4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 Penampilan

Beberapa pemain bisa menyusul mereka

Manchester United adalah salah satu klub dengan akademi terbaik di Inggris. Sudah banyak pemain kelas dunia yang lahir berkat didikan akademi Setan Merah. Angkatan Class of '92 adalah yang paling ternama, mencakup nama-nama seperti Gary Neville, Paul Scholes, Ryan Giggs, dan David Beckham.

Puluhan tahun setelah kemunculan Class of '92, akademi Manchester United masih produktif. Banyak pemain jebolan akademi tersebut yang sukses menembus tim utama Manchester United. Bahkan, beberapa berhasil jadi andalan hingga mencapai jumlah seratus penampilan.

Berikut ini adalah empat pemain didikan akademi Manchester United terakhir yang mencapai seratus laga bareng Setan Merah.

1. Jesse Lingard

4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 PenampilanJesse Lingard (manutd.com)

Pertama, ada Jesse Lingard, gelandang yang lulus dari akademi Manchester United pada 2011. Namun, Lingard baru mencatat debut bersama Setan Merah pada 2014. Sialnya, ia mengalami cedera sehingga itu menjadi satu-satunya penampilan Lingard pada musim 2014/2015.

Hebatnya, Lingard langsung mencatat 40 penampilan pada musim berikutnya. Ia terus menjadi andalan di lini tengah Setan Merah hingga melakoni laga ke-100 pada musim 2017/2018. Sayangnya, performa Lingard mulai merosot pada musim 2019/2020.

Karier Lingard bersama Manchester United akhirnya usai pada musim panas 2022. Ia dilepas secara permanen ke Nottingham Forest. Secara keseluruhan, Lingard tampil 232 kali bersama Manchester United dan mencetak 35 gol. Kontribusinya turut membawa Setan Merah meraih empat trofi.

2. Marcus Rashford

4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 PenampilanMarcus Rashford (instagram.com/marcusrashford)

Marcus Rashford masih terus menjadi andalan Manchester United hingga kini. Hal itu tak mengherankan karena performa Rashford langsung mengilap sejak pertama lulus dari akademi pada 2015. Bahkan, laga debutnya bersama Manchester United pun sukses berbuah gol.

Hanya 3 musim yang dibutuhkan Rashford untuk mencapai jumlah seratus penampilan bareng Setan Merah. Kini, ia bahkan sudah mengantongi total 359 laga dengan 123 gol. Karena masih terus diandalkan, koleksi Rashford tersebut kemungkinan besar masih akan terus bertambah.

Baca Juga: Rashford Enggan Jadi Penyerang Tengah MU, Gimana Nih Ten Hag?

3. Scott McTominay

4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 PenampilanScott McTominay (manutd.com)

Scott McTominay juga sempat menjadi pemain andalan Manchester United pada masanya. McTominay mulai menembus tim utama Manchester United dari akademi pada 2017. Hingga kini, jumlah penampilan gelandang asal Skotlandia itu sudah mencapai 209 laga.

McTominay khususnya amat diandalkan Manchester United pada era pelatih Ole Gunnar Solskjaer. Namun, kini ia mulai lebih sering dijadikan pelapis oleh Erik ten Hag. Meski demikian, Ten Hag sepertinya masih ingin mempertahankan McTominay.

4. Mason Greenwood

4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 PenampilanMason Greenwood (manutd.com)

Lulusan akademi terbaru yang mencapai seratus penampilan bersama Manchester United adalah Mason Greenwood. Sejak debutnya pada 2019, Greenwood telah melakoni 129 laga di semua ajang. Sempat jadi andalan di lini depan, winger muda itu sukses mencetak 35 gol dan 12 assist.

Sayangnya, karier Greenwood sempat terancam gara-gara tuduhan kekerasan yang menimpanya pada Januari 2022. Sejak itu, ia sudah tak pernah bermain di mana pun. Karier Greenwood memang masih mungkin diselamatkan, tetapi mungkin bukan di Manchester United.

Manchester United masih menyertakan Greenwood di skuad mereka. Namun, klub belum membuat keputusan apakah akan memberi kesempatan lagi baginya untuk bermain. Belakangan, muncul wacana bahwa Greenwood mungkin bakal dipinjamkan ke klub Serie A Italia.

5. Beberapa pemain lain bisa menyusul mereka

4 Jebolan Akademi Man United Terakhir yang Mencapai 100 PenampilanAlejandro Garnacho berpeluang mencapai seratus penampilan bersama Manchester United. (instagram.com/garnacho7)

Akademi Manchester United belum berhenti menghasilkan pemain yang layak diberi kesempatan tampil bersama tim utama. Bukan mustahil, beberapa dari mereka juga bakal mencapai seratus laga bareng Setan Merah.

Salah satunya Alejandro Garnacho, winger muda yang namanya sedang naik daun. Sejak debut pada 2022, Garnacho sudah diberi kesempatan tampil 36 kali di semua ajang. Torehan 5 gol dan 5 assist pun telah tercipta atas namanya.

Nama lain yang potensial jadi andalan Manchester United di masa depan mencakup Kobbie Mainoo, gelandang 18 tahun. Ada pula Brandon Williams, Hannibal Mejbri, hingga Shola Shoretire. Fans Manchester United pasti berminat menantikan perkembangan mereka.

Bisa mencapai seratus penampilan bersama Manchester United pasti merupakan prestasi membanggakan bagi para pemain di atas. Siapa lulusan akademi Setan Merah berikutnya yang bakal menyentuh capaian tersebut?

Baca Juga: 5 Pemain Afrika yang Flop Bersama Manchester United, Ada Zaha

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya