3 Kemenangan Senegal pada Fase Grup Piala Afrika 2023, Juara Lagi?

Hanya Senegal yang meraih poin sempurna pada fase grup

Timnas Senegal tampil di Piala Afrika 2023 sebagai juara bertahan. Senegal mencapai status tersebut usai menjuarai Piala Afrika 2021. Itu adalah gelar juara Piala Afrika pertama dalam sejarah Lions of Teranga. Kini, Senegal berpeluang untuk langsung meraih trofi kedua mereka pada edisi 2023.

Senegal sudah berhasil mencapai babak 16 besar Piala Afrika 2023. Anak asuh pelatih Aliou Cisse melewati fase grup dengan meyakinkan. Mereka menjadi satu-satunya tim peserta yang menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Berikut ulasan ketiga kemenangan yang diraih Senegal pada fase grup Piala Afrika 2023.

1. Senegal menang telak atas Gambia pada matchday pembuka Grup C

3 Kemenangan Senegal pada Fase Grup Piala Afrika 2023, Juara Lagi?Senegal melawan Gambia di Piala Afrika 2023. (instagram.com/fsfofficielle)

Undian babak grup Piala Afrika 2023 menempatkan Senegal di Grup C bersama Kamerun, Guinea, dan Gambia. Pada matchday pertama grup, Senegal menghadapi lawan yang terbilang ringan, Gambia. Timnas Gambia baru dua kali tampil di Piala Afrika. Mereka juga merupakan peserta Piala Afrika 2023 dengan peringkat FIFA terburuk kedua.

Sesuai dugaan, Senegal mampu mengatasi perlawanan Gambia tanpa kesulitan berarti. Mereka bahkan sudah unggul via gol Pape Gueye saat laga baru berusia 4 menit. Setelah itu, Senegal terus menguasai laga. Gambia hanya melakukan beberapa serangan sporadis yang jarang mengancam gawang Senegal.

Laga berjalan makin berat sebelah setelah Gambia kehilangan satu pemain pemain. Gelandang Gambia, Ebou Adams, terkena kartu merah pada pengujung babak pertama. Senegal pun mampu menambah dua gol pada babak kedua melalui brace Lamine Camara. Senegal pun mengawali langkah mereka di Piala Afrika 2023 dengan kemenangan telak 3-0.

2. Senegal mengatasi perlawanan Kamerun dengan skor 3-1 pada laga kedua

3 Kemenangan Senegal pada Fase Grup Piala Afrika 2023, Juara Lagi?Ismaila Sarr merayakan gol ke gawang Kamerun di Piala Afrika 2023. (instagram.com/fsfofficielle)

Pada laga kedua Grup C, Senegal menemui tantangan yang lebih berat. Mereka harus beradu dengan Kamerun, negara pengoleksi lima trofi Piala Afrika. Kamerun juga tampil apik di Piala Afrika 2021 dengan menjadi juara ketiga. Kualitas The Indomitable Lions pun terbukti menyulitkan Senegal pada fase grup edisi 2023.

Kamerun tampil lebih dominan dan mampu membuat lebih banyak tembakan ke gawang Senegal. Namun, Senegal menang efektivitas. Ismaila Sarr sudah membawa Senegal unggul pada menit ke-16. Setelah itu, laga sempat berjalan ketat sebelum Senegal memperbesar keunggulan melalui gol Habib Diallo pada menit 71.

Kamerun sebenarnya sempat membuka asa mencuri poin. Gol Jean-Charles Castelletto pada menit ke-83 membuat jarak kedua tim menipis lagi. Namun, Sadio Mane sukses mencetak gol ketiga Senegal pada injury time. Senegal pun menang 3-1 dan memastikan tiket ke babak 16 besar Piala Afrika 2023.

3. Senegal memastikan rekor sempurna pada fase grup dengan mengalahkan Guinea

3 Kemenangan Senegal pada Fase Grup Piala Afrika 2023, Juara Lagi?Para pemain Senegal merayakan gol ke gawang Guinea di Piala Afrika 2023. (instagram.com/fsfofficielle)

Meski sudah dipastikan lolos, Senegal tetap tampil serius pada laga penutup Grup C melawan Guinea. Pasalnya, Senegal masih harus mengunci status juara grup demi menghindari tim kuat di babak 16 besar. Pelatih Aliou Cisse pun tetap menurunkan tim inti untuk mengatasi perlawanan Guinea.

Pada laga tersebut, Senegal dan Guinea berimbang dalam penguasaan bola. Babak pertama tak banyak diwarnai peluang dan akhirnya usai tanpa gol. Kebuntuan baru pecah pada babak kedua. Abdoulaye Seck menanduk bola tendangan bebas Krepin Diatta untuk membawa Senegal unggul pada menit ke-61.

Jelang laga usai, Senegal berhasil memperbesar kemenangan. Iliman Ndiaye yang tampil sebagai pemain pengganti mencetak gol pertamanya di Piala Afrika. Senegal pun menang 2-0 sekaligus memastikan raihan poin sempurna pada fase grup.

Sukses menyapu bersih tiga laga grup di Piala Afrika 2023 pasti mengangkat moral pada pemain Senegal. Hal itu membuat mereka layak diunggulkan pada babak 16 besar meski harus bertemu tuan rumah Pantai Gading. Akankah Senegal terus melaju dan keluar sebagai juara Piala Afrika 2023?

Baca Juga: 5 Pengoleksi Caps Terbanyak yang Dibawa Senegal ke Piala Afrika 2023

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya