5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024

Sempat membuat kejutan saat menahan imbang Aston Villa

Sheffield United menjadi bulan-bulanan di English Premier League (EPL) 2023/2024. Sejak awal musim, klub berjuluk The Blades tak mampu keluar dari papan bawah klasemen. Mereka bahkan sedang terpuruk di posisi buncit. Berstatus tim promosi, Sheffield United pun terancam langsung kembali ke kasta kedua musim depan.

Statistik Sheffield United di EPL 2023/2024 sejauh ini memang amat buruk. Dari 20 laga yang sudah mereka jalani, 15 di antaranya berakhir dengan kekalahan. Artinya, Sheffield United hanya mampu meraih poin dalam lima pertandingan saja. Rinciannya adalah 2 kemenangan dan 3 hasil imbang seperti tergambar dalam ulasan berikut.

1. Sheffield United meraih poin perdana di EPL 2023/2024 saat bermain imbang dengan Everton

5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024Sheffield United melawan Everton di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Sheffield United selalu kalah dalam tiga pekan awal EPL 2023/2024. The Blades baru bisa meraih poin pada pekan keempat saat menjamu Everton. Saat itu, gawang Sheffield United sempat jebol lebih dulu oleh Abdoulaye Doucoure pada menit ke-16. Namun, sang tuan rumah mampu membalikkan keadaan sebelum babak pertama usai.

Cameron Archer mencetak gol pertama Sheffield United, disusul gol bunuh diri Jordan Pickford. Sheffield United pun memulai babak kedua dengan keunggulan 2-1. Sayangnya, mereka batal meraih kemenangan karena Everton sukses membalas melalui aksi Arnaut Danjuma. Sheffield United pun harus puas dengan skor imbang 2-2.

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi Liverpool yang Membela Sheffield United 2023/2024

2. Sheffield United mengalahkan Wolves melalui gol penalti pada menit terakhir laga pekan ke-11

5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024Para pemain Sheffield United merayakan gol ke gawang Wolves di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Sementara, kemenangan perdana Sheffield United di EPL 2023/2024 terjadi pada pekan ke-11. Saat itu, Sheffield United kedatangan Wolverhampton Wanderers alias Wolves. Meski menjadi tim tamu, Wolves saat itu diunggulkan jadi pemenang. Pasalnya, mereka sedang tak terkalahkan dalam lima laga beruntun, bahkan sempat menumbangkan Manchester City.

Benar saja, Wolves mendominasi laga melawan Sheffield United. Namun, Sheffield United mampu mengimbangi dalam hal percobaan tembakan. The Blades pun unggul lebih dulu melalui gol indah Cameron Archer pada menit ke-72. Mendekati pengujung laga, skor 1-0 masih bertahan. Namun, drama yang mewarnai laga tersebut belum selesai.

Pada menit ke-89, Wolves sukses mencetak gol penyeimbang. Wolves yang mendapat momentum pun makin bersemangat mencari gol kemenangan. Namun, justru Sheffield United yang mendapatkannya. The Blades diberi hadiah penalti pada menit ke-10 injury time. Oliver Norwood yang maju sebagai eksekutor sukses memastikan tiga poin bagi Sheffield United.

3. Sheffield United sukses menahan imbang Brighton pada laga tandang pekan ke-12

5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024Sheffield United melawan Brighton di EPL 2023/2024. (sufc.co.uk)

Kemenangan perdana di EPL 2023/2024 membuat moral para pemain Sheffield United terangkat. Hasilnya, mereka sukses meraih poin lagi pada pekan ke-12. The Blades menahan imbang Brighton & Hove Albion 1-1 usai tertinggal lebih dulu.

Gol bunuh diri Adam Webster pada menit ke-74 membatalkan keunggulan Brighton berkat aksi Simon Adingra pada menit ke-6. Padahal, laga tersebut digelar di AMEX Stadium, markas Brighton. Maka, itu menjadi raihan poin pertama Sheffield United dalam laga tandang musim ini.

4. Sheffield United menang 1-0 atas Brentford pada pekan ke-16

5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024Para pemain Sheffield United merayakan gol ke gawang Brentford di EPL 2023/2024. (sufc.co.uk)

Meraih poin dalam dua laga beruntun di EPL ternyata hanya kebangkitan sesaat bagi Sheffield United. Setelah itu, mereka kalah dua kali, termasuk terbantai 0-5 oleh Burnley. Alhasil, manajer Paul Heckingbottom pun dipecat untuk digantikan Chris Wilder. Wilder sendiri bukan nama asing bagi Sheffield United karena ia pernah menangani mereka pada 2016–2021.

Tuah manajer baru pun sempat menghinggapi Sheffield United. Pada laga perdana di bawah pimpinan Wilder, Sheffield United sukses merepotkan Liverpool meski akhirnya kalah 0-2. Selang 3 hari kemudian, The Blades berjaya saat menjamu Brentford pada pekan ke-16.

Pada laga tersebut, Sheffield United menang 1-0 berkat gol tunggal James McAtee. Itu menjadi kemenangan kedua Sheffield United musim ini. Selain itu, untuk pertama kalinya The Blades berhasil mencatat clean sheet di EPL 2023/2024.

5. Sheffield United membuat kejutan dengan menahan imbang Aston Villa di kandangnya sendiri

5 Keberhasilan Sheffield United Meraih Poin di EPL 2023/2024Sheffield United melawan Aston Villa di EPL 2023/2024. (premierleague.com)

Keberhasilan kelima Sheffield United meraih poin di EPL 2023/2024 terjadi pada pekan ke-18. Itu sekaligus menjadi kesuksesan The Blades yang paling mengejutkan. Pasalnya, Sheffield United mampu menahan imbang Aston Villa yang saat itu menduduki peringkat ketiga klasemen.

Sheffield United bahkan sempat nyaris mengalahkan Aston Villa. Mereka unggul pada menit ke-87 melalui gol Cameron Archer. Sayangnya, kemenangan The Blades yang sudah di depan mata sirna pada menit ke-97. Nicolo Zaniolo yang masuk sebagai pemain pengganti menjadi penyelamat Aston Villa berkat golnya.

Meski batal menang, hasil itu tetap luar biasa bagi Sheffield United karena terjadi di Villa Park, markas Aston Villa. The Blades pun sukses menghentikan rekor 15 kemenangan beruntun Aston Villa dalam laga kandang di EPL. Manchester City dan Arsenal pun sempat keok di Villa Park, tetapi Sheffield United justru mampu meraih poin.

Sheffield United hanya berhasil meraih poin dalam 5 dari 20 laga di EPL 2023/2024. Ancaman degradasi pun nyata membayangi The Blades, kecuali mereka bisa bangkit dalam 18 laga tersisa. Bakal seperti apa akhirnya nasib Sheffield United di EPL musim ini?

Baca Juga: 5 Momen Penting yang Tercipta pada Boxing Day Premier League 2023/2024

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya