Manchester United. Pemain itu adalah Dwight Yorke.

Yorke membela Setan Merah pada tahun 1998-2002 dan menyumbang 65 gol dalam 152 laga di semua ajang. Ia juga pernah bermain untuk Aston Villa, Blackburn Rovers, Sunderland, dan Birmingham City. Menurut laman resmi Premier League, golnya di liga yang berjumlah 123 sempat menjadi rekor untuk pemain non-Eropa, sebelum akhirnya dilewati oleh Sergio Aguero pada 2017.

2. Sami Hyypia (Finlandia) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League dailymail.co.uk

Finlandia juga adalah negara yang tidak ternama di sepak bola. Negara di semenanjung Skandinavia ini belum pernah tampil di Piala Dunia maupun Piala Eropa. Tapi seorang bek jangkung bernama Sami Hyypia pernah mengharumkan nama negara ini dengan meraih sukses di Premier League.

Hyypia adalah legenda Liverpool yang mencatatkan 464 penampilan di semua ajang selama 10 musim membela The Reds. Ia juga sukses menyumbang 35 gol dan membantu Liverpool meraih 13 trofi. Meski gak pernah sekalipun menjuarai liga, tak diragukan lagi ia adalah salah satu bek terbaik yang pernah membela Liverpool di era Premier League.

3. Yossi Benayoun (Israel) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League talksport.com

Sementara Yossi Benayoun menjadi salah satu pemain legendaris paling menonjol dari Israel, negara yang secara geografis masuk benua Asia tapi terdaftar di Eropa untuk urusan olahraga. Di Premier League, Benayoun pernah membela tim-tim besar semacam Arsenal, Chelsea, dan yang paling lama adalah Liverpool.

Berposisi sebagai gelandang, situs Premier League mencatat bahwa Benayoun total memainkan 194 penampilan di Premier League dan mencetak 31 gol serta 22 assist. Satu buah trofi berhasil ia raih yaitu Europa League musim 2012-13 bersama Chelsea. Pada April 2019, Benayoun memutuskan pensiun pada usia 39 tahun.

4. Emmanuel Adebayor (Togo) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League goal.com

Pemain yang berasal dari negara kecil Afrika pun bisa berkarier dan sukses di Premier League. Emmanuel Adebayor yang berasal dari Togo membuktikan hal itu dengan mencatat karier yang gemilang di Inggris, pernah membela tim-tim kuat macam Arsenal, Manchester City, hingga Tottenham Hotspur. Bahkan, Adebayor juga pernah memperkuat raksasa Spanyol Real Madrid.

Di Premier League sendiri Adebayor punya catatan gemilang, yaitu pemain Afrika tertajam kedua sepanjang masa Premier League dengan koleksi 97 gol, hanya kalah dari Didier Drogba yang mencetak 104 gol. Adebayor memang gagal meraih trofi selama berkarier di Inggris, tapi ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Afrika kala berseragam Arsenal pada 2008.

Baca Juga: 10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? 

5. Edin Dzeko (Bosnia dan Herzegovina) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League bleacherreport.net

Negara lain yang tidak memiliki prestasi mentereng di dunia sepak bola adalah Bosnia dan Herzegovina. Semenjak berpisah dari Yugoslavia pada 1998, timnas Bosnia baru sekali lolos ke Piala Dunia dan belum pernah berpartisipasi di Piala Eropa. Namun striker Edin Dzeko terbukti sebagai salah satu produk terbaik Bosnia yang sanggup mendunia.

Dzeko pernah bermain di Premier League bersama Manchester City pada 2011 hingga 2016. Ia cukup sukses di City, mencetak 72 gol dalam 189 laga di semua ajang. Lima trofi juga berhasil ia rengkuh selama membela The Citizen, termasuk 2 trofi Premier League dan 1 Piala FA. Kini Dzeko membela AS Roma dan ketajamannya terbukti tak berkurang bersama tim ibukota Italia itu.

6. Dimitar Berbatov (Bulgaria) 

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League talksport.com

Sementara timnas Bulgaria memang pernah membuat prestasi mengejutkan dengan jadi semifinalis Piala Dunia 1994, tapi selebihnya pencapaian mereka sangat minim, Dalam 20 tahun terakhir pun mereka hanya sekali lolos ke turnamen besar yaitu Euro 2004. Tapi Bulgaria pernah memunculkan nama Dimitar Berbatov, striker yang kehebatannya di Premier League gak perlu diragukan lagi.

Berbatov pernah membela Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Fulham di Premier League. Periode tersuksesnya adalah bersama MU dimana ia mencetak 56 gol dalam 149 laga di semua ajang, seperti dicatat Transfermarkt. Di Premier League sendiri, torehan Berba bersama 3 klub yang pernah dibelanya adalah 94 gol dalam 229 pertandingan.

7. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)  

Berasal dari Negara Kecil, 7 Pemain Ini Sukses di Premier League teamtalk.com

Last but not least, tentu ada Pierre-Emerick Aubameyang, striker tajam yang kini membela Arsenal. Sejauh ini, Auba sudah mencetak 70 gol untuk Arsenal, 54 di antaranya di ajang Premier League. Ia juga satu kali menjadi top skor Premier League dan baru saja membantu Arsenal merebut Piala FA 2019-20.

Siapa menyangka bahwa semua prestasi hebat itu bisa ditorehkan oleh seorang pemain asal Gabon, yang gak pernah ikut Piala Dunia dan baru 6 kali lolos ke Piala Afrika. Akankah ketajaman Auba membantu timnas negaranya berbicara lebih banyak di ajang internasional?

Itulah 7 pemain yang berasal dari negara-negara kecil di dunia sepak bola, tapi sukses berkarier di Premier League. Itu membuktikan bahwa tak peduli dari mana kita berasal, usaha dan kerja keras yang sungguh-sungguh pasti bisa membuahkan hasil manis!

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga Belgia, Gudangnya Bakat Muda!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya