Comscore Tracker

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim Ini

Ada yang juara tanpa terkalahkan

Musim kompetisi 2020/2021 di Eropa akan segera berakhir. Banyak liga di Eropa yang hanya tinggal menyisakan satu partai terakhir, bahkan ada pula liga yang sudah benar-benar selesai. Sejumlah klub pun sudah dipastikan menjadi juara di liganya masing-masing, misalnya Manchester City di Inggris, Inter Milan di Italia, dan Bayern Munchen di Jerman.

Namun, tak hanya liga-liga top, sejumlah liga lain di Eropa juga sudah berakhir dan mendapatkan sang jawara. Liga mana saja dan siapa klub yang jadi juaranya? Inilah 5 klub di luar liga top Eropa yang sukses jadi juara liga musim ini.

1. Ajax Amsterdam

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim IniAjax Amsterdam juara Eredivisie 2020/2021 (indianexpress.com)

Ajax Amsterdam memenangi Eredivisie Belanda untuk ke-35 kalinya sepanjang sejarah. Setelah musim lalu terhenti di tengah jalan karena pandemi COVID-19, musim ini akhirnya Eredivisie bisa dirampungkan lagi. Di klasemen akhir, Ajax kokoh di posisi puncak dengan 88 poin, unggul 16 poin dari PSV Eindhoven yang menjadi runner-up.

Ajax bahkan sebenarnya sudah dipastikan meraih gelar sejak pekan ke-31 pada 2 Mei 2021 berkat kemenangan 4-0 atas Emmen. Dengan 35 trofi Eredivisie, Ajax pun semakin tak terkejar dalam statusnya sebagai klub tersukses di Belanda. Musim depan, Dusan Tadic dkk pasti ingin mempertahankan gelar domestik sekaligus berusaha tampil lebih baik di kancah Eropa.

2. Sporting Lisbon 

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim IniSporting Lisbon juara Primeira Liga 2020-21 (sportsmole.co.uk)

Gelar juara Primeira Liga Portugal musim ini menjadi milik Sporting Lisbon yang berhasil mengandaskan perlawanan FC Porto dan Benfica di tangga kedua dan ketiga. Sporting Lisbon sukses mengumpulkan 85 poin di klasemen akhir sehingga unggul 5 poin dari Porto dan 9 poin dari Benfica.

Ini adalah pertama kalinya Sporting menjuarai Liga Portugal lagi setelah terakhir kali mereka memenanginya pada musim 2001/2002 alias hampir 20 tahun lalu. Ini juga menjadi trofi liga ke-19 mereka sepanjang sejarah, rekor terbaik ketiga di Portugal. Sporting juga melengkapi sukses mereka dengan memenangi Piala Liga untuk ketiga kalinya.

Baca Juga: 5 Mantan Pemain Sporting Lisbon yang Kini Main di Premier League

3. Besiktas 

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim IniBesiktas juara Super Lig 2020-21 (90min.com)

Super Lig Turki baru saja berakhir pada akhir pekan lalu dengan drama menakjubkan yang akhirnya memunculkan Besiktas sebagai juara. Sebelumnya, hingga pekan terakhir masih ada tiga klub yang berpeluang jadi juara, yaitu Besiktas, Galatasaray, dan Fenerbahce. Besiktas dan Galatasaray sama-sama mengoleksi 81 poin, sedangkan Fenerbahce memiliki 79 poin.

Ternyata, ketiga klub berhasil menang pada pekan penentuan sehingga Besiktas yang menempati posisi pertama pun keluar sebagai juara. Yang menakjubkan adalah Besiktas menjadi juara berkat keunggulan selisih satu gol saja atas Galatasaray yang menjadi runner-up!

Di klasemen akhir, Besiktas dan Galatasaray sama-sama mengoleksi 84 poin, namun Besiktas memiliki selisih gol 45, sedangkan Galatasaray punya selisih gol 44. Selain karena perbedaan yang sangat tipis, hasil tersebut juga jadi sangat dramatis karena kedua klub memang merupakan musuh bebuyutan sejak dulu.

4. Glasgow Rangers

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim IniGlasgow Rangers juara Scottish Premiership 2020-21 (goal.com)

Di Premiership Skotlandia, Glasgow Rangers benar-benar dominan dan menggila. Klub asuhan Steven Gerrard itu sukses memenangi liga tanpa terkalahkan. Mereka menjalani 38 laga dengan hasil 32 kali menang dan 6 kali seri sehingga mengumpulkan 102 poin. Rangers menjadi juara dengan selisih poin tak main-main dari Glasgow Celtic di tangga runner-up, yaitu 25 poin!

Selain mempermalukan rival abadinya tersebut, Rangers juga berhasil membuat sejumlah rekor musim ini. Misalnya adalah gelar tercepat sepanjang sejarah Premiership Skotlandia karena Rangers sudah memastikan jadi juara pada pekan ke-32.

Rangers juga mencatat rekor hanya kebobolan 13 kali sepanjang musim serta mencatat 26 clean sheet. Untuk pertama kalinya pula Rangers berhasil menembus angka 100 poin dan tentu saja gelar ini membuat Rangers mengakhiri puasa gelar liga sejak 2011, plus membuat mereka semakin mengukuhkan diri sebagai klub Skotlandia tersukses berkat 55 trofi liga.

5. Zenit Saint Petersburg 

5 Klub di Luar Liga Top Eropa yang Jadi Juara Liga Musim IniZenit Saint Petersburg juara Premier League Rusia 2020-21 (themoscowtimes.com)

Satu lagi liga Eropa yang sudah merampungkan seluruh pertandingannya adalah Premier League Rusia. Yang menjadi pemenang liga ini adalah Zenit Saint Petersburg berkat perolehan 65 poin dari 30 pertandingan. Posisi runner-up ditempati oleh Lokomotiv Moskow yang hanya bisa mendapatkan 57 angka.

Zenit sendiri sudah dapat kepastian jadi juara sejak 2 Mei 2021 berkat kemenangan telak 6-1 atas Lokomotiv Moskow. Laga di pekan ke-28 itu sebenarnya menjadi kesempatan terakhir Lokomotiv untuk mengejar Zenit, tetapi mereka justru kalah dengan skor telak. Zenit pun meraih trofi Liga Rusia ke-7 mereka, sekaligus ketiga secara beruntun.

 

Itulah 5 liga selain liga top Eropa yang sudah selesai dan sudah ketahuan juaranya. Salut kepada mereka yang sukses menjadi juara dan semoga persaingan di liga-liga tersebut musim depan akan semakin seru!

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Antarkan Zenit St Petersburg Juara Liga Rusia

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya