Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak Promosi

Manchester City jadi korban terbaru!

Dalam beberapa musim terakhir, ada 2 klub semenjana Inggris yang kerap membuat kejutan di English Premier League (EPL). Klub tersebut adalah Brighton & Hove Albion dan Brentford.

Biasa menghuni papan bawah, Brighton tampil impresif sejak musim 2021/2022 dan kerap mengalahkan klub-klub besar EPL. Predikat pembunuh raksasa juga tak menjadi milik Brighton saja.

Brentford juga mulai muncul sebagai penakluk klub besar sejak promosi ke EPL pada 2021/2022 lalu. "Sengatan" dari The Bees setidaknya sudah dirasakan empat klub besar EPL sejauh ini, dan bukan mustahil bakal bertambah.

1. Debut di EPL musim lalu, Brentford langsung kalahkan Arsenal

Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak PromosiPara pemain Brentford merayakan gol ke gawang Arsenal di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Pada musim 2021/2022, Brentford berhasil mencatat sejarah. Mereka resmi bermain di divisi teratas Liga Inggris untuk pertama kali sejak 1947.

Pada musim debutnya di EPL, Brentford langsung mendapat lawan berat. Mereka mesti menjamu Arsenal, salah satu klub besar EPL.

Siapa sangka, ternyata malah Meriam London yang harus takluk dari Si Lebah. Brentford sukses memulangkan Arsenal dengan nol poin berkat kemenangan 2-0. Dengan kemenangan itu, Brentford memberi sinyal awal bahwa mereka tak hanya akan sekadar numpang lewat di EPL.

2. Jelang akhir musim 2021/2022, Brentford bantai Chelsea 4-1 di Stamford Bridge

Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak PromosiBrentford melawan Chelsea di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Setelah membuat kejutan di pekan pembuka, Brentford memang lebih banyak melalui musim 2021/2022 dengan hasil negatif. Namun, jelang akhir musim, mereka sempat memanas lagi.

Delapan pekan terakhir EPL dihiasi Brentford dengan lima kemenangan, termasuk pembantaian 4-1 atas Chelsea. Padahal, saat itu Chelsea bermain di kandangnya sendiri.

Sebelum laga itu pun, Chelsea sedang tak terkalahkan dalam sepuluh laga di semua ajang. Rentetan hasil positif pada pengujung musim sendiri akhirnya membuat Brentford finis di peringkat 13 EPL 2021/2022.

Baca Juga: 6 Hal Menarik yang Terjadi saat Brentford Bantai Man United 4-0

3. Manchester United malah dihajar Brentford dengan skor lebih telak

Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak PromosiBrentford melawan Manchester United di EPL 2022/2023. (premierleague.com)

Memasuki musim baru, Brentford memberi bukti bahwa mereka bisa bertahan di EPL bukan karena kebetulan. Baru 2 pekan EPL 2022/2023 berjalan, The Bees langsung menyengat lagi.

Manchester United yang datang bertamu dibantai dengan skor lebih telak dibanding kemenangan atas Chelsea, yaitu 4-0. Hebatnya, empat gol Brentford tercipta hanya dalam 35 menit pertama laga.

Brentford juga bermain bersih tanpa terkena kartu, sementara empat pemain Manchester United mendapat kartu kuning. Bagi Brentford, skor 4-0 sendiri menyamai kemenangan terbesar mereka atas Setan Merah pada tahun 1936 silam.

4. Terbaru, Brentford taklukkan Manchester City di kandangnya sendiri

Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak PromosiBrentford melawan Manchester City di EPL 2022/2023. (premierleague.com)

Klub besar EPL yang jadi korban terbaru Brentford adalah Manchester City. The Cityzens mengincar kemenangan atas Brentford pada laga terakhir EPL 2022/2023 sebelum jeda Piala Dunia. Bermain di Etihad Stadium, Manchester City pun menggempur Brentford habis-habisan.

Namun, penampilan liat Brentford berbuah manis. Mereka menahan Manchester City 1-1 hingga pengujung laga, lalu membunuh The Cityzens lewat satu serangan terakhir. Brentford pun memasuki jeda Piala Dunia 2022 dengan predikat penghuni sepuluh besar klasemen sementara EPL.

5. Liverpool dan Tottenham Hotspur juga pernah ditahan imbang Brentford

Jejak Langkah Brentford, Penakluk Raksasa Premier League sejak PromosiBrentford bermain imbang 3-3 dengan Liverpool di EPL 2021/2022. (premierleague.com)

Bagaimana dengan dua anggota The Big Six EPL lain, yaitu Liverpool dan Tottenham Hotspur? Sejauh ini, Brentford memang belum berhasil mengalahkan keduanya. Namun, bukan berarti The Bees selalu jadi bulan-bulanan bagi mereka.

Brentford juga pernah menyulitkan The Reds dan The Lilywhites. Liverpool sempat ditahan imbang 3-3 pada pekan keenam EPL 2021/2022.

Sementara, Tottenham diganjal 0-0 pada pekan ke-34 musim yang sama. Bukan mustahil, pada pertemuan berikutnya, Brentford bakal mencuri poin penuh dari keduanya.

 

Sudah ada empat klub besar EPL yang dikalahkan Brentford sejak mereka promosi. Sementara, dua klub besar lainnya pernah ditahan imbang.

Jika bisa lebih konsisten saat melawan tim-tim papan tengah dan bawah, Brentford bisa jadi kuda hitam terbaru di EPL musim ini. Mampukah Brentford memberi kejutan lainnya?

Baca Juga: Brentford Permalukan Manchester City di Kandangnya

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya