4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024

Ada yang menjadi pemain kunci klubnya saat ini

Eredivisie Belanda adalah liga yang cukup populer dan prestisius di Eropa. Namun, Eredivisie umumnya tidak dianggap sebagai salah satu liga top Eropa. Maka, banyak pemain hanya menjadikan Eredivisie sebagai batu loncatan sebelum hijrah ke liga yang lebih ternama.

Klub-klub liga top Eropa sendiri memang sering mengincar pemain dari Eredivisie. Para pemain yang bersinar di Eredivisie tentu paling sering jadi rebutan, misalnya peraih gelar top skor. Harapannya, mereka bisa terus gacor setelah pindah ke liga yang lebih bergengsi.

Apakah harapan tersebut berhasil terwujud? Mari meninjau faktanya berdasarkan kiprah empat eks top skor Eredivisie Belanda yang bermain di liga top Eropa 2023/2024 berikut ini.

1. Memphis Depay alami pasang surut dalam kariernya usai tinggalkan PSV Eindhoven

4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Memphis Depay (instagram.com/memphisdepay)

Pertama, ada Memphis Depay, striker Atletico Madrid asal Belanda. Jauh sebelum membela Atletico, Memphis mengawali kariernya di negaranya sendiri. Ia lulus dari akademi PSV Eindhoven pada 2011 dan bertahan hingga 2015. Selama membela PSV, Memphis sukses mengoleksi 39 gol dalam 90 penampilan di Eredivisie.

Memphis juga sempat merebut gelar top skor Eredivisie pada 2014/2015 dengan 22 gol. Ketajamannya turut membawa PSV menjadi juara Eredivisie musim tersebut. Capaian itu langsung membuat Memphis dibajak Manchester United. Sayangnya, ia flop bersama Setan Merah dengan torehan hanya 7 gol dalam 53 penampilan.

Karier Memphis sempat bangkit setelah ia pindah ke Olympique Lyon. Ia lalu membela Barcelona selama 1,5 musim, tetapi kembali menurun. Kini, Memphis telah menjadi pemain Atletico Madrid sejak Januari 2023. Sejauh ini, ia baru tampil 20 kali bagi Atletico dan membuat 6 gol. Itu termasuk 2 gol dalam 11 laga musim 2023/2024.

2. Sebastien Haller belum mampu bersinar setelah bergabung ke Borussia Dortmund

4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Sebastien Haller (twitter.com/BVB)

Sebastien Haller menjadi top skor Eredivisie pada musim 2021/2022. Saat itu, sang striker asal Pantai Gading mencetak 21 gol di Eredivisie bareng Ajax Amsterdam. Haller pun turut membawa Ajax menjuarai Eredivisie musim tersebut. Segera Haller menarik minat Borussia Dortmund untuk memboyongnya pada musim panas 2022.

Haller diproyeksikan untuk jadi striker utama Dortmund untuk menggantikan Erling Haaland yang pindah ke Manchester City. Sayangnya, Haller sempat lama absen karena harus menjalani perawatan kanker yang ia derita. Ia baru bisa tampil pada paruh kedua musim dengan catatan 22 penampilan dan 9 gol.

Musim ini, Haller sudah fit sehingga harusnya bisa tampil reguler. Sayangnya, ketajamannya justru merosot drastis. Ia masih nihil gol di Bundesliga Jerman hingga pekan ke-16. Sejak pertengahan September 2023, Haller pun hanya menjadi pelapis di lini depan Borussia Dortmund.

Baca Juga: Haller dan Deretan Striker Termahal yang Pernah Dijual Ajax Amsterdam

3. Anastasios Douvikas masih kesulitan bersaing di lini depan Celta Vigo

4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Anastasios Douvikas (instagram.com/tasosdouvikas)

Pada musim 2022/2023 lalu, gelar top skor Eredivisie diraih dua pemain yang sama-sama mengoleksi 19 gol. Salah satunya Anastasios Douvikas, striker Yunani yang saat itu membela FC Utrecht. Douvikas pun menjadi pemain Yunani ketiga yang merebut gelar top skor Eredivisie, menyusul Nikos Machlas dan Giorgos Giakoumakis.

Douvikas pun naik kelas ke liga top Eropa pada musim 2023/2024. Ia bergabung ke klub LaLiga Spanyol, Celta Vigo. Namun, persaingan di lini depan Celta Vigo terbukti lebih berat bagi Douvikas. Ia sudah tampil 14 kali di LaLiga musim ini, tetapi hanya 3 kali sebagai starter. Douvikas pun baru mengoleksi tiga gol di LaLiga bersama klub barunya.

4. Xavi Simons menjadi pemain kunci RB Leipzig pada 2023/2024 meski hanya dipinjam

4 Eks Top Skor Eredivisie yang Bermain di Liga Top Eropa 2023/2024Xavi Simons (instagram.com/xavisimons)

Pemain lain yang menjadi top skor Eredivisie 2022/2023 adalah Xavi Simons. Ia juga sukses mencetak 19 gol bersama PSV Eindhoven. Padahal, itu adalah musim perdana Simons di Eredivisie. Winger asal Belanda itu juga baru berusia 19 tahun ketika bergabung dengan PSV.

Simons sendiri didapatkan PSV dari Paris Saint-Germain (PSG). Sukses bersinar setelah dilepas, Simons pun menggoda PSG untuk memulangkannya. Les Parisiens mengaktifkan klausul pembelian kembali yang terdapat dalam kontrak Simons pada musim panas 2023. Uniknya, setelah itu Simons segera dipinjamkan PSG ke RB Leipzig untuk musim 2023/2024.

Bersama RB Leipzig, Simons sukses menjelma menjadi pemain penting. Ia selalu bermain dalam total 25 laga yang sudah dijalani RB Leipzig musim ini. Sumbangsihnya pun impresif, dengan cakupan 6 gol dan 9 assist. Simons bahkan sudah membawa RB Leipzig meraih trofi Piala Super Jerman pada awal musim.

Dari empat pemain di atas, hanya Xavi Simons yang terbilang moncer di liga top Eropa pada 2023/2024. Pengalaman mereka menjadi top skor Eredivisie Belanda ternyata bukan jaminan sukses di liga yang lebih bergengsi. Namun, tentu mereka masih punya kesempatan untuk memulihkan prestasinya sebelum musim ini berakhir.

Baca Juga: 5 Pemilik Nomor Punggung 20 RB Leipzig sebelum Xavi Simons

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya