4 Didikan Akademi West Ham United yang Bela Klub Lain di EPL 2023/2024

Ada yang sempat persembahkan trofi bagi West Ham

West Ham United pernah menghasilkan cukup banyak pemain bintang dari akademi mereka. Beberapa nama yang populer mencakup Frank Lampard, John Terry, Rio Ferdinand, dan Michael Carrick. Mereka sukses bersinar dan pernah meraih banyak trofi selama berkarier.

Sayangnya, para pemain tersebut baru meraih sukses setelah bergabung dengan klub lain. Sementara, West Ham United sebagai penemu bakat mereka justru kesulitan berprestasi. The Hammers pun lebih dikenal sebagai klub semenjana di English Premier League (EPL).

Pada musim 2023/2024 ini, ada empat pemain didikan akademi West Ham United yang membela klub lain di EPL. Bagaimana kiprah mereka setelah meninggalkan West Ham?

1. Declan Rice bawa Arsenal tempel Tottenham Hotspur di puncak klasemen EPL

4 Didikan Akademi West Ham United yang Bela Klub Lain di EPL 2023/2024Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Salah satu produk terbaik akademi West Ham pada era modern adalah Declan Rice. Gelandang asal Inggris itu sudah bermain bagi tim senior West Ham pada 2017 saat berusia 18 tahun. Sejak itu, Rice terus berkembang jadi gelandang bertahan top di EPL.

Kualitas Rice membuatnya jadi incaran klub-klub besar EPL sejak lama. Ia akhirnya dilepas West Ham ke Arsenal pada musim panas 2023. Untungnya, tepat sebelum hijrah, Rice sudah mempersembahkan trofi Europa Conference League 2022/2023 bagi The Hammers.

Kini, Rice menjadi andalan baru di lini tengah Arsenal. Ia selalu jadi starter dalam sebelas laga The Gunners pada awal 2023/2024. Berkat perannya, Arsenal tengah duduk di peringkat kedua klasemen sementara EPL. Mereka punya poin sama dengan Tottenham Hotspur yang berada di puncak.

Baca Juga: 3 Gelandang yang Didatangkan West Ham United pada Musim Panas 2023

2. James Tomkins menetap selama 8 tahun di West Ham sebelum hengkang

4 Didikan Akademi West Ham United yang Bela Klub Lain di EPL 2023/2024James Tomkins (cpfc.co.uk)

James Tomkins juga sempat lama membela West Ham United sebelum akhirnya hengkang. Tomkins adalah bek tengah jebolan akademi West Ham pada 2008. Ia terus menetap bersama The Hammers hingga 2016. Tomkins bahkan tetap setia meski West Ham sempat bermain di divisi kedua pada 2011/2012.

Selama 8 tahun mengabdi, Tomkins mencatat total 243 penampilan di semua ajang bersama West Ham. Setelah itu, Tomkins hijrah ke Crystal Palace. Lagi-lagi, ia menunjukkan loyalitas pada klubnya. Tomkins masih terus membela Palace hingga saat ini.

Sayangnya, Tomkins kini makin jarang merumput bersama Crystal Palace. Ia minim penampilan dalam beberapa musim terakhir, bahkan baru bermain satu kali pada 2023/2024. Crystal Palace sendiri sedang berada di tangga ke-9 EPL sementara musim ini, alias dua tingkat di bawah West Ham.

3. Josh Cullen minim kesempatan tampil di West Ham

4 Didikan Akademi West Ham United yang Bela Klub Lain di EPL 2023/2024Josh Cullen (instagram.com/josh.cullen)

Ada pula jebolan akademi West Ham yang jarang dapat kesempatan tampil bersama tim utama. Salah satunya Josh Cullen, gelandang yang kini membela Burnley. Cullen lulus dari akademi West Ham pada 2015 dan terus bertahan hingga 2020. Namun, ia lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Pada akhirnya, Cullen hanya sempat mencatat sepuluh penampilan bersama West Ham. Kini, situasi Cullen jauh lebih baik di Burnley. Ia bergabung pada 2022 dan langsung jadi andalan. Musim ini, Cullen belum pernah absen membela Burnley di EPL, bahkan beberapa kali jadi kapten.

4. Kortney Hause belum tampil bagi Aston Villa musim ini

4 Didikan Akademi West Ham United yang Bela Klub Lain di EPL 2023/2024Kortney Hause (instagram.com/kort30haus)

Kortney Hause malah tak sempat bermain bagi tim senior West Ham United. Hause mulai menimba ilmu di akademi West Ham. Namun, ia pindah ke Birmingham City lalu Wycombe Wanderers. Karier profesional Hause pun dimulai bersama Wycombe.

Saat ini, Hause sedang memperkuat Aston Villa sejak 2019. Namun, bek asal Inggris itu kalah bersaing hingga minim penampilan. Sejauh ini, Hause baru bermain 55 kali bagi The Villans di semua ajang. Ia bahkan belum sekali pun tampil pada musim 2023/2024.

Di antara empat pemain di atas, Declan Rice adalah yang terakhir meninggalkan West Ham. Namun, ia juga punya peluang terbesar untuk sukses di klub barunya. Bukan mustahil, Rice bakal menyusul para pemain didikan akademi West Ham yang meraih trofi di klub lain.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif West Ham United yang Pernah Membela Klub London Lain

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya