5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier League

Ada yang baru bergabung dengan Arsenal

Amerika Serikat bukanlah negara yang asing bagi sepak bola Inggris. Sejak dulu, banyak pemain asal Amerika Serikat yang pernah bermain di Premier League. Musim 2021/2022 ini pun ada beberapa nama, salah satunya Christian Pulisic yang membela Chelsea.

Sejumlah kiper asal Amerika Serikat juga pernah bermain di Premier League. Beberapa bahkan sempat berseragam klub besar Premier League dan mencatat prestasi.

Inilah lima kiper asal Amerika Serikat yang pernah membela klub besar Premier League, termasuk satu nama yang belum lama ini sepakat bergabung dengan Arsenal.

1. Brad Friedel

5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier LeagueBrad Friedel berseragam Liverpool (twitter.com/premierleague.com)

Pertama ada Brad Friedel, kiper asal Amerika Serikat yang berkarier di Premier League selama 18 tahun dari 1997 hingga 2015. Klub Inggris pertama yang dibela Friedel adalah Liverpool.

Ia berseragam The Reds dari 1997 hingga 2000, tetapi hanya mencatat 31 penampilan di semua ajang. Selain Liverpool, Friedel pernah membela tiga klub Premier League lain, yaitu Blackburn Rovers, Aston Villa, dan Tottenham Hotspur.

Friedel tampil hingga total ratusan kali bersama ketiga klub tersebut. Ia bahkan pernah 310 kali bermain di Premier League secara beruntun, rekor yang masih bertahan hingga kini.

2. Kasey Keller

5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier LeagueKasey Keller berseragam Tottenham Hotspur (tottenhamhotspur.com)

Selain Friedel, Tottenham Hotspur juga pernah dibela kiper lain asal Amerika Serikat, yaitu Kasey Keller. Keller berseragam Tottenham pada 2001 hingga 2004. Meski saat itu belum dianggap klub The Big Six, Tottenham sudah memiliki skuad berisi banyak pemain top saat itu.

Tottenham sendiri bukanlah klub Premier League pertama yang dibela Keller. Ia lebih dulu berkostum Leicester City pada 1996 hingga 1999.

Bersama Leicester pula Keller meraih satu-satunya trofi selama berkarier di Inggris, yaitu Piala Liga 1996/1997. Selain Leicester dan Tottenham, Keller juga pernah membela Southampton dan Fulham.

Baca Juga: 6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier League

3. Tim Howard

5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier Leaguepotret Tim Howard saat membela Manchester United (skysports.com)

Friedel dan Keller memang lebih dulu berkarier di Premier League. Namun, Tim Howard lebih sukses dari mereka berdua.

Howard mulai bermain di Premier League ketika bergabung dengan Manchester United pada 2003. Ia bertahan membela Setan Merah hingga 2007, dan ia sukses meraih Piala FA dan Piala Liga.

Sayangnya, Howard tidak turut mengangkat trofi Premier League 2006/2007 yang dimenangi MU, karena saat itu ia dipinjamkan ke Everton. Howard kemudian bergabung secara permanen dengan Everton hingga 2016 dan mencatat 413 penampilan di semua ajang. Ia pun kini dikenang sebagai salah satu legenda Everton hingga sekarang.

4. Zack Steffen

5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier LeagueZack Steffen (instagram.com/zacksteffen_)

Ada pula kiper asal Amerika Serikat yang sedang bermain di Premier League pada musim 2021/2022 ini. Ia adalah Zack Steffen, kiper berusia 26 tahun yang membela Manchester City sejak 2019. Steffen memang hanya berstatus kiper pelapis, sehingga ia baru tampil 19 kali bersama City di semua ajang.

Namun, Steffen adalah kiper asal Amerika Serikat pertama dan satu-satunya yang pernah mengangkat trofi Premier League. Ia memenanginya ada 2020/2021, beserta trofi Piala Liga. Jika Manchester City juara lagi musim ini, Steffen akan memenangi trofi Premier League keduanya.

5. Matt Turner

5 Kiper Amerika Serikat yang Pernah Membela Klub Top Premier LeagueMatt Turner (instagram.com/headdturnerr)

Satu lagi kiper asal Amerika Serikat yang pernah bergabung dengan klub besar Premier League adalah Matt Turner. Ia baru saja sepakat bergabung dengan Arsenal pada Februari 2022. Namun, Turner baru akan berseragam Arsenal pada musim 2022/2023 mendatang.

Saat ini, Turner masih membela klub lamanya yaitu New England Revolution yang bermain di MLS. Selama membela New England Revolution sejak 2016, Turner telah bermain 106 kali di semua ajang dan mencatat 23 clean sheets.

Turner juga sukses membawa klubnya meraih trofi Supporter Shield 2021, serta dinobatkan jadi kiper terbaik. Selain itu, Turner juga menjadi kiper utama Timnas Amerika Serikat ketika memenangi turnamen Piala Emas 2021.

Dengan semua pencapaian itu, tak heran jika Arsenal mau mendatangkan Turner ke London. Turner digadang-gadang bakal jadi pengganti Bernd Leno, yang gencar dikabarkan bakal meninggalkan The Gunners pada akhir musim ini.

 

Matt Turner jadi nama terbaru kiper asal Amerika Serikat yang membela klub top Premier League. Fans Arsenal tentu tertarik menantikan bagaimana performanya mulai musim depan. Apakah ia bisa membantu Arsenal kembali menjadi klub yang disegani?

Baca Juga: 5 Pemain Premier League yang Dipanggil Timnas Amerika Serikat

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya