3 Hasil Paling Mengejutkan pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023

Dua tim unggulan menelan kekalahan

Piala Afrika 2023 telah menyelesaikan matchday pertama fase grup. Sebanyak 12 laga dalam 6 grup sudah digelar pada 14−18 Januari 2024 WIB. Hasilnya, kemenangan berhasil diraih oleh sejumlah tim unggulan. Pantai Gading, Senegal, dan Maroko yang berstatus unggulan teratas sukses melibas lawan-lawannya. Mali dan Burkina Faso pun meraih tiga poin.

Di sisi lain, ada pula kejutan yang terjadi. Beberapa tim underdog sukses menjegal tim yang lebih diunggulkan. Bahkan, ada dua tim yang berhasil meraih kemenangan perdana mereka dalam sejarah Piala Afrika. Inilah tiga hasil paling mengejutkan yang terjadi pada matchday pembuka fase grup Piala Afrika 2023.

1. Mesir harus bersusah payah untuk bermain imbang dengan Mozambik

3 Hasil Paling Mengejutkan pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Mesir melawan Mozambik di Piala Afrika 2023. (instagram.com/caf_online)

Grup B Piala Afrika 2023 menyajikan dua kejutan sekaligus pada matchday pertama. Mesir yang berstatus tim tersukses dalam sejarah Piala Afrika hanya mampu bermain imbang melawan Mozambik. Padahal, Timnas Mozambik baru lima kali ikut Piala Afrika. Mereka belum pernah menang dan sudah absen di Piala Afrika sejak 2010.

Mozambik bahkan sempat nyaris membuat kejutan yang lebih besar pada laga melawan Mesir. Mereka hampir menang karena berhasil unggul 2-1 hingga injury time babak kedua. Namun, Mesir mampu menyamakan kedudukan meski dengan susah payah. The Pharaohs butuh gol penalti Mohamed Salah pada menit ke-97 untuk menyelamatkan satu poin.

Meski gagal menang, raihan satu poin sangat berarti bagi Mozambik. Itu sudah menyamai jumlah poin terbanyak yang mereka raih dalam satu edisi Piala Afrika. Mereka bisa mencatat rekor baru jika mampu meraih tambahan poin. Sementara, Mesir harus bangkit dalam dua laga berikutnya demi menjaga asa menjadi juara Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 5 Top Skor Timnas yang Dibawa ke Piala Afrika 2023, Siapa Saja?

2. Cape Verde mengalahkan Ghana melalui gol dramatis pada pengujung laga

3 Hasil Paling Mengejutkan pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Para pemain Cape Verde merayakan gol ke gawang Ghana di Piala Afrika 2023. (instagram.com/caf_online)

Matchday pertama Grup B Piala Afrika 2023 juga menyajikan pertemuan antara Ghana melawan Cape Verde. Ternyata, hasilnya pun mengejutkan. Ghana yang lebih diunggulkan terjungkal oleh Cape Verde dengan skor 1-2. Bahkan, Cape Verde mampu tampil lebih dominan dalam hal penguasaan bola dan jumlah tembakan.

Cape Verde sudah berhasil mengungguli Ghana sejak menit ke-17 laga tersebut. Ghana baru bisa menyamakan kedudukan pada babak kedua melalui skema sepak pojok. Namun, perjuangan Ghana berakhir antiklimaks. Mereka kecolongan pada menit ke-92 akibat aksi Garry Rodrigues, winger Cape Verde yang tampil sebagai pemain pengganti.

Bagi Cape Verde, itu adalah kemenangan ketiga mereka dalam sejarah Piala Afrika. Sebelumnya, mereka hanya meraih masing-masing satu kemenangan pada edisi 2013 dan 2021. Sementara, bagi Ghana, bayang-bayang hasil buruk di Piala Afrika 2021 kini menghantui. Saat itu, Ghana gugur di fase grup dengan raihan satu poin dalam tiga partai.

3. Namibia meraih kemenangan perdana di Piala Afrika dengan mengalahkan Tunisia

3 Hasil Paling Mengejutkan pada Matchday Pertama Piala Afrika 2023Namibia melawan Tunisia di Piala Afrika 2023. (twitter.com/CAF_Online)

Kejutan yang diraih Mozambik dan Cape Verde memang luar biasa. Namun, kejutan Namibia terbilang lebih paten. Namibia sukses mengalahkan Tunisia 1-0 pada partai pembuka Grup E Piala Afrika 2023. Padahal, peringkat FIFA kedua tim bagaikan langit dan bumi. Tunisia berada di peringkat 29 dunia, sedangkan Namibia menghuni peringkat 114.

Siapa sangka, di atas lapangan, Namibia cukup mampu mengimbangi aksi Tunisia. Namibia memang kalah penguasaan bola, tetapi mereka justru unggul dalam percobaan tembakan. Beberapa serangan Namibia pun mampu membuat pertahanan Tunisia kerepotan. Puncaknya, Deon Hotto mencetak gol kemenangan Namibia melalui sundulan pada menit ke-88.

Tak hanya mengejutkan, kemenangan Namibia atas Tunisia juga bersejarah. Itu adalah kemenangan pertama Namibia di Piala Afrika. Sebelumnya, Namibia tak pernah menang dalam tiga edisi yang mereka ikuti. Sementara, langkah Tunisia di Piala Afrika 2023 sedikit terganggu. Mereka wajib bangkit pada dua laga berikutnya kontra Mali dan Afrika Selatan.

Tiga hasil mengejutkan yang terjadi pada matchday pertama fase grup menambah keseruan Piala Afrika 2023. Akankah matchday kedua fase grup juga diwarnai sejumlah kejutan? Patut ditunggu!

Baca Juga: 3 Pemain Serie A Italia yang Dibawa Aljazair ke Piala Afrika 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya